Lima kuliner khas Kabupaten Ciamis siap menggoyang lidah - WisataHits
Jawa Tengah

Lima kuliner khas Kabupaten Ciamis siap menggoyang lidah

TEMPO.CO, cantik -Pembicaraan tentang Kabupaten Ciamis sepertinya tidak ada habisnya. Terletak di Jawa Barat, kabupaten ini memiliki banyak destinasi wisata yang potensial termasuk wisata kuliner.

Kabupaten Ciamis menawarkan berbagai kuliner yang enak dan nikmat, sehingga sayang untuk dilewatkan. Lantas, apa saja kuliner khas Kabupaten Ciamis yang wajib dicoba?

Mi Glosor adalah makanan pertama yang wajib dicoba di Kabupaten Ciamis. Berbeda dengan jenis mie lainnya, mie Glosor memiliki tekstur yang kenyal dan licin sehingga mudah untuk dihirup. Bahan untuk membuat mie adalah tepung kanji. Mie Glossor juga berukuran lebih besar dari mi lainnya. Pasta khas Ciamis ini disajikan dengan bakso.

Makanan khas dan populer berikutnya di Kabupaten Ciamis bernama Galendo. Camilan yang satu ini memiliki rasa yang manis dan gurih. Galendo terbuat dari pati kelapa yang dipisahkan yang dikeringkan menjadi bubuk.

Galendo adalah oleh-oleh khas Ciamis dengan rasa original namun dikemas seperti kue bolu atau brownies. Tempo/Rita Nariswari

Galendo rasanya lebih enak karena ada varian yang berbeda seperti susu, coklat dan original.

Baca Juga: Di Ciamis, Seekor Rusa Menyerang Desa, Asal Usulnya Masih Misterius

Berkunjung ke Kabupaten Ciamis tidak lengkap rasanya tanpa mencoba hidangan pindang gunung. Seperti namanya, bahan utama Pindang Gunung adalah ikan laut seperti kakap, kakap merah dan tuna, maka tidak heran jika makanan ini memiliki rasa yang kuat yang siap menggoyang lidah. Hidangan ini disajikan dengan nasi hangat dan disantap bersama.

Kecimpring merupakan salah satu nama jajanan tradisional khas Kabupaten Ciamis yang patut untuk dicoba. Kecimpring terbuat dari singkong, sehingga disebut juga dengan keripik/kerupuk singkong.

Kuliner Kecimpring. Foto: Shopee

Kecimpring dolah terbuat dari singkong parut yang dicampur dengan bumbu dan rempah-rempah seperti cabai, bawang putih, daun bawang dan penyedap rasa. Setelah itu, adonan dipres tipis-tipis, dikukus dan dijemur di bawah terik matahari, lalu digoreng.

Makanan yang satu ini memiliki bahan utama berupa gula aren dan nasi yang dikemas dengan daun pisang muda. Sepintas, Cocorot memiliki bentuk seperti terompet dengan rasa manis yang khas. Cocorot dapat ditemukan di bagian selatan Ciamis, seperti di Pangandaran, Cimerak, Cijulang, dan Parigi.

NAOMY A. NUGRAHANI

Baca juga: Ponselnya meledak saat dicharge, seorang siswa SD di Ciamis meninggal

Selalu update informasi terbaru. Tonton berita terkini dan berita pilihan di saluran Telegram “Tempo.co Perbarui”. Klik bergabung.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button