UNS Solo Pecahkan Rekor Perbaikan Rumah Pemprov dengan Menekan Kain Tie-Dye 3.300 Meter - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

UNS Solo Pecahkan Rekor Perbaikan Rumah Pemprov dengan Menekan Kain Tie-Dye 3.300 Meter – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Mahasiswa baru tahun ajaran 2022/2023 celup kain di kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Kentingan, Jebres, Solo, Minggu (21/8/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO – Universitas Sebelas Maret disingkat UNS Solo mengerahkan 7.255 mahasiswa baru angkatan 2022 untuk melukis kain tie dye di kampus, kawasan Kentingan, Jebres, Solo pada Minggu pagi (21.8.2022).

Tak tanggung-tanggung, panjang kain yang diwarnai mencapai 3.300 meter. Kegiatan tersebut juga diganjar rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai penggagas dan penyelenggara pewarnaan batik pada kain terpanjang 3.300 meter.

AksiJos! Petani dan peternak Klaten bisa menjadi pendukung kedaulatan pangan

Ini juga mengalahkan rekor 3.000 meter sebelumnya yang dibuat oleh pemerintah negara bagian do-it-yourself. Berdasarkan surveilans Solopos.comKegiatan ini merupakan rangkaian Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PPKBM) 2022 AS.

Sesuai rencana kegiatan, ini merupakan hari terakhir PPKBM 2022 UNS. Peserta yang akan mewarnai kain sedang dipersiapkan di sepanjang jalur UNS Solo dari pintu depan hingga pintu belakang sejak pukul 08.00 WIB. Kain batik dengan motif bunga digelar di sepanjang jalan di area kampus.

Pintu masuk dan keluar UNS ditutup dan dijaga oleh petugas keamanan. Sedangkan peserta mengenakan pakaian serba hitam. Beberapa mahasiswa baru mengenakan topi putih. Mereka membawa kuas serta pewarna dalam mika.

Baca Juga: Rombongan 172 Mahasiswa KKN UNS Tanam Pohon di Hadiluwih Sragen

Para siswa duduk berhadapan untuk mewarnai kain tersebut. Kegiatan pencelupan kain selesai sekitar pukul 10.00 WIB. Perwakilan Muri Sri Widayati meninjau kegiatan dan menyerahkan piagam kepada Rektor UNS Jamal Wiwoho.

Rekor ke-13 AS

Jamal menjelaskan, rekor keberhasilan MURI dengan aktivitas pencelupan kain terlama adalah yang ke-13 untuk US Solo. Kegiatan tersebut dilakukan oleh mahasiswa baru tahun ajaran 2022/2023 yang mengikuti rangkaian PPKBM yang berakhir pada Minggu pagi.

“Kami berharap ini adalah bagian dari heritage, karena Solo adalah kota tie-dye. Solo sebagai tujuan wisata yang mengandalkan industri batik di Laweyan, Kauman, dll termasuk Pasar Klewer. Kami yang menggagas acara melukis ini,” ujarnya kepada wartawan di akhir acara.

Baca juga: Sewindu FSRD UNS Solo Ada Pameran Internasional Lomba lho

Menurut Jamal, usia UNS belum genap 50 tahun, namun sudah tak terhitung banyaknya prestasi nasional dan internasional yang bisa ditunjukkan untuk itu. UNS meyakini sekitar 10.000 mahasiswa baru akan berkontribusi terhadap prestasi UNS di masa depan.

Sementara itu, Sri Widayati menjelaskan, Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mencatat rekor aktivitas serupa dengan panjang 3.000 meter pada 2 Oktober 2014. Dengan rekor tersebut, UNS Solo berhasil memecahkan rekor sebelum mewarnai selendang terpanjang.

“Tentu Muri sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh AS, terutama dari mahasiswa baru. Mereka semua luar biasa karena secara langsung berkontribusi dalam pencapaian prestasi yang akan tercatat dalam sejarah Muri,” ujarnya. Dia menjelaskan bahwa mencapai AS sebanyak 10.506. rekor tercatat di Muri.

Source: www.solopos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button