Mahasiswa UGM Sukses Gelar Gerakan Peduli Konservasi & Lingkungan di Desa Wisata Nglanggeran - WisataHits
Yogyakarta

Mahasiswa UGM Sukses Gelar Gerakan Peduli Konservasi & Lingkungan di Desa Wisata Nglanggeran

Mahasiswa D4 Bisnis Perjalanan Wisata Sekolah Vokasi UGM telah mengimplementasikan program kampanye Trenggiling di Nglanggeran sebagai pemenuhan tugas kelulusannya bersama Eska Nia Sarinastiti, SIKom., MA, CPR., CHE yang bekerjasama dengan Desa Wisata Nglanggeran.

Trenggiling dalam bahasa Nglanggeran sendiri memiliki arti trekking dan tanaman penyembuh jiwa. Kegiatan Trenggiling di Nglanggeran berhasil dilaksanakan pada Sabtu, 3 Desember 2022 di Gunung Api Purba sebagai salah satu destinasi unggulan dan Embung Nglanggeran. Kegiatan tersebut diikuti oleh 23 peserta yang berasal dari kalangan mahasiswa dan masyarakat umum.

Kegiatan trenggiling di Nglanggeran merupakan salah satu kegiatan untuk merevitalisasi akesadaran dari masyarakat tentang keberadaan gunung api tua di Desa Wisata Nglanggeran pasca pandemi Covid-19. Trenggiling di Nglanggeran bukan hanya program untuk meningkatkan jumlah pengunjung, tetapi juga bertujuan untuk memberikan edukasi kepada peserta agar dapat ikut menjaga kekayaan alam di sekitar kita agar terjaga kelestariannya.

Trenggiling di Nglanggeran memiliki berbagai aktivitas seperti; B. Trekking di Gunung Api Purba, Gerakan Menanam Pohon dan Berbagi Makan Kembulan. Selain itu, kegiatan REA juga dilakukan diskusi kelompok fokus diselenggarakan oleh panitia dan peserta sebagai wadah pertukaran informasi dan pendapat. Selama kegiatan trenggiling di Nglanggeran didampingi oleh Bapak Triyana selaku Pemandu Wisata Gunung Api Purba dan Bapak Heru Purwanto selaku Kepala Dinas Pemasaran Desa Wisata Nglanggeran.

Tagar “Love for Nglanggeran” menjadi poin utama sebagai bentuk kegiatan trenggiling di Nglanggeran untuk memperkuat gerakan konservasi. Tidak hanya itu, aktivitas Tanaman juga merupakan upaya perlindungan gunung api purba sebagai salah satu cagar alam kawasan Geosite di Gunung Sewu UNESCO Global Geopark (UGG). Dengan diulangnya #LangkahcintaUntukNglanggeran dalam acara Trenggiling di Nglanggeran, diharapkan para peserta tidak hanya mengunjungi gunung berapi purba tersebut, tetapi juga terlibat dalam mencintai dan menjaganya.

Salah satu peserta mengungkapkan bahwa kegiatan Trenggiling di Nglanggeran yang baru pertama kali diadakan ini merupakan motivasi dan semangat pelestarian lingkungan bagi seluruh masyarakat dan dapat dilaksanakan secara rutin. Selain itu, diharapkan kegiatan ini mampu mendukung dan memberikan pemahaman akan pentingnya gerakan pelestarian lingkungan hidup di masa mendatang.

DIDUKUNG:

Kisah dua brand kecantikan lokal yang diuntungkan Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button