Jokowi minta IKN jadi proyek strategis nasional - WisataHits
Jawa Barat

Jokowi minta IKN jadi proyek strategis nasional

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi terbang ke Austria untuk menjajaki peluang kerja sama pembangunan ibu kota negara baru.

Perbesar

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi terbang ke Austria untuk menjajaki peluang kerja sama pembangunan ibu kota negara baru.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi terbang ke Austria untuk menjajaki peluang kerja sama pembangunan ibu kota negara baru. Salah satunya nanti adalah pembangunan kereta gantung di IKN Nusantara.

Kunjungan kerja ini dilakukan bersama Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa.

Dalam kunjungan kerjanya ke Austria, Menteri Perhubungan dan Menteri PPN mengunjungi kantor Doppelmayr Garaventa Group di Wolfurt, Austria, untuk bertemu dengan CEO Doppelmayr Dr. Thomas Pichler, serta melihat secara langsung sistem konstruksi dan manajemen kereta gantung.

Doppelmayr Garaventa Group adalah produsen internasional kereta gantung dan penggerak orang untuk resor ski, lalu lintas kota, taman hiburan, dan teknologi konveyor.

Pada 2019, perusahaan telah melakukan lebih dari 15.000 instalasi di 96 negara. Menurut Menhub, kunjungan tersebut memberikan wawasan berharga tentang teknologi kereta gantung yang dikembangkan oleh Doppelmayr.

“Kukira memandu Bapak Menteri Bappenas menyiapkan IKN. Dan kami juga akan mengembangkan kereta gantung sebagai moda transportasi ramah lingkungan untuk melayani mobilitas dan pariwisata di kawasan inti pemerintah pusat di IKN,” katanya mengutip keterangan resmi, Jumat (9 Februari 2022).

Di IKN, kereta gantung akan berfungsi sebagai layanan transportasi untuk menghubungkan kawasan bisnis dan komersial dengan kawasan pemukiman IKN.

Tidak hanya di IKN, kereta gantung juga dapat digunakan di banyak daerah di Indonesia untuk menghubungkan daerah perbukitan atau sulit dijangkau serta untuk dijadikan objek wisata.

Dalam kesempatan ini, Menhub juga mengundang Doppelmayr dan sejumlah perusahaan di Austria untuk berpartisipasi dalam pembangunan dan pengembangan sistem transportasi kereta api di Indonesia, khususnya kereta gantung.

Ini termasuk bekerja pada pengembangan personel dalam teknologi kereta gantung, melalui pelaksanaan program pertukaran personel dan program lainnya.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut, Plt. Dirjen Perkeretaapian Zulmafendi, Deputi Bidang Perekonomian Kementerian PPN/Bapennas Amalia Adininggar Widyasanti dan pejabat Kementerian Perhubungan dan Kementerian PPN/Bapennas.

Source: m.liputan6.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button