Candi Mangkunegaran Ramai Wisatawan, Pengunjung Mencapai 1.000 Orang Akibat Minimnya "Tour Guide" - WisataHits
Jawa Tengah

Candi Mangkunegaran Ramai Wisatawan, Pengunjung Mencapai 1.000 Orang Akibat Minimnya “Tour Guide”

SOLO, KOMPAS. com – Candi Mangkunegaran di Kota Solo, Jawa Tengah, dipadati pengunjung saat liburan akhir tahun. Hanya dalam waktu tiga hari, lebih dari 1.000 pengunjung datang ke resepsi Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

“Dalam tiga hari terakhir kami memiliki lebih dari 1.000 pengunjung per hari. Kemudian mudah-mudahan nanti sampai akhir tahun bisa tetap stabil,” kata Joko Pramedyo, Pelaksana Tugas Pengelola Pariwasata Candi Mangkunegaran, Kamis (29/12/2022).

Joko mengaku kekurangan atau memiliki pemandu wisata pemandu wisata karena banyaknya pengunjung. Dia mengatakan pada hari-hari biasa kehadirannya di bawah 500 orang.

Baca Juga: Mulai Januari 2023, masyarakat umum yang naik BST Solo akan dikenakan tarif Rp 3.700

Ia pun memanggil sejumlah mantan magang ke Candi Mangkunegaran untuk memandu para wisatawan.

“Kami menghubungi mahasiswa yang sudah magang di sini untuk membantu menerima tamu yang masuk ke Mangkunegaran,” ujarnya.

Ia mengatakan keberadaan perpustakaan budaya di Candi Mangkunegaran telah membantu menarik wisatawan. Selain itu, ini juga sebagai bentuk keterbukaan terhadap Pura Mangkunegaran yang dipimpin oleh Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X, Gusti Pangeran Haryo (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo.

“Juga lebih terbuka, dibantu dengan adanya perpustakaan sebagai bahan penunjang. Sehingga bisa menjadi daya tarik wisatawan,” jelasnya.

Di sisi lain, Joko mengaku menggelar pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Pendopo Pura Mangkunegaran juga turut meningkatkan jumlah wisatawan yang datang.

“Selain itu, kemarin ada syukuran dari Mas Kaesang untuk membantu promosi Candi Mangkunegara secara nasional. Kemudian saat musim liburan itu membludak cukup sehari, bisa menembus lebih dari 1.000 orang,” katanya.

Saat ini ada sejumlah paket wisata yang ditawarkan kepada pengunjung Candi Mangkunegaran. Diantaranya adalah wisata candi Mangkunegaran, demo masak kue monyet Mangkunegaran, kelas menari gaya Mangkunegaran, foto pakaian adat dan kelas pengenalan aksara Jawa.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button