Lihat Wajah Baru Pantai Kejawan Cirebon, Tak Ada Lagi Kumuh - WisataHits
Jawa Barat

Lihat Wajah Baru Pantai Kejawan Cirebon, Tak Ada Lagi Kumuh

Bisnis.com, CIREBON – Pantai Kejawanan di kawasan pesisir utara Jawa Barat, kini menjadi objek wisata baru bagi Kota Cirebon. Lokasi objek wisata ini hanya berjarak 3 kilometer dari pusat kota.

Berada tepat di kecamatan Lemahwungkuk, Pantai Kejawanan menjelma menjadi spot instagramable dan mulai ramai dikunjungi wisatawan lokal.

Pantauan Bisnis.com, Rabu (10/5/2022) di lokasi, wisata ini akan lebih bersih dan tertata.

Tempat ini dulunya terkesan kumuh, kini banyak fasilitas baru yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung, sehingga tidak kalah menariknya dengan wisata lain di kota Cirebon.

Pantai Kejawanan Cirebon saat ini terbagi menjadi beberapa bagian. Dulu tidak ada jembatan untuk selfie, sekarang ada jembatan sepanjang 60 meter yang semakin mempercantik pantai ini.

Pada titik ini garis pantai dibatasi oleh pondasi sehingga air pantai tidak langsung masuk ke pasir. Pengunjung bisa berenang di area yang disediakan.

Bagian baru pantai yang banyak disukai orang ini juga memiliki area berpasir. Banyak sekali pengunjung yang tampak asyik bermain pasir.

Pusat makanan berada di depan area pasir. Ada puluhan warung kuliner yang bisa menjadi pilihan saat berkunjung ke pantai ini.

Manajer Pelabuhan Perikanan Nusantara Kejawanan Sarwono mengatakan revitalisasi pantai dimulai sejak awal pandemi, sehingga tidak ada kendala dalam proses pembangunan.

“Pembangunan ini akan kami laksanakan secara bertahap mulai tahun 2020 dan seterusnya. Karena kondisi pandemi saat itu tidak ada kendala untuk perbaikan,” kata Sarwono di Kota Cirebon, Rabu (10/5/2022).

Sarwono mengatakan, kondisi Pantai Kejawanan dulunya kumuh karena banyak orang memasang tenda untuk berjualan tanpa aturan.

Saat ini para pedagang sudah pindah ke food center yang ada di kawasan wisata Pantai Kejawanan.

“Awalnya kami melihat antusiasme masyarakat yang berkunjung ke pantai ini cukup bagus, sehingga dilakukan pembenahan. Semua pedagang di tenda masing-masing sekarang dipusatkan dan kami sediakan tempat yang bersih,” ujarnya.

Sarwono menambahkan, beberapa fasilitas lainnya masih belum rampung, di antaranya jembatan selfie yang sedang dibangun dan area berpasir yang belum terisi penuh.

“Karena saat ini masih soft start, belum ada tarif. Nanti setelah big launching 1 Oktober akan dikenakan tarif Rp 5.000 per orang,” kata Sarwono.

Pihaknya mengaku masih melihat antusiasme masyarakat yang berkunjung ke pantai, baik yang memang sangat menyukai wisata pantai atau hanya sekedar revitalisasi situs yang direvitalisasi.

Selain revitalisasi, Sarwono bertujuan untuk mengedukasi pengunjung agar lebih mencintai dan merawat alam.

“Mudah-mudahan ke depan kawasan ini tidak hanya dimanfaatkan untuk pariwisata, tapi juga ada edukasinya. Mungkin ke depan kita bisa melakukan kegiatan masyarakat, seperti kampanye makan ikan,” ujarnya.

Seorang pengunjung, Irna dari Kuningan, mengatakan bahwa Pantai Kejawanan sekarang lebih baik dari sebelumnya.

“Awalnya saya lihat di media sosial karena viral kalau pantai ini sudah bagus. Kemudian saya mencoba datang ke sini bersama teman-teman, ternyata lebih baik. Awalnya kami sangat penasaran dengan pasir putihnya bukan? hadir atau tidak, itu hanya di foto, kan?” “Keren banget,” kata Irna.

Lihat berita dan artikel lainnya Berita Google

Tonton video yang dipilih di bawah ini:

Konten Premium Nikmati konten premium untuk informasi lebih dalam Login / Daftar

Source: bandung.bisnis.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button