Lihatlah keindahan Jembatan Pasupati yang merupakan simbol kota Bandung - WisataHits
wisatahits

Lihatlah keindahan Jembatan Pasupati yang merupakan simbol kota Bandung

Lihatlah keindahan Jembatan Pasupati yang merupakan simbol kota Bandung

Harga Tiket Masuk Jembatan Pasupati: Gratis. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: -. Alamat/Lokasi: Tamansari, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40116.

Jembatan Pasupati merupakan jembatan ikonik di kota bandung. Jalan layang ini begitu terkenal karena memiliki ciri khas tersendiri. Jembatan ini merupakan penghubung antara Jalan Pasteur dan Jalan Surapati. Tak heran jika jembatan ini disebut Pasupati yang merupakan gabungan dari nama kedua jalan tersebut.

Jembatan Pasupati dibangun pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan diresmikan pada 12 Juli 2005. Panjang jembatan ini mencapai 2,8 km. Kemudian lebar jalan bervariasi dari 30 hingga 60 m. Melalui jembatan ini, pengunjung dapat melihat keindahan pemandangan di bawah.

Harga tiket

Tidak ada pengambilan tiket atau tiket masuk untuk menuju jembatan layang ini. Karena itu adalah fasilitas umum yang aksesnya gratis untuk semua pelari. Tidak seperti jalan tol yang berbayar. Jadi pengunjung yang ingin datang ke jembatan ini tidak perlu menyiapkan uang sepeser pun.

Baca: JALAN CIHAMPELAS: 5 Aktivitas Wisata Seru

Jam buka

Tidak ada jam tutup untuk berkunjung ke sini. Area ini bebas untuk semua kendaraan masuk dan keluar. Jika ingin berhenti di pinggir jembatan, berhati-hatilah. Pasalnya, lalu lintas di jembatan ini selalu padat dan banyak kendaraan berkecepatan tinggi.

Jam buka
Setiap hari 24 jam

Perubahan Nama Jembatan Pasupati

Jembatan Pasupati justru berganti nama menjadi Prof. Menjembatani. Mochtar Kusumaatmadja. Peresmian pergantian nama dilakukan pada 1 Maret 2022. Meski berganti nama, nama Pasupati lebih melekat dan dikenal luas.

Baca: Harga Tiket TRANS STUDIO Bandung dan 11 Wahana

Daya tarik

Jembatan Pasupati menawarkan pemandangan yang indah dan tampilan jembatan yang ikonik. Pemandangan jembatan akan semakin eksotis di malam hari. Selain itu, di bawah jembatan terdapat banyak taman yang bisa dikunjungi wisatawan. Berikut beberapa daya tariknya.

Pemandangan di bawah jembatan

Dari atas jembatan, wisatawan bisa melihat pemandangan kota Bandung. Mulai dari pemukiman padat penduduk, gedung-gedung tinggi hingga bangunan hotel yang megah. Anda juga bisa melihat pemandangan vegetasi hijau dan taman-taman di tengah kota.

Wisatawan juga bisa melihat pemandangan Lembah Sungai Cikapundung. Lembah sungai membentang dari utara ke timur. Pemandangannya sangat menarik dari jembatan.

Jembatan terpanjang ke-2 di Indonesia

Bandung memiliki banyak jalan layang. Jembatan ini merupakan jembatan layang terpanjang di Kota Bandung. Apalagi jembatan ini sukses menyabet predikat jembatan terpanjang ke-2 di Indonesia. Sedangkan jembatan terpanjang di Indonesia masih dimenangkan oleh Jembatan Suramadu.

Baca: Tiket Gedung Sate & 9 Tempat Wisata Terpopuler

Desain dek yang menarik

Jembatan Pasupati memiliki desain yang unik dan anti gempaJembatan Pasupati memiliki desain yang unik dan anti gempa. Foto: google maps/Arief M.

Jembatan ini terkenal karena memiliki desain yang unik dan menarik. Di tengahnya ada pilar berdiri yang besar. Kemudian kami melihat ada 19 kabel yang terpasang di tiang besar itu. Fungsinya untuk menopang jembatan agar lebih kuat.

Di sebelah barat ada 10 kabel dan di sebelah timur ada 9 kabel. Kabel tersebut bukan sembarang kabel, melainkan kabel baja yang unik. Setiap kabel memiliki kabel yang lebih kecil di dalamnya.

Baca: INSTAN BANDUNG 5 Tempat Wisata

Penggunaan teknologi anti gempa

Pembangunan Jembatan Pasupati menggunakan teknologi canggih. Di Indonesia, hanya jembatan ini yang menerapkan teknologi anti gempa. Ini menjadikannya jembatan seismik pertama di negara ini. Teknologi itu disebut Temukan perangkat aslinya dari Perancis.

Adanya teknologi ini membuat jembatan semakin kokoh. Sekalipun terjadi gempa, jembatan ini harus tetap aman untuk semua orang. Sehingga gempa tidak terasa di jembatan ini.

Keindahan Jembatan Pasupati di malam hari

Jembatan Pasupati di malam hariSuasana malam di sekitar jembatan dihiasi dengan lampu-lampu kota. Foto: google maps/Zie-O

Keindahan jembatan ini terlihat semakin eksotis di malam hari. Karena banyaknya lampu sorot sebagai penerangan. Hal ini membuat area di sekitar jembatan tetap terang dan berkilau meski di kegelapan malam. Tak heran jika malam hari menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi di Bandung.

Daerah sekitarnya sangat bagus untuk dijadikan spot foto di malam hari. Bahkan, banyak pengusaha di Bandung yang menggunakan foto Jembatan Pasupati sebagai icon produknya. Hal ini menjadi ciri khas yang menegaskan bahwa produk yang mereka jual berasal dari Bandung.

Taman Pasupati dan Skatepark

Taman Pasupati atau Taman JombloTaman Pasupati atau Taman Jomblo. Foto: google maps/Kawi Boedisetio

Jika ingin mengunjungi jembatan ini, mungkin wisatawan bisa singgah di Taman Pasupati. Taman ini terletak di bawah atau di bawah Jembatan Pasupati. Kawasan tersebut merupakan ruang terbuka untuk umum yang ditata sedemikian rupa. Ada banyak kursi dan ornamen bercat cerah yang memberikan tampilan Instagramable.

Taman Pasupati juga dikenal sebagai Taman Jomblo. Tempat ini sering menjadi tempat favorit para remaja di Bandung untuk bersantai dan bermain. Di dekat taman terdapat area yang cukup luas untuk bermain skateboard gratis.

Taman Film di bawah Jembatan Pasupati

taman bioskopTaman bioskop. Foto: google maps/Hendi Btm12

Taman Film terletak di sebelah Taman Jomblo. Desain taman ini sangat kreatif karena bertumpu pada rumput sintetis yang indah dan nyaman untuk bersantai. Di Taman Film terdapat layar besar yang sering digunakan untuk nonton bareng. Namun pemutaran film di taman dengan konsep bioskop terbuka hanya dilakukan sesekali.

Kemudahan

Selain menikmati pemandangan, pengunjung juga bisa menikmati hal-hal lain di sekitar jembatan. Misalnya, banyak fasilitas taman yang bisa dinikmati pengunjung di bawah jembatan. Tentu saja, di taman ada toilet, ada juga warung.

Lokasi Jembatan Pasupati

Jembatan ikonik ini terletak di Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40116. Pusat kota Bandung berjarak 3,9 km dari Jembatan Pasupati. Jika Anda mengambilnya dengan mobil, hanya akan memakan waktu sekitar 10 menit.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button