Mahasiswa Arsitektur UK Petra Surabaya Belajar Keunikan Taneyan Lanjhang di Pamekasan | BANGSAONLINE.com - Berita Terbaru - WisataHits
Jawa Timur

Mahasiswa Arsitektur UK Petra Surabaya Belajar Keunikan Taneyan Lanjhang di Pamekasan | BANGSAONLINE.com – Berita Terbaru


Mahasiswa Arsitektur UK Petra Surabaya belajar tentang keunikan Taneyan Lanjhang di Pamekasan Mahasiswa Teknik Arsitektur UK Petra Surabaya saat mempelajari keunikan Taneyan Lanjhang di Dusun Buddagan 1, Desa Larangan Luar, Kecamatan Larangan, Pamekasan.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com – Mahasiswa Magister Teknik Arsitektur Inggris (Universitas Kristen) Petra Surabaya mengunjungi Pusat Pendidikan Wisata Budaya Taneyan Lanjhang di Dusun Buddagan 1, Desa Larangan Luar, Kecamatan Larangan, Pamekasan, Sabtu (22 Oktober 2022).

Dr. Agus Dwi Hariyanto ST, M Sc selaku pembimbing menyampaikan bahwa para mahasiswa datang ke Taneyan Lanjhang selama dua hari untuk belajar tentang aspek lokal. Ia pun membeberkan alasan mahasiswa memilih budaya ini.

“Mengapa kami memilih Taneyan Lanjhang? Karena ada keunikan yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. Sistem kekerabatan kemudian diwujudkan dalam tata letak fisik rumah ada nama rumah induk pertama kemudian tumbuh di sebelahnya lagi dan tumbuh di sebelahnya ternyata taniyan lanjhang adalah kompleks yang belum menjadi rumah, berhenti tumbuh, ” dia menjelaskan.

“Menariknya ada perubahan pertambahan ruang karena kebutuhan bertambah, tumbuh horizontal, bertambah. Kalau dibangkitkan berarti ada juga perubahan vertikal, itu juga menarik dan pertanda kompleks ini tidak berhenti, rumah ini tidak bisa dikatakan tradisional karena tidak berhenti pada waktu tradisi tertentu,” tambah dia menambahkan.

Selama ini, kata Agus, mahasiswa belajar online karena adanya pandemi Covid-19. Itu tidak dapat mencapai tujuan yang ditetapkan karena pelajaran bersifat spasial dan siswa harus mengalaminya secara langsung.

Baca berita selengkapnya…

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button