Berhenti pada 2014 Lalu, kereta wisata Mak Itam Sawahlunto kembali beroperasi - WisataHits
wisatahits

Berhenti pada 2014 Lalu, kereta wisata Mak Itam Sawahlunto kembali beroperasi

Piknikdong.com – Kereta wisata Mak Itam di Sawahlunto kembali beroperasi setelah gulung tikar sejak 2014.

Pengembalian KA wisata Mak Itam dapat dilakukan setelah adanya kerjasama antara perusahaan publik yaitu KAI, Biofarma, Pupuk Indonesia dan Semen Indonesia.

Berhenti pada 2014 Lalu, kereta wisata Mak Itam Sawahlunto kembali beroperasiBerhenti pada 2014 Lalu, kereta wisata Mak Itam Sawahlunto kembali beroperasi

Selain itu, ada pula Injourney yang menjabat sebagai Ketua Badan Pengelola Proyek BUMN Bidang Pariwisata Sumbar.

Peresmian pembukaan kembali kereta wisata Mak Itam di jalur KA Sawahlunto – Muaro Kalaban, Sumatera Barat, dilakukan oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, Walikota Sawahlunto Deri Asta, Komisi VI DPR Anggota DPR RI Andre Rosiade, Deputi SDM dan IT Kementerian BUMN Teddy Barat didampingi seluruh stakeholder terkait di Stasiun Pupuk Indonesia Sawahlunto, Selasa (20/12).

Pengoperasian kereta wisata ini merupakan upaya peningkatan pariwisata di Sumbar, khususnya di wilayah Sawahlunto.

Masyarakat kini dapat bepergian dengan kereta api di kawasan yang ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO yang baru, yaitu Situs Warisan Pertambangan Arang Ombilin Sawahlunto.

Proyek ini juga dapat terwujud berkat dukungan yang diberikan oleh Pupuk Indonesia, Biofarma dan SIG.

Berkat kerja sama dengan KAI, ketiga BUMN tersebut telah mendapatkan hak penamaan stasiun dan kereta api di wilayah tersebut.

Nama resmi Stasiun Sawahlunto diubah menjadi Stasiun Biofarma Sawahlunto, Stasiun Muarokalaban diubah menjadi Stasiun Muarokalaban Pupuk Indonesia, dan kereta wisata itu sendiri diberi nama Wisata Mak Itam SIG.

Untuk mengaktifkan kembali jalur Sawahlunto – Muaro Kalaban sepanjang 4 km, KAI melakukan perbaikan rel kereta api, 2 unit jembatan, terowongan, persinyalan, bangunan stasiun dan depo.

Selain memperbaiki infrastruktur, KAI juga menghidupkan kembali lokomotif uap bersejarah yaitu Lokomotif Uap E1060 atau Mak Itam yang beroperasi di jalur ini untuk mengangkut batu bara.

Selama proses perbaikan jalur tersebut, KAI menemui beberapa kendala yang berhasil diatasi.

Hambatan seperti keterbatasan material untuk perbaikan, rel kereta api yang digunakan warga untuk beraktivitas, dan lain-lain.

Kesulitan juga ditemui dalam upaya perbaikan lokomotif Mak Itam yang berusia 57 tahun itu.

KAI harus memanggil tim ahli perbaikan lokomotif uap dari Museum Kereta Api Ambarawa untuk dapat memperbaiki kerusakan lokomotif bersejarah tersebut.

Melalui koordinasi dan komunikasi yang baik, KAI mampu menyelesaikan perbaikan ini lebih cepat dari target semula pada Januari 2023.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, peresmian kereta api Mak Itam Wisata tidak akan mungkin terjadi jika semua pemangku kepentingan tidak berkolaborasi dan melakukannya dengan hati. Ia memandang kolaborasi atau gotong royong sebagai budaya yang menjadi pondasi bangsa Indonesia.

“92% kredit bisnis populer adalah BUMN.

Jadi, kalau kita bangun pariwisata, UMKM, pembiayaan, itu akan ada kesinambungan.

Dan tentunya tidak bisa sendirian, karena peran pemerintah daerah yang sangat user-friendly saat ini menjadi bagian dari pembangunan berkelanjutan ini.

Salah satunya yang kita lihat hari ini bagaimana infrastruktur seperti dulu bisa dilakukan dari Sawahlunto ke Muaro Kalaban, kita lanjutkan lagi ke Silungkang”

kata Eric.

