Luar biasa! Rute Khusus Tol Jogja-Solo Seksi 1 Menghabiskan Rp 200 Miliar - WisataHits
Jawa Tengah

Luar biasa! Rute Khusus Tol Jogja-Solo Seksi 1 Menghabiskan Rp 200 Miliar

Harianjogja.com, SLEMAN — Desain jalur khusus sepeda untuk seksi 1 tol Jogja-Solo masih dalam penyempurnaan. Seksi 1 ruas Kartosuro-Purwomartani memiliki panjang jalan 42,38 km. Estimasi biaya pembangunan jalur sepeda khusus ini diperkirakan mencapai Rp 200 miliar.

Direktur Jenderal Pertanahan dan Utilitas PT JMM Muhammad Amin mengatakan, desain jalur khusus sepeda yang akan melintasi ruas tol Jogja-Solo Seksi 1 akan lebih disempurnakan.

Perancangan tersebut dibuat untuk memenuhi usulan dari pemerintah Kabupaten Klaten yang menginginkan adanya jalur khusus sepeda di jalan tersebut. Salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan potensi pariwisata dan perekonomian kotamadya.

“Drafnya masih kasar dan masih disempurnakan. Setelah draf siap, diajukan ke pusat. Secara lisan, pusat tidak mempersoalkan rencana penambahan jalur khusus sepeda ini,” ujarnya, Minggu (28/8/2018). /2022).

BACA JUGA: Sri Mulyani mengatakan subsidi BBM untuk listrik bisa membangun 3.333 rumah sakit

Untuk perkiraan dana yang dibutuhkan jika jalur sepeda khusus ini disetujui, Amin mengatakan perkiraan dana sekitar Rp 200 miliar. Jalan tersebut akan dibangun dari Kartosuro hingga Purwomartani. Kalaupun memungkinkan, akan terus berlanjut hingga Maguwoharjo.

“Ya, setidaknya jalur sepeda ini ditata ke Purwomartani atau Maguwoharjo. Jika nanti ada keberatan dengan desain kami akan merevisinya, jika tidak kami lanjutkan. [pembangunannya]kata Amin.

Amin menjelaskan, jalur khusus sepeda ini dibangun hanya di sisi kanan jalan menuju Jogja dengan lebar antara 3-5 meter dan bisa digunakan dari dua arah, baik dari Jogja maupun Solo. Namun demikian, tidak ada area tambahan yang diperlukan untuk jalur siklus khusus ini. “Jadi jalur itu terhubung dengan SERIES lahan yang dibebaskan. Akan ada satu setiap 5 km zona tenang apalagi jalur sepeda ini,” jelasnya.

Source: jogjapolitan.harianjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button