Mahasiswa UB Malang berupaya mengembalikan potensi pariwisata Indonesia melalui Yourney - WisataHits
Jawa Timur

Mahasiswa UB Malang berupaya mengembalikan potensi pariwisata Indonesia melalui Yourney

Mahasiswa UB Malang berupaya mengembalikan potensi pariwisata Indonesia melalui Yourney

Malang (beritajatim.com) – Pariwisata merupakan salah satu daya tarik yang dimiliki Indonesia. Dengan keadaan wilayah yang membentang dari barat ke timur, Indonesia memiliki banyak pilihan destinasi wisata untuk dijelajahi. Pemulihan pariwisata pasca pandemi juga harus diperhatikan, agar bisa hidup kembali, menjadi primadona kembali.

Para mahasiswa berusaha mendukung pemulihan pariwisata pascapandemi, salah satunya melalui Yourney. Yourney adalah aplikasi perencanaan perjalanan yang dapat memudahkan pengguna. Salah satu penggagas Yourney adalah Aulia Annisa dari Fakultas MIPA UB Malang. Aplikasi tersebut dikembangkan oleh Aulia bersama lima rekannya dari Telkom University, Universitas Langlangbuana dan STMIK Jawa Barat yang menjadi peserta Bangkit Academy pada tahun 2022.

Aulia menjelaskan bahwa Yourney adalah aplikasi rekomendasi perjalanan. “Aplikasi ini memberi pengguna kemampuan untuk memilih tujuan wisata berdasarkan minat mereka. Masalah ini kita lihat di tanah air saat Indonesia dan dunia berada dalam fase normal baru pascapandemi. Namun kenyataan di Indonesia bukan new normal melainkan fase normal berikutnya dimana vaksin sudah diterima dan didistribusikan hingga Indonesia dalam masa pemulihan ekonomi,” jelas Aulia, seperti dilansir Humas UB, Jumat. dikutip (10/7/2022).

Ia memilih sektor pariwisata karena dampaknya cukup besar sejak pandemi. Yourney diharapkan menjadi pemulihan perekonomian Indonesia melalui sektor pariwisata yang menawarkan solusi perjalanan dengan memilih destinasi untuk menuju ke tempat pilihan Anda dengan sekali klik tanpa harus memikirkan akomodasi.

“Yourney adalah proyek untuk membuat aplikasi yang akan merekomendasikan pengguna untuk memilih tujuan wisata berupa paket wisata berdasarkan minat dan minat pengguna menggunakan pembelajaran mesin AI,” jelas mahasiswa statistika tersebut.

Yourney saat ini sedang dalam pengembangan dalam persiapan untuk rilis akhir tahun. “Yourney memiliki 3 departemen pengembangan aplikasi, yaitu Machine Learning, Cloud Computing, dan Mobile Development. Saat ini kami masih mencari kerja sama dengan beberapa travel agent, antara lain Ngetour (travel agent di Bandung),” ujarnya.

Ia dan timnya membidik destinasi lokal, pada tahap awal hanya berbasis di Indonesia, yakni biro perjalanan yang menawarkan ketersediaan paket perjalanan. Yourney merupakan salah satu dari Top 15 Best Product Projects Capstone yang didanai oleh Google dan Dikti dengan dana Rp140.000.000 dan saat ini sedang diinkubasi di Bandung Techno Park. [dan/but]

Source: beritajatim.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button