Bangkitnya bisnis kuliner pasca pandemi, Bumi Aki di Bandung - WisataHits
Jawa Barat

Bangkitnya bisnis kuliner pasca pandemi, Bumi Aki di Bandung

Bisnis kuliner mengalami lonjakan meski tergolong bisnis yang sangat kompetitif.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Pasca pandemi, bisnis kuliner khususnya makanan khas Sunda kembali menggeliat di Bandung. Pelaku ekonomi optimistis penjualan makanan kembali meningkat seiring pelonggaran aturan makan di tempat.

Menurut Anisha Desiliana Resti pemilik Di restoran Sunda Bumi Aki, bisnis kuliner menjadi sektor yang paling terpukul selama pandemi karena sangat mengandalkan penjualan dari tamu. Meskipun ada layanan pengiriman bahan makanan online, mereka hanya membantu tanpa bisa mengembalikan penjualan 100 persen.

“Pada awal pandemi, bisnis F&B (makanan dan minuman) mencatat penurunan permintaan. Bahkan off karena sangat mengutamakan mobilitas masyarakat,” ujarnya saat itu awal yang lembut Bumi Aki Heritage Bandung, Kamis (17/11).

Namun kini, kata dia, bisnis kuliner menjadi sektor yang lebih dulu bangkit dibanding sektor ekonomi lainnya di era pasca pandemi. Karena masyarakat bisa lebih leluasa makan di tempat.

Bangkitnya bisnis kuliner, kata dia, terlihat dari banyaknya bermunculan restoran/tempat makan baru, khususnya di Bandung yang menjadi tujuan wisata. “Bisnis kuliner menunjukkan tren yang meningkat, meski tergolong bisnis yang sangat kompetitif karena pasarnya masih sangat luas,” ujarnya.

Anisha dan Faizah Nahdi berani membuka cabang baru Bumi Aki Heritage di Jalan Riau Kota Bandung. Yaitu dengan mengandalkan menu asli sunda dan pengalaman yang berbeda.

“Menu yang ditawarkan kepada pengunjung berdasarkan hasil riset kami selama bertahun-tahun di berbagai daerah di Jawa Barat,” ujar Anisha.

Selain itu, Bumi Aki Heritage juga menggandeng Chef Devina dan berhasil menghasilkan 5 sajian kuliner Sunda yang berkualitas, yaitu Iga Bakar Madu, Piring Ketan Bakar, Ayam Liwet Ketan Bayi, dan Sambal Raos Udang.

“Kami ingin merangsang kuliner khas Sunda yang berkualitas untuk meningkat dan menjadi trendsetter di dunia internasional melalui kemasan atau penyajian yang menarik,” ujarnya.

Sementara itu, menurut Chef Devina, ia sedang mempelajari masakan Indonesia. Namun, menghadapi keterbatasan ketersediaan literatur pangan Indonesia.

Wanita penulis buku kuliner dan YouTuber ini menyukai makanan Sunda yang dikenal sederhana namun enak. Menurutnya, kuliner khas Jawa Barat dikenal menggunakan bahan baku yang sederhana namun menghadirkan cita rasa segar pada makanannya.

“Masakan Sunda sangat unik dan berbeda dari yang lain. Proses pembuatannya lebih sederhana, tapi banyak yang suka,” ujarnya.

Devina berharap menu makanan dan minuman di Bumi Aki Heritage dapat membawa kebahagiaan dan pengalaman yang berbeda bagi pengunjung.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button