Pantai Botubarani, pantai dengan wisata hiu paus yang melegenda di Bone Bolango - WisataHits
wisatahits

Pantai Botubarani, pantai dengan wisata hiu paus yang melegenda di Bone Bolango

Pantai Botubarani, pantai dengan wisata hiu paus yang melegenda di Bone Bolango
Harga tiket: Rp 25.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Botubarani, Kec. Kabila Tulang, Kab. Bone Bolango, Gorontalo; Kasus: Verifikasi lokasi

Provinsi Gorontalo sudah lama dianggap sebagai surga bagi banyak wisatawan yang ingin menikmati serunya wisata bahari. Memang kawasan ini terkenal dengan banyak destinasi wisata keindahan alamnya yang luar biasa. Salah satu kunjungan yang menarik wisatawan adalah Pantai Botubarani.

Di pantai yang eksotik ini, selain wisatawan dapat menikmati panorama alam yang unik, juga akan disuguhkan berbagai wisata unik yang tentunya membedakan pantai ini dengan pantai lainnya. Yang membuat pantai ini lebih unik dari pantai lainnya adalah karena wisata hiu paus bisa Anda temukan disini.

Di daerah perairan dangkal seperti di Indonesia, tentunya wisata semacam ini cukup sulit ditemukan. Selain itu, destinasi wisata ini juga memiliki beragam keindahan lainnya. Dibawah ini kami akan membahas Pantai Botubarani lebih detail, agar nantinya pantai ini bisa anda jadikan sebagai kunjungan utama anda saat berada di gorontalo.

Atraksi yang ditawarkan oleh Pantai Botubarani

Objek Wisata Pantai BotubaraniImage Credit: Instagram Pesona Gorontalo

1. Wisata dengan hiu paus

Hal yang paling diminati banyak wisatawan untuk berkunjung ke pantai ini adalah karena adanya wisata Hiu Paus. Kawasan hiu paus cukup sering didatangi hewan-hewan tersebut. Hiu paus yang memiliki nama latin Rhyncodon typus ini merupakan jenis mamalia yang tergolong jinak.

Jadi Anda tidak perlu khawatir ketika ingin menikmati wisata unik ini. Namun, meski hewan ini tergolong jinak, wisatawan tetap diimbau untuk selalu berhati-hati agar tidak terjadi hal buruk.

Dari penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa hiu paus tidak akan singgah di pantai Botubarani pada bulan April, Agustus, dan November. Waktu transit hiu paus terlama adalah pada bulan Februari, Mei dan Juni. Sedangkan untuk sisa beberapa bulan, hewan tersebut hanya akan berhenti dalam jangka waktu yang relatif singkat, rata-rata hanya 2 hari.

Oleh karena itu, jika wisatawan datang ke sana untuk menyaksikan hiu paus, sebaiknya datang pada bulan Februari, Mei, dan Juni. Selama bulan-bulan inilah zona hewan peliharaan akan bertahan cukup lama, kira-kira hingga 10 hari.

Alasan ini juga mengapa banyak wisatawan cenderung datang pada bulan Mei dan Juli. Agar anda bisa melihat hewan-hewan tersebut, akan lebih baik jika anda datang pada pagi hari.

Alasannya, pada pagi hari hiu paus umumnya berburu makanan. Jadi anda bisa datang antara jam 7 pagi sampai jam 11 malam, maka anda akan menemukan area tempat hewan tersebut beraksi.

2. Dermaga Instagrammable

Kalau biasanya dermaga hanya tempat biasa saja, tapi yang satu ini beda. Pantai Botubarani memiliki dermaga Instagrammable yang terletak di bibir pantai. Dermaga ini sangat indah di sore hari. Selain itu, Anda juga bisa melihat perahu nelayan lokal berjejer rapi di dekat dermaga.

3. Garis pantai yang menakjubkan

Botubarani memiliki garis pantai yang sangat menakjubkan. Hal ini karena banyak pohon rindang yang tumbuh dengan baik berjejer di sepanjang pantai. Maka dari itu tidak heran jika pantai eksotik ini cukup terkenal di Indonesia bahkan dunia.

4. Hamparan pasir putih yang lembut

Hamparan pasir putih yang lembut dan indah menambah keindahan panorama yang disajikan oleh destinasi wisata alam Gorontalo ini. Apalagi pantai Botubarani juga cenderung bersih dan tentunya wisatawan semakin betah menghabiskan waktu di sana.

5. Air laut yang dangkal dan jernih

Pantai ini menawarkan air laut yang sangat jernih, dangkal dan kebiruan. Ombak di tempat wisata ini cenderung sangat tenang tidak seperti pantai lain yang ombaknya besar.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai BotubaraniKredit Gambar: Instagram Indah Mareta

Pantai indah ini terletak di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Khususnya yaitu di Desa Botubarani, Kabila Bone. Nama pantai tersebut disesuaikan dengan sebutan desa dimana tempat tersebut berada. Jika Anda dari pusat kota Gorontalo, pantai Botubarani berjarak sekitar 12 km.