Direktur Senior KAI Didiek Hartantyo menyampaikan terima kasih kepada Menteri BUMN Erick Thohir dan pemerintah pusat, pemerintah daerah Sumbar khususnya wilayah Sawahlunto, BUMN terkait dan masyarakat Sawahlunto dan sekitarnya.

Berkat kerjasama yang terjalin dengan baik ini, harapan warga Sawahlunto untuk menggunakan kereta api dapat terwujud.

Pengoperasian Kereta Api Mak Itam dan Kereta Api Sawahlunto-Muarokalaban merupakan prakarsa dan bentuk nyata dukungan yang diberikan oleh BUMN dalam rangka pemulihan ekonomi di wilayah Sumatera Barat melalui pengembangan pariwisata dengan memanfaatkan dan mengoptimalkan aset-aset BUMN di Sumbar sebagai penggerak kegiatan perekonomian daerah, sesuai visi Kementerian BUMN”

kata Didik.

Direktur Senior Bio Farma Honesti Basyir juga merasa senang dengan diaktifkannya kembali jalur KA Sawahlunto dan sebagai bukti nyata hadirnya BUMD bagi masyarakat.

“Kegembiraan tentunya kami rasakan dengan diaktifkannya kembali jalur KA Sawahlunto – Muaro Kalaban. Kami berharap masyarakat di jalur ini dapat merasakan kehadiran perusahaan publik, khususnya 4 BUMN yang bekerjasama dalam pembangunan jalur KA ini.

Saya harap ini dapat membantu memajukan ekonomi masyarakat, terutama di masa pandemi yang sedang berlangsung.”

kata Honesti.

Direktur Sumber Daya Manusia, Tata Kelola dan Manajemen Risiko PT Pupuk Indonesia (Persero), Tina T Kemala Intan, mengatakan Pupuk Indonesia mendukung penuh recommissioning KA Sawahlunto-Muoro Kalaban, Sumatera Barat.

“Selain mendukung sektor pariwisata dan ekonomi lokal, Sumbar sendiri merupakan wilayah kerja Pupuk Indonesia dan salah satu sentra pertanian pulau Sumatera.”,

kata Tina.

“Oleh karena itu, Stasiun Muarakalaban kini disebut juga Stasiun Muarakalaban Pupuk Indonesia”,

kata Tina.

Tina mengatakan, sebagai perusahaan publik, Pupuk Indonesia harus memberikan nilai tambah kepada masyarakat luas, bukan hanya mencari keuntungan.

Ia berharap melalui pengaktifan kembali ini, kehadiran kereta legendaris Mak Itam dapat segera dirasakan kembali oleh masyarakat.

Senior Manager SIG, Donny Arsal mengatakan, “SIG bangga dapat berpartisipasi dalam Program Revitalisasi Jalan Sawahlunto-Muaro Kalaban yang bertujuan untuk menghidupkan kembali sejarah perkeretaapian di Sumatera Barat dan mendukung pengembangan pariwisata di daerah tersebut. daerah yang telah ditunjuk. sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO yaitu Ombilin Coal Mining.Sawahlunto Heritage.

“Revitalisasi jalan Sawahlunto-Muaro Kalaban diharapkan dapat mengoptimalkan potensi wisata yang ada di Sumbar sehingga dapat memberikan dampak positif bagi pendapatan masyarakat sekitar dan sekaligus membantu percepatan pertumbuhan ekonomi. masa pasca pandemi, masa pemulihan,”

kata Donny Arsal.

Injourney sebagai induk BUMN Tourism and Support berkomitmen untuk terus berupaya mengembangkan destinasi wisata di Indonesia, khususnya di kawasan Sawah Lunto yang merupakan salah satu kota warisan dunia Indonesia. selain sebagai kota tambang, juga menyimpan potensi wisata yang luar biasa.

Dony Oskaria, Senior Manager Injourney, mengatakan Injourney selaku project manager akan menyiapkan beberapa program untuk mendukung pariwisata Sawah Lunto, seperti penambahan fasilitas akomodasi, konsolidasi paket wisata, serta program kerjasama yang melibatkan UMKM.

“Tentunya ini menjadi peluang bagi kami untuk menjadikan Sawahlunto sebagai destinasi wisata heritage di Indonesia, sejalan dengan program Pemkot untuk menjadikannya smart city”

dia menambahkan.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button