Mahasiswa desain komunikasi visual Universitas Ciputra menerapkan wall art di mall - WisataHits
Jawa Timur

Mahasiswa desain komunikasi visual Universitas Ciputra menerapkan wall art di mall

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Lukisan dinding adalah jenis karya seni yang akhir-akhir ini mulai populer. Mulai dari banyak tempat makan, jalan-jalan, bahkan rumah, menggunakan mural adalah salah satu cara untuk memperindah titik tertentu yang ingin Anda tekankan. Dalam proses penciptaannya, mural juga menjadi sebuah karya seni yang tidak berbeda jauh dengan proses penciptaan sebuah lukisan. Membutuhkan konsep, pilihan warna yang tepat, sketsa dan eksekusi yang bersih.

Beberapa waktu lalu, beberapa mahasiswa program studi Desain Komunikasi Visual Universitas Ciputra berkesempatan mengikuti proyek bersama dengan Ciputra Group untuk membuat seni mural yang akan dipasang di beberapa dinding mall Ciputra World Surabaya. Proyek yang akan berlangsung kurang lebih 6 bulan ini bertujuan untuk menggambarkan rasa antusias yang hadir pada masyarakat Surabaya. Menghadirkan gambaran kehidupan dari berbagai kalangan dan sektor, berbagai aktivitas dan aktivitas, kota Surabaya tentunya memiliki ciri dan cerita tersendiri.

Pengalaman ini tentunya akan menjadi pengalaman yang sangat berkesan bagi para siswa yang terlibat. Tidak hanya ini merupakan kesempatan untuk mengalami bagaimana rasanya bekerja dengan klien nyata, tetapi tentu saja ini juga merupakan tempat bagi siswa untuk menyalurkan bakat mereka dan bekerja dengan audiens yang besar. Perasaan campur aduk antara ketakutan dan kegembiraan setelah menerima tawaran untuk proyek ini dikonfirmasi oleh siswa yang terlibat. “Saya merasa terintimidasi karena ini juga proyek besar. tetapi bergairah Saya benar-benar bisa mendapatkan kesempatan seperti ini,” kata Patricia Juarsa, salah satu mahasiswa yang terlibat sebagai salah satu ilustrator.

DKV-Ciputraffbf29ef809dfbc6c.jpg

Tentu saja, karena ini adalah proyek kelompok, diperlukan kolaborasi yang baik antara siswa dan komunikasi yang tidak kalah penting. Kerjasama tim akan sangat menyenangkan bila sesama mahasiswa pandai menyalurkan aspirasinya dan dapat menerima masukan apapun baik dari mahasiswa lain maupun dari dosen yang membimbingnya dalam proyek ini. Lebih jauh lagi, masing-masing tentunya memiliki sentuhan dan gaya ilustrasi yang berbeda sebagai seorang ilustrator, namun hal ini juga dapat menjadi kekuatan atau kelebihan yang memberikan “pembeda” dalam karya yang dihasilkan ketika siswa dapat berkolaborasi untuk berkreasi menjadi satu kesatuan.

Tentunya peran dosen yang terlibat tidak kalah menentukan dalam pelaksanaannya. Jangan hanya memberi masukan dan wawasan, namun agar proses pengerjaan berjalan sesuai dengan kondisi dan jadwal yang telah ditetapkan.” Durasi proyek yang relatif lama tentu membutuhkan “penjagaan” yang ketat, Christy Cahyadi, mahasiswa yang juga terlibat dalam proyek ini, mengakui bahwa hal ini sangat penting.

Hindari kecenderungan untuk menunda-nunda. Itu tidak berhenti pada ketepatan waktu pekerjaan, tetapi juga memastikan bahwa ilustrasi dijalankan dengan cara yang menyampaikan pesan dan memenuhi harapan dan keinginan klien.

Desain-DKV.jpg

Salah satu tantangan yang dihadapi mahasiswa saat melakukan eksekusi adalah menyeimbangkan citra mal Ciputra World Nobel dan modern namun tetap menunjukkan semangat dan keceriaan subjek yang ingin Anda angkat, maka pemilihan warna dari ilustrasi tentu berperan besar dalam menyempurnakan eksekusi ilustrasi sketsa yang dibuat.

Kontras tinggi dan warna cerah menggambarkan pesan yang ingin Anda sampaikan dengan baik. Selain itu, proyek yang sedang berlangsung ini berfungsi penuh dengan sistem on linesehingga sebagian besar komunikasi dilakukan on line. Meskipun ini memungkinkan beberapa langkah proses untuk berjalan lebih efisien dalam hal waktu, perhatian harus diberikan untuk memastikan bahwa tidak ada kesalahpahaman saat mengkomunikasikan informasi, konsep atau selama implementasi. brainstorming bersama.

Setelah perjalanan panjang, akhirnya tiba saatnya untuk melihat hasil eksekusi. Para mahasiswa dan beberapa fakultas Desain Komunikasi Visual mengunjungi mall Ciputra World Surabaya untuk melihat secara langsung seperti apa hasil akhir dari pemasangan mural yang mereka buat. Para mahasiswa mengaku begitu melihat karya mereka terinstal ada perasaan yang tak terlukiskan, tentu saja rasa bangga dan senang. Sebuah pencapaian yang tidak mereka duga dan tentunya sangat bersyukur telah bergabung dalam proyek tersebut.

**)

Dapatkan update informasi harian terpilih dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Suka, klik tautan ini dan bergabunglah. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: www.timesindonesia.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button