Liburan sambil kuliah, 5 destinasi wisata sejarah di Yogyakarta ini bisa jadi pilihan - WisataHits
Yogyakarta

Liburan sambil kuliah, 5 destinasi wisata sejarah di Yogyakarta ini bisa jadi pilihan

3. Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo menyimpan ribuan koleksi benda-benda bersejarah Indonesia yang bernilai budaya. Museum ini memiliki beberapa ruang pameran antara lain ruang boneka, senjata, topeng, batik, ukiran, logam, mainan, prasejarah dan Bali.

Museum ini terletak di Jalan Pangurakan No. 6, Yogyakarta. Selain menyimpan koleksi benda-benda bersejarah, museum ini sering menyelenggarakan pertunjukan wayang dan seni.

4. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu merupakan destinasi wisata yang tepat untuk mempelajari sejarah dan budaya Jawa pada masa lalu. Museum ini menawarkan dua paket wisata yaitu Adiluhung Mataram Tour dan Vorstenlanden Tour.

Adiluhung Mataram Tour mengeksplorasi budaya luhur Mataram melalui koleksi lukisan, fotografi, puisi dan batik yang diceritakan secara ‘dongeng’. Dalam tur ini, pengunjung akan belajar tentang bunga biru Mataram dan akan diajak memasuki kisah hidup mereka dalam dimensi potret diri, puisi, dan foto.

Sementara itu, Vorstenlanden Tour mengajak pengunjung menelusuri sejarah keperkasaan duniawi Jawa serta masa keemasan Kesultanan Yogyakarta dan Sunanat Surakarta melalui kumpulan mahakarya. Pengunjung juga bisa singgah di Esther Huis, rumah bergaya India dengan koleksi kebaya, batik, dan dekorasi antik budaya India yang merupakan akulturasi dari tiga budaya yakni Jawa, Belanda, dan Cina.

Para pengunjung yang datang diinformasikan tentang sejarah dan budaya oleh pemandu wisata di tempat. Museum ini terletak di Jalan Boyong km 25, Sleman, Yogyakarta.

5. Taman Sari

Peninggalan budaya Keraton Yogyakarta ini dibangun sebagai tempat bagi Sultan dan keluarganya untuk bersantai dan menenangkan diri. Taman Sari memiliki bangunan dengan perpaduan gaya Portugis dan Jawa.

Kompleks Taman Sari yang terletak di Jalan Tamanan, Patehan, Yogyakarta ini cukup luas untuk dijelajahi dengan banyak spot yang bisa dijadikan spot foto. Wisatawan dapat berkeliling kompleks dengan pemandu wisata yang disediakan.

(Resla Aknaita Chak)

Source: m.liputan6.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button