Membangun bakti sosial jamban sehat di Tegal dan wisata hijau di Lampung - Nasional - WisataHits
Yogyakarta

Membangun bakti sosial jamban sehat di Tegal dan wisata hijau di Lampung – Nasional

Bakti sosial pembangunan jamban sehat di Tegal dan wisata hijau di Lampung

Bakti Sosial Bangun Jamban Sehat di Tegal dan Wisata Hijau di Lampung (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Tegal – XL Axiata dan karyawannya terus berkontribusi kepada masyarakat di berbagai daerah. Awal November 2022, aksi sosial ini ditujukan bagi masyarakat yang tinggal di kawasan pegunungan di Tegal Selatan dan di Kota Bandar Lampung.

Aksi sosial ini bermula dari keinginan kuat karyawan Solusi Bisnis XL Axiata untuk berkontribusi meningkatkan kualitas hidup masyarakat di desa-desa terpencil dimana layanan dan jaringan XL Axiata menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat setempat. Di Kabupaten Tegal, tepatnya di Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, tim XL Axiata Business Solutions bersama Majelis Taklim (MTXL) XL Axiata membangun fasilitas jamban sehat. Sarana dasar yang dibangun sesuai standar kesehatan ini dirancang untuk melengkapi kebutuhan PAUD Taman Hati Tirto Aji di desa tersebut. Saat ini Sekolah PAUD belum memiliki fasilitas tersebut. Dana dukungan ini berasal dari kolektif karyawan XL Axiata Business Solutions. Pada kesempatan tersebut, MTXL Axiata juga menyalurkan dana Zakat kepada anak yatim dan dhuafa. Sebagai bagian dari aksi sosial tersebut, karyawan XL Axiata juga menyerahkan bantuan pendidikan berupa seperangkat laptop, modem dan alat tulis untuk PAUD yang sama. Selain itu, ada santunan bagi 19 siswa miskin dan 3 guru yang tergolong kurang mampu. Penyerahan dilakukan oleh Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata, Feby Sallyanto. Feby Salyanto, Jumat (18/11) mengatakan: “Memiliki MCK yang memadai cukup mendesak dalam proses kegiatan belajar mengajar. Sementara itu, keadaan ekonomi sebagian besar masyarakat sekitar, terutama orang tua dan tenaga pengajar, juga tidak mencukupi untuk pengadaan fasilitas MCK secara mandiri. “Ngomong-ngomong, Solusi Bisnis XL Axiata saat ini sedang aktif di Guci. Ini merupakan dorongan yang baik bagi kita semua untuk melakukan bakti sosial ini. Kami berharap bantuan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” lanjutnya. Sementara itu, Manajer PAUD Taman Hati Tirto Aji Nurul Khalifatun mengatakan, “Alhamdulillah atas dukungan fasilitas MCK yang diberikan oleh XL Axiata. Sebelum bantuan ini, fasilitas toilet kami sangat terbatas. Kami juga tidak bisa memberikan fasilitas MCK yang memadai kepada siswa kami. Padahal, anak-anak ini perlu diajari sejak dini pentingnya meningkatkan kualitas hidup mereka melalui penggunaan MCK yang baik dan benar.”
Program Wisata Hijau di Lampung
Sementara itu, di Bandar, pegawai Kota Lampung dan MTXL bekerjasama dengan Lembaga Amil Zakat Nasional Lampung (Laznas IZI) meluncurkan program City Green Tourism “Green Me”. Program ini merupakan upaya untuk memperkuat pemerintahan bersama masyarakat. Program ini berupa kawasan wisata rekreasi dan edukasi berbasis agrowisata di Desa Labuhan Ratu, Kecamatan Kedaton, Kota Bandar Lampung, Lampung. Program ini melibatkan warga kurang mampu untuk berpartisipasi langsung dalam pengelolaan, budidaya dan perawatan budidaya sayuran, buah dan ikan. Acara peluncuran tersebut dihadiri oleh Ketua Dewan Taklim XL Axiata Yanuar Tirta Kumaya dan Direktur Pendayagunaan IZI Pusat Aan Suherlan. Ketua Dewan Taklim XL Axiata Yanuar Tirta Kumaya mengatakan, “Program wisata hijau kota ini menggunakan dana Zakat yang berasal dari staf XL Axiata untuk membantu masyarakat yang membutuhkan kepedulian melalui program CSR secara berkelanjutan.” “Kami berharap melalui program ini dapat membantu membangun perekonomian upaya perbaikan masyarakat desa Labuhan Ratu di kabupaten Kedaton. Program ini juga dapat menjadi bagian dari upaya mendukung ketahanan pangan di kota Bandar Lampung,” lanjutnya.Didirikan sejak 23 Oktober 2022, program “GreenMe” menggunakan lahan sewa sekitar 500 meter persegi. menjadi tempat wisata edukasi Sasaran tanaman sayuran, buah dan ikan diperluas Sayuran, buah dan ikan dijual baik untuk target pengunjung maupun masyarakat umum atau untuk kebutuhan industri kecil menengah Saat ini mempekerjakan sekitar 6 orang Tiga kota lainnya, termasuk Yogyakarta menjalankan program ini, Balikpapan dan Palu.(REL/RZD)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button