Luncuran batu setinggi 30 meter menghalangi akses wisata Gunung Bromo - WisataHits
Jawa Timur

Luncuran batu setinggi 30 meter menghalangi akses wisata Gunung Bromo

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Hujan deras selama lima jam mengguyur kawasan pegunungan Bromo di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur pada Minggu (27/11/2022) malam, menyebabkan tebing setinggi 30 meter jebol. Longsor ini mengakibatkan jalan menuju Bromo tertutup material.

Tim gabungan dari BPBD Kabupaten Probolinggo, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Sosial dan Forkopimka Kabupaten Sukapura membersihkan material longsoran yang menutup jalan menuju wisata alam Gunung Bromo di Jurang Jronto, Desa Wonokerto, Kecamatan Sukapura.

membersihkan-at-the-slide-site-to-mount-bromo-2.jpg

Material longsor yang menumpuk di jalan menutup total jalur Bromo selama lebih dari dua jam. Antrean kendaraan menuju Bromo dan sebaliknya tak terelakkan. Pengunjung Bromo harus menunggu material longsor dibersihkan.

“Salut kepada Pemprov Probolinggo, cepat bersihkan material longsoran, sekitar 1 jam terjebak macet akibat longsor. Saya ingin mengantarkan wisatawan dari Singapura yang sebagian sudah ada di Java soul hotel,” kata Rizky, supir wisata dari Malang, di lokasi.

Akhirnya jalur Bromo dibuka kembali setelah dilakukan evakuasi longsor yang menutup jalan. Longsor berkali-kali terjadi di Jalur Bromo di Desa Wonokerto akibat hujan deras sejak sore hari.

“Dalam sepekan, terjadi tiga kali longsor di Desa Wonokerto. Kami dan semua pihak selalu tanggap dan sigap, agar tidak terlalu lama mengganggu arus lalu lintas wisata ke Gunung Bromo, kami menghimbau warga dan wisatawan untuk lebih berhati-hati saat hujan deras, karena dua desa yaitu Ngadirejo dan Wonokerto merupakan desa rawan longsor,” kata Bupati Sukapura Bambang Yulius.

Petugas mengimbau pengunjung dan warga setempat untuk selalu berhati-hati saat melintas di bawah tebing Jalur Bromo saat hujan deras di wilayah Kabupaten Sukapura atau kawasan wisata Gunung Bromo, karena saat ini masih rawan longsor.

**)

Dapatkan update informasi harian terpilih dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram Update TI. Caranya, klik link ini dan bergabunglah dengan kami. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button