Jika menggunakan kendaraan bermotor, akan memakan waktu kurang lebih 20 menit. Banyaknya wisatawan yang datang ke pantai ini salah satunya dikarenakan lokasinya yang cukup dekat dengan pusat kota. Selain itu, akses jalan menuju pantai dapat ditempuh dengan segala jenis kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.

Dengan akses yang mudah menuju pantai, tentunya Anda tidak akan merasa lelah. Anda dapat membawa mobil bersama rombongan teman dan keluarga Anda. Jika Anda masih takut tersesat, Anda bisa menggunakan aplikasi Maps di smartphone Anda.

Harga Tiket Masuk Wisata Bahari

Keunikan mengunjungi hiu paus di pantai tidak serta merta membuat tiket masuk ke Pantai Botubarani mahal. Dibandingkan dengan berbagai pantai lain di Gorontalo, pantai ini mematok harga tiket masuk yang cenderung murah atau terjangkau.

Setiap turis yang pergi ke sana hanya perlu membayar 25.000 rupee. Namun, untuk bisa menggunakan berbagai fasilitas yang ada di pantai ini, tentunya Anda tetap harus membayar biaya lain. Harga tiket masuk dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan akhir.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Aktivitas Seru di Pantai BotubaraniImage Credit: Instagram Pesona Gorontalo

1. Menyelam dan snorkeling

Ombak tenang dengan air laut dangkal berwarna kebiruan di Pantai Botubarani membuatnya sempurna untuk diving dan snorkeling. Anda bisa menyewa peralatan snorkeling di pantai seharga 25.000 rupee.

Namun, jika Anda lebih suka menyelam, Anda bisa menyewa peralatan tersebut seharga 50.000 rupee. Bagi anda yang menginginkan paket lengkap dengan guide jalan-jalan menyusuri pantai dan lautan, anda harus membayar biaya sebesar 450.000 rupiah.

2. Bersantai di dermaga

Anda dapat bersantai di dermaga di pantai. Dari dermaga Anda bisa melihat panorama pantai yang sangat menawan. Wisatawan juga bisa menikmati pemandangan Teluk Tomini dari dermaga. Membawa cemilan sambil menikmati pemandangan sunset dari dermaga adalah ide yang bagus.

3. Kamp

Jika wisatawan ingin menikmati suasana malam Pantai Botubarani yang khusyuk, disarankan untuk melakukan kegiatan menarik yaitu berkemah. Oleh karena itu, Anda bisa menyiapkan dan membawa tenda serta perlengkapan camping lainnya dari rumah. Tentunya kegiatan seperti ini akan semakin seru jika dilakukan bersama teman atau kerabat.

Jika hari sudah gelap, Anda bisa menyalakan api unggun untuk membakar sosis atau jagung dan dinikmati bersama. Bintang-bintang yang berkelap-kelip indah diiringi alunan musik gitar akan membuat malam Anda di pantai semakin nyaman dan damai.

4. Berburu Foto

Berbagai keindahan yang dihadirkan oleh destinasi wisata tersebut tentunya memukau setiap wisatawan. Jadi, sayang sekali jika tidak melakukan kegiatan hunting foto untuk dijadikan oleh-oleh. Jika ingin berswafoto, latar belakang berupa air laut berwarna kebiruan menjadi pilihan yang tepat.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai BotubaraniKredit gambar: Instagram Rachmad Hadjarati

Meski menjadi salah satu destinasi wisata terpopuler, ternyata fasilitas yang tersedia di Pantai Botubarani masih terbilang terbatas dan kurang memadai. Hal ini tentunya karena pemanfaatan pantai sebagai destinasi wisata selama ini belum terealisasi secara optimal.

Namun, setidaknya di pantai ini masih terdapat tempat penyewaan peralatan snorkeling dan diving. Meski fasilitas di kawasan pantai ini cukup minim, dijamin Anda tidak akan kecewa dengan pemandangan yang menakjubkan dan memberikan kesan yang mendalam selama menghabiskan liburan Anda di sini.

Karena letak pantai yang dekat dengan pusat kota, ada beberapa hotel yang bisa Anda jadikan sebagai tempat menginap. Contohnya seperti Amaris Hotel Gorontalo, Hotel New Rachmat dan Grand Q Hotel Gorontalo. Untuk kemudahan dan kelengkapan berbagai fasilitas hotel tersebut tentunya tidak perlu diragukan lagi.

Demikian berbagai informasi lengkap terkait Pantai Botubarani yang terletak di Gorontalo. Jika sedang berada di Gorontalo, Anda bisa menyempatkan diri untuk mengunjungi pantai ini. Pasalnya, banyak pengalaman menarik dan berkesan yang bisa Anda dapatkan ketika berada di kawasan wisata unik ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button