137.000 Kendaraan Akan Keluar Jabodetabek Jelang Natal dan Tahun Baru 2023, Hindari Kemacetan dengan Strategi Ini - WisataHits
Jawa Timur

137.000 Kendaraan Akan Keluar Jabodetabek Jelang Natal dan Tahun Baru 2023, Hindari Kemacetan dengan Strategi Ini

JemberNetwork.com – PT Jasa Marga melaporkan per 19 Desember 2022 tercatat 137.118 kendaraan telah meninggalkan Jabodetabek jelang Hari H ke-7 perayaan Natal dan Tahun Baru 2023.

Angka tersebut dihimpun dari data lalu lintas kendaraan berdasarkan pantauan empat gardu tol utama, yakni GT Cikupa (menuju Merak), GT Ciawi (menuju Puncak), GT Cikampek Utama (menuju Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (menuju Bandung). ).

Volume kendaraan yang keluar Jabodetabek meningkat 6% dibandingkan periode normal pada Juni 2022, sebanyak 129.455 kendaraan.

Baca Juga: Tak Harus Jauh-jauh ke Jepang! Itulah 5 rekomendasi wisata pemandian air panas di Jawa Timur

Dilansir JemberNetwork.com dari Jasamarga.com, inilah strategi anti macet yang disiapkan Jasa Marga agar perjalanan Natal dan Tahun Baru 2023 lancar dan bebas macet.

1. Memaksimalkan kapasitas tol dan arus balik

Mengantisipasi peningkatan jumlah kendaraan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2023, Jasa Marga telah menyiapkan beberapa strategi.

Strategi ini, bekerja sama dengan polisi dan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Departemen Perhubungan, bertujuan untuk memaksimalkan kapasitas jalan tol dan rekayasa lalu lintas.

Contraflow juga akan diberlakukan di tol Jakarta-Cikampek. Penambahan jalur juga dilakukan di Tol Jakarta-Cikampek dari Km 50 hingga Km 67.

Baca juga: Sembuhkan Penyakit! 6 Wisata Pemandian Air Panas di Jawa Timur, Bersantai di Hari Natal dan Tahun Baru

Selain itu, Jasa Marga juga menyiapkan tol fungsional Jakarta-Cikampek II Selatan (Sadang hingga Kutanegara) sepanjang 8,5 km.

Fungsi jalan tol Jakarta Selatan-Cikampek II menjadi alternatif bagi kendaraan kecil Kelas 1 yang bukan bus pada lalu lintas yang melintas saat terjadi kemacetan di Simpang Susun Dawuan, titik temu tol Jakarta Cikampek dan tol Cipularang.

Jalur ini perlu dipantau oleh pemerintah kota karena arah keluar diarahkan ke Kawasan Nasional Karawang. Kemudian masuk ke jalan tol melalui Gerbang Tol Karawang Barat Km 47.

Baca Juga: Mau Liburan Akhir Tahun 2022 di Jember? Jangan lupakan 8 tips penting ini agar selalu aman, nyaman, dan selamat!

2. Penghentian jam operasional kendaraan kargo

Berdasarkan keputusan bersama Dirjen Perhubungan Darat, Kakorlantas, dan Dirjen Bina Marga tertanggal 13 Desember 2022.

Pengaturan waktu operasional kendaraan kargo diterapkan di 17 ruas jalan tol milik Grup Jasa Marga.

Jalan tol yang melintasi perbatasan seperti JORR, Sedyatmo, Jagorawi, Jakarta-Cikampek, Cipularang, Padaleunyi, Palikanci, Batang-Semarang, Semarang ABC, Semarang-Solo, Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, Surabaya-Mojokerto, Surabaya- Gempol, Gempol- Pandaan, Gempol-Pasuruan dan Pandaan-Malang.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button