Wisata Wonogiri yang populer dan menarik, bisa jadi pilihan destinasi liburan - WisataHits
Jawa Tengah

Wisata Wonogiri yang populer dan menarik, bisa jadi pilihan destinasi liburan

Wisata Wonogiri yang populer dan menarik, bisa jadi pilihan destinasi liburan

Merdeka.com – Mengisi waktu liburan dengan mengunjungi berbagai tempat wisata memang menjadi kegiatan yang menyenangkan. Selain bisa menikmati waktu bersama keluarga atau teman, kegiatan liburan juga bisa membantu memulihkan tubuh dari hiruk pikuk kehidupan sehari-hari. Hal ini memungkinkan tubuh dan pikiran untuk kembali bugar dan siap untuk aktivitas sehari-hari.

Jika Anda tidak harus bepergian jauh ke luar negeri, Indonesia memiliki beragam tempat wisata yang menarik dan populer untuk dikunjungi. Wonogiri merupakan daerah dengan berbagai obyek wisata menarik yang layak untuk dikunjungi. Wonogiri adalah sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo di Jawa Timur.

Artikel media taboola

Wisata Wonogiri identik dengan objek wisata populer Waduk Gajah Mungkur. Selain itu, ada beberapa wisata Wonogiri lainnya yang tidak kalah populer dan menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Mulai dari Danau Claket dengan air yang luas dan bersih, Puncak Secokro yang menghadap ke perbukitan hijau yang asri, Pantai Nampu, Pantai Semukan hingga Air Terjun Giri Manik yang sejuk.

Bagi Anda yang berkunjung ke Wonogiri atau Ponorogo, jangan lewatkan tempat wisata berikut ini. Dari berbagai sumber, berikut kami rangkum beberapa wisata Wonogiri yang bisa menjadi pilihan Anda.

2 dari 4 halaman

Wisata Wonogiri Populer: Danau Clakett, Puncak Secokro

Danau Claket

©2020 dream.co.id/Danau Clalet

Tempat wisata Wonogiri pertama yang populer untuk dikunjungi adalah Danau Clakett. Seperti namanya, tempat wisata ini berupa danau bernama Ranu Kumbolo di Gunung Semeru.

Di sini Anda bisa melihat air laut yang luas dan bersih. Di sekitar danau dikelilingi perbukitan dengan rerumputan hijau dan pepohonan. Tak heran jika Anda akan merasakan suasana segar dan sejuk saat berkunjung ke tempat wisata ini.

Selain itu, jalan menuju danau juga ditumbuhi berbagai bunga, yang semakin memperkaya pemandangan di sekitarnya. Tentu saja Anda bisa bersantai di sini sambil menikmati pemandangan hijau dan air danau yang tenang. Kabin atau gazebo juga tersedia untuk Anda duduk dan bersantai dengan nyaman bersama teman dan keluarga.

Jangan lupa untuk berfoto dengan background yang menarik saat mampir ke sini. Jika Anda tertarik, Anda bisa datang langsung ke lokasi di bukit Widodaren yang hanya berjarak 30 menit dari kota Wonogiri. Cukup bayar tiket masuk 5.000 rupiah, kamu sudah bisa menikmati pemandangan indah dan asri di sini.

Tempat wisata populer selanjutnya dari Wonogiri adalah Puncak Secokro. Puncak Secokro merupakan objek wisata dataran tinggi di Desa Bekalaran, Kecamatan Purwantoro, Wonogiri. Di sini Anda bisa melihat pemandangan alam dengan lebih jelas dari atas. Pemandangan pegunungan yang terlihat hijau dari kejauhan tentu sangat menyejukkan mata.

Jika ke lokasi pada pagi hari, Anda harus sedikit lebih berhati-hati, karena masih diselimuti kabut tebal yang menjadi ciri khas pegunungan. Kehati-hatian juga diperlukan di puncak, terutama saat mendaki ke sudut pandang, karena tepi di sekitarnya adalah ngarai. Selalu perhatikan saran pengelola agar Anda dapat menikmati liburan dengan aman dan nyaman.

