Mahasiswa ITS menginisiasi Urbaneur untuk mengoptimalkan pariwisata di Surabaya - WisataHits
Jawa Timur

Mahasiswa ITS menginisiasi Urbaneur untuk mengoptimalkan pariwisata di Surabaya

Kamis, 8 Desember 2022 | 00:54 WIB

| penulis :

Buku catatan : Juli

Surabaya, InfoPublik – Untuk mengoptimalkan sektor pariwisata di Kota Surabaya pascapandemi, tim mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menginisiasi sebuah inovasi bernama Urbaneur.

Berbasis artificial intelligence (AI), inovasi ini menawarkan berbagai fungsi berupa sistem terintegrasi untuk memenuhi kebutuhan pengunjung dan pembuat kebijakan.

Achmad Wisnu Firmansyah, Michelle Hana Christela dan Anindya Gita Sasmaya Wahyuadi yang tergabung dalam tim Outliers, melakukan inovasi Urbaneur untuk mendukung program pemerintah dalam pengembangan industri kreatif khususnya di bidang pariwisata. Ketiga mahasiswa Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) ini menggunakan AI dan Internet of Things (IoT) dalam konsep inovasinya.

Anindya Gita Sasmaya Wahyuadi, Team Leader Outliers ITS, mengatakan Urbaneur menawarkan tiga aspek smart city. Yakni, smart governance berupa digitalisasi produk perencanaan, smart economy untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dan smart branding untuk memaksimalkan citra objek wisata kota Surabaya. “Ketiga aspek ini didasarkan pada konsep smart city di Surabaya,” ujar mahasiswa yang akrab disapa Gita itu, Rabu (12/7/2022) di Surabaya.

Urbaneur disebut-sebut akan tersedia dalam versi website dengan klasifikasi pengguna dua bagian, yaitu pengunjung dan administrator. Website khusus pengunjung menyapa pengguna dengan berbagai destinasi wisata di Surabaya. Di masing-masing destinasi tersebut terdapat informasi mengenai objek wisata, harga tiket, jumlah pengunjung dan ketersediaan tempat parkir.

Informasi kepadatan pengunjung dan ketersediaan tempat parkir tidak hanya ditampilkan dalam bentuk angka di peta secara real time. Gita mengungkapkan fitur ini memanfaatkan fasilitas CCTV yang tersedia di lokasi dengan menggunakan AI untuk mendeteksi titik kepadatan pengunjung dan koordinat kendaraan yang diparkir.

Selain itu, jelas Gita, pengguna dapat mengakses transportasi dengan memantau pergerakan bus Suroboyo yang tersedia di Urbaneur. Pengguna juga dapat memesan tiket dan melakukan pembayaran dengan berbagai metode. Pengalaman ini bertujuan untuk membantu wisatawan memenuhi kebutuhan informasinya. “Urbaneur dapat memfasilitasi aksesibilitas publik dengan menyediakan berbagai informasi wisata,” tambah Gita.

Mahasiswa tahun ketiga itu menambahkan, pengelola mempresentasikan hasil analisis dalam bentuk grafik yang berguna bagi pemerintah saat merancang kebijakan terkait pariwisata. Fitur ini cukup bisa diterapkan Kota Surabaya untuk pembangunan kota secara keseluruhan. “Dengan sifat-sifat tersebut, Urbaneur dapat diimplementasikan untuk pembangunan berkelanjutan,” yakinnya.

Dipimpin oleh Dosen Putu Gde Ariastita ST

MT dan Irzal Ahmad Sabilla SKom Mkom, inovasi Urbaneur berhasil mengantarkan tim Outliers meraih medali perak di ajang Gemastik XV beberapa waktu lalu. Gita dan tim mengaku selalu mengikuti pesan sang manajer. 6ùo8 dan biarkan Tuhan yang memutuskan,” tegasnya. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-mad)

Anda dapat mengirim ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini asalkan sumbernya disebutkan InfoPublik.id

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button