Jelang WSBK 2022, Busy Airlines akan buka penerbangan langsung ke NTB - WisataHits
Jawa Tengah

Jelang WSBK 2022, Busy Airlines akan buka penerbangan langsung ke NTB

Mataram, IDN Times – Diketahui sejumlah maskapai mulai membuka penerbangan langsung atau penerbangan langsung menuju Bandara Internasional Lombok jelang perlombaan World Superbike (WSBK). Balap motor bergengsi ini memang akan digelar pada 11-13 November 2022 di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Misalnya, dua maskapai yakni Scoot Airlines akan membuka penerbangan dua kali seminggu dengan rute Singapura-Lombok PP pada 16 Oktober 2022. Disusul Super Air Jet membuka penerbangan PP harian Yogyakarta-Lombok pada 28 Oktober 2022.

1. Hubungkan dua tujuan wisata prioritas utama di Indonesia

Jelang WSBK 2022, Busy Airlines akan membuka penerbangan langsung ke Lombok Awak Super Air Jet. (superairjet.com)

Terkait dibukanya penerbangan langsung ini, Yusron Hadi, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, menilai dampak positif bagi industri pariwisata lokal. Selain itu, ada keterkaitan antara dua destinasi wisata prioritas di Indonesia, yakni Borobudur di Jawa Tengah dan Sirkuit Pertamina Mandalika di NTB.

“Yogya adalah salah satu tujuan wisata unggulan di Indonesia. Dan juga banyak penerbangan internasional ke Yogya penerbangan langsung PP Yogya-Lombok tentunya akan berdampak positif terhadap kunjungan wisatawan ke NTB,” ujarnya, Minggu (10/9/2022).

Yusron mengatakan pembukaan rute ini akan memudahkan masyarakat dan wisatawan untuk mengunjungi sejumlah destinasi wisata di NTB. Dengan dibukanya penerbangan langsung, wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta berpeluang untuk menuju NTB dengan nyaman.

Baca Juga: 2 Atlet Indonesia Tercepat di Kejuaraan Dunia Ironman di Lombok

2. Event sport tourism menjadi daya tarik

Jelang WSBK 2022, Busy Airlines akan membuka penerbangan langsung ke Lombok Ironman 70.3 Lombok World Sports Tourism Championship, Sabtu (8/10/2022). (IDN Times/Muhammad Nasir)

Demikian juga dengan penebangan langsung jalur Singapura-Lombok mempengaruhi jumlah kunjungan wisatawan ke NTB, menurut Yusron. Singapura dikenal sebagai salah satu tujuan wisata internasional di Asia Tenggara.

Scoot, anak perusahaan Singapore Airlines, akan membuka penerbangan dua kali seminggu pada hari Minggu dan Rabu. Scoot nomor penerbangan TR-258 berangkat dari Singapura (SIN) pada pukul 07:50 waktu setempat dan mendarat di Lombok (LOP) pada pukul 10:20 WITA.

Sedangkan penerbangan Scoot TR-259 akan berangkat dari Lombok (LOP) pada pukul 11.20 WITA dan dijadwalkan tiba di Singapura (SIN) pada pukul 14.05 waktu setempat.

“Mudah-mudahan rute lain segera dibuka seperti sebelum COVID-19. Karena wilayah kita mendapatkan momentum dengan event sport tourism dan lain-lain. Ini menjadi daya tarik bagi pengunjung,” kata Yusron.

3. Pergerakan penumpang di Bandara Internasional Lombok mencapai 1,44 juta

Jelang WSBK 2022, Busy Airlines akan membuka penerbangan langsung ke Lombok Bandara Internasional Lombok melayani 71.800 penumpang selama acara MotoGP Mandalika (Dok Angkasa Pura I)

Sementara itu, PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok melaporkan pergerakan jumlah penumpang mencapai 1,4 juta dan 15.166 pesawat untuk periode Januari hingga September 2022.

Dibandingkan tahun 2021, ini berarti pertumbuhan 103 persen (penumpang) dan 74 persen (pesawat). Saat itu, Bandara Lombok hanya melayani 706.000 pergerakan penumpang dan 8.711 pergerakan pesawat.

“Pertumbuhan jumlah pergerakan penumpang dan pergerakan pesawat di Bandara Lombok tahun ini menunjukkan bahwa industri penerbangan kita mulai pulih setelah pandemi,” kata Rahmat Adil Indrawan, general manager Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok.

Rahmat optimistis pertumbuhan penumpang akan semakin positif dalam tiga bulan ke depan. Selain itu, Lombok akan menjadi tuan rumah berbagai event internasional seperti Ironman 70.3 Triathlon, kompetisi Shell Eco Marathon, WSBK 2022 dan Libur Natal Tahun Baru.

Sebagai catatan, penumpang bandara Lombok melonjak saat balapan MotoGP Mandalika 2022 di mana ada 199.591 penumpang dan 2.116 pesawat. Rata-rata dalam sehari ada 6.400 penumpang dan 68 pesawat.

Baca juga: Penerbangan Langsung Lombok – Singapura Hingga 16 Oktober 2022

Source: ntb.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button