3 dari 4 halaman

Wisata Wonogiri Populer: Pantai Nampu, Pantai Semukan

Wisata Wonogiri yang populer dan menarik bisa menjadi pilihan destinasi liburan

© 2022 Merdeka.com/piknikwisata.com

Wisata Wonogiri populer berikutnya adalah Pantai Nampu. Bagi Anda yang menyukai wisata pantai, pemandangan alam di Pantai Nampu sayang untuk dilewatkan. Di sini Anda bisa melihat pemandangan pantai yang panjang dengan perbukitan kapur yang mengelilingi pantai.

Pasir putih di pantai ini berpadu sempurna dengan airnya yang biru jernih. Meski demikian, ombak di Pantai Nampu cukup besar dan banyak terdapat bebatuan tajam, sehingga pengunjung dilarang berenang di pantai ini.

Namun, Anda bisa menikmati waktu santai sambil merenungkan pemandangan alam yang eksotis dan bermain pasir di tepi pantai. Kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 5.000 rupiah, kamu sudah bisa langsung melihat panorama alam yang indah di Pantai Nampu ini seperti lukisan.

Jika Anda kurang puas dengan Pantai Nampu, ada wisata pantai lain di Wonogiri yang bisa Anda coba. Pantai Is Semukan merupakan objek wisata pantai di ujung kota Wonogiri. Di sini Anda bisa melihat pantai yang cukup luas menghadap perbukitan karst tinggi yang ditumbuhi pepohonan hijau.

Di pinggir pantai juga terdapat bebatuan khas yang membuat pemandangan di sekitarnya semakin menarik. Meski demikian, belakangan ini bebatuan di pantai begitu tajam sehingga membuat Anda tidak nyaman saat ingin bermain air. Nikmati saja pemandangan pantai di pinggirnya sambil mengambil foto-foto unik kawasan tersebut.

Ini bisa menjadi rekomendasi wisata yang murah dan terjangkau karena biaya masuknya hanya 3.000 rupiah. Anda bisa mengajak teman atau keluarga untuk menghabiskan waktu liburan di objek wisata ini.

4 dari 4 halaman

Wisata Wonogiri Populer: Gua Putri Kencono, Air Terjun Giri Manik

Wisata Wonogiri yang populer dan menarik bisa menjadi pilihan destinasi liburan

© 2022 Merdeka.com//lorkidul.com

Gua Putri Kencono juga merupakan salah satu wisata Wonogiri populer yang bisa menjadi pilihan Anda selanjutnya. Wisata alam berupa goa ini terletak di kawasan Gunung Sewu, tepatnya di desa Wonodadi yang tidak jauh dari pusat kota Wonogiri yang berjarak sekitar 45 km.

Memasuki goa Anda akan melihat pemandangan alam yang unik berupa stalaktit dan stalagmit yang diukir dengan indah. Bentuknya juga bervariasi, Anda mungkin melihat bentuk yang menyerupai gigi binatang, candi atau gerbang. Gua kapur ini juga memancarkan warna putih berkilau di sekitar lorong gua yang agak panjang.

Jika tertarik, Anda bisa mengunjungi situs Goa Putri Kencono dan menyiapkan tiket masuk sebesar 5.000 rupiah. Jangan lupa untuk membawa barang-barang yang Anda perlukan untuk menjelajahi gua, mis. B. senter, helm dan sepatu bot yang nyaman. Ada pemandu khusus untuk menemani Anda menjelajahi gua dengan aman.

Tempat wisata terakhir Wonogiri yang populer namun tak kalah menariknya adalah air terjun Giri Manik. Di sini Anda bisa menikmati pemandangan air terjun dari ketinggian yang tampak elegan. Tebing bