Yenny Wahid: Masjid Agung Sheikh Zayed Solo mirip di Abu Dhabi UEA - WisataHits
Jawa Tengah

Yenny Wahid: Masjid Agung Sheikh Zayed Solo mirip di Abu Dhabi UEA

Solo (ANTARA) – Putri Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid, Yenny Wahid, mengatakan Masjid Agung Sheikh Zayed yang dibangun di Kota Solo, Jawa Tengah, merupakan masjid asli di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA). sangat mirip.

“Masjid Agung Sheikh Zayed di Solo lebih kecil tapi sangat mirip dengan yang asli di Abu Dhabi UEA. Masjidnya secara struktural mirip, cuma di UEA besar karena kompleksnya besar,” kata Yenny Wahid usai menghadiri peresmian Masjid Agung Sheikh Zayed di Solo, Senin.

Menurut Yenny, ada terowongan toleransi di masjid asli di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Jadi, dari tempat parkir hingga lantai, terdapat gang toleransi di sepanjang dinding lorong, terdapat foto-foto tokoh agama dan tokoh UEA.

Baca juga: Presiden Jokowi meresmikan Masjid Agung Sheikh Zayed Solo

Meski demikian, kata Yenny, sebagai warga Indonesia kita bangga memiliki masjid megah seperti ini di kota Solo, yang merupakan tanda persahabatan antara Presiden UEA Sheikh Mohamed bin Zayed dan Presiden Indonesia Jokowi.

“Saya berkesempatan masuk ke masjid asli di Abu Dhabi, UEA, sangat indah dan saya sangat beruntung memiliki replika masjid di Solo, Jawa Tengah,” kata Yenny.

Menurut Yenny, ini tentu bukan sekadar masjid untuk salat, melainkan tanda persahabatan kedua negara.

“Kami melihat kedekatan Syekh Mohamed bin Zayed dengan Presiden Jokowi. Jadi masjid ini dinamai Sheikh Sayed, yaitu ayah dari Raja Uni Emirat Arab saat ini, Sheikh Mohamed bin Sayed. Jadi Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan adalah pendiri negara UEA,” kata Yenny.

Masjid, pertama-tama tentunya sebagai tempat umat beribadah dengan baik, dapat lebih khusyuk dalam mengagumi ciptaan Tuhan, lebih tenang dalam beribadah, dan menjadi pusat keramaian, tidak hanya wisata religi, tetapi juga pusat sosial. .

Bahkan, keberadaan Masjid Agung Sheikh Zayed dapat meningkatkan perdagangan mata uang daerah karena orang-orang dari daerah lain akan datang ke Solo untuk melihat dan diharapkan akan ada perputaran ekonomi di wilayah tersebut.

Baca Juga: Jokowi dan Mohammed Bin Zayed Resmikan Masjid Agung Sheikh Al Zayed

Baca Juga: Wali Kota Solo Pastikan Masjid Syekh Al Zayed Segera Dibuka Untuk Umum

Dia berharap masjid akan terbuka untuk semua orang, bukan hanya umat Islam. Karena masjid asli di UEA terbuka untuk non-Muslim.

“Kami berharap masjid ini dapat membantu mensejahterakan masyarakat, menjadi tempat ibadah yang baik bagi masyarakat, mampu menampung semua golongan, dan menjadi tempat berkembang biaknya toleransi yang merupakan salah satu ciri khas negara kita,” ujarnya.

Yenny mengaku mengirimkan pesan terima kasih kepada Raja UEA atas pemberian yang luar biasa bagi umat Islam di Indonesia. Masyarakat Indonesia juga bangga dengan persahabatan antara dirinya dan Pak Jokowi, membuat semua orang senang.

“Saya melihat Pak Jokowi bersama Raja Syekh Mohamed bin Zayed Al Nahyan, suasananya sangat bersahabat dan orang Indonesia menyukainya,” katanya.

Wartawan : Bambang Dwi Marwoto
Penerbit : Endang Sukarelawati
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button