Solo is Solo, sekelompok seniman solo yang menghidupkan Koridor Gatsu yang dihiasi mural - WisataHits
Yogyakarta

Solo is Solo, sekelompok seniman solo yang menghidupkan Koridor Gatsu yang dihiasi mural

Solo is Solo, sekelompok seniman solo yang menghidupkan Koridor Gatsu yang dihiasi mural

Solo is Solo, sekelompok seniman solo yang menghidupkan Koridor Gatsu yang dihiasi mural

Komunitas ini memiliki latar belakang yang berbeda-beda, mulai dari kalangan profesional hingga mahasiswa, anak-anak muda yang memiliki bakat melukis mural sendiri.

Saat pandemi melanda, agenda tahunan kasus penyerangan bus Persis Solo, Jawa Tengah, yang juga melibatkan banyak pelaku, sempat terhenti dan kemudian dicetak hingga siap tayang.

Festival gambar mural “Solo is Solo” Koridor Gatsu dibiayai oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) – namun saat ditanya, Irul enggan berkomentar soal dana yang disediakan “Seiring dengan revitalisasi Koridor Gatsu di Kementerian PUPR, ini juga bagian dari pembaruan mural,” ujarnya. Kasus ini pun memicu reaksi sejumlah pihak, termasuk Wali Kota Solo Gibran Rakabuming, yang meminta kepolisian untuk “berkonsolidasi dan tidak terulang lagi di masa mendatang.” Branding “Solo is Solo” mewakili sebuah identitas terkait aktivitas Spirit Art Solo di Koridor Gatsu Pintu masuk ditutup sementara.

Ada 60 mural di sepanjang Koridor Gatsu yang dikerjakan pada 2022 dari September hingga November. Selain itu, kebanyakan dari mereka diberi mural di sepanjang gang yang terhubung dengan Koridor Gatsu. Gang Empu Sedah akan mendapatkan mural pola interaktif 3D yang mirip dengan destinasi wisata di Malaysia: “Sangat unik. [di Gang Empu Sedah]jadi nuansa asli desa masih bisa dirasakan,” ujarnya kepada 500 orang.

Selain itu banyak mural kekinian di Gang Empu Gandring, kemudian di Gang Empu Barada banyak mural 3D dengan tema kuliner di Solo misalnya Dawet, Wedangan Angkringan dan Nasi Liwet, ada mural Eyangong dan mural kisah Lokananta. Di gang, bagian utara Merchant Gravity, terdapat banyak mural gravitasi. Hingga lukisan mural akhirnya berkembang di koridor Jalan Ngarsopuro juga. Itu sangat padat.

“Ada nuansa etnik, muralnya ada mural tie-dye, ada di tembok dan tiang tempat saklarnya,” ujarnya Kemudian di kawasan Jalan Madura depan Pasar Triwindu sepanjang 500 meter. Solo. Baik dinding sepanjang gang maupun gedung tinggi menerima mural dari seniman. Saat menggambar mural, seniman juga berkoordinasi dengan pemilik toko dan dinding harus dicat dengan mural. Shinta mengatakan pengunjung dari berbagai daerah termasuk Surabaya, Yogyakarta, Semarang, dan Soloraya.

Jadi ada sinergi antara keduanya. Keberadaan koridor dinding di sana menawarkan ruang bagi para seniman di kota Solo untuk mengekspresikan diri. Salah satu warga Kemlayan, Hafid Ahmad, mengaku kawasan sepanjang gang itu terlihat asri. “Kulo Jane mengelak, tidak menyangka akan diundang tapi ternyata tidak,” candanya saat bertemu di rumahnya. Beberapa anak dan remaja berswafoto di sepanjang gang tersebut, sebanyak 30% hingga 40% dari seluruh tiket yang terjual adalah tiket premium.

Baca juga.

Lanjut membaca:
Solopos » {{PageTitle}}

Memuat berita…

Pesan tidak dapat dimuat.

Manajemen Persis Solo akan terbuka soal keterlibatan pemain dalam penyerangan Bus Persis SoloManajemen Persis Solo akan terbuka dengan pihak kepolisian terkait pengusutan kasus penyerangan bus dinas oleh sekelompok oknum di Tangerang.

BERANI UBAH VIDEO: Siswa mengubah sampah menjadi batu bulat | sixplusSiswa SMAN 1 Pulau Punjung menjadi sorotan ketika berhasil membuat paving stone dari sampah. Sampah di lingkungan, terutama sampah plastik direbus dalam ketel

Turis meledak, tingkat kunjungan safari solo 3 kali lipatManajemen Solo Safari sempat menutup pintu masuk karena banyak pengunjung yang akan menikmati suasana Solo Safari.

Dimeriahkan oleh artis lokal, masyarakat antusias menghadiri Pesta Rakyat Pekalongan |Republika OnlineKegiatan musik ini berlangsung di Pantai Pasir Kencana.

Penampil jalanan ini membuat karya menarik di tengah Perang Rusia-UkrainaArtis jalanan terkenal Tvboy membuat karya menarik di desa Dmytrivka di Ukraina, yang dihancurkan oleh beban berat. Berikut adalah karya-karyanya.

VIDEO: Buah tumbang, anak muda naik motor di tanjakan | sixplusAksi sekelompok pemuda yang memacu sepeda motor menaiki tanjakan tersebut langsung dibalas oleh supir truk dan menarik perhatian.

{{judul halaman}}

Memuat berita…

Pesan tidak dapat dimuat.

{{judul halaman}}

Memuat berita…

Pesan tidak dapat dimuat.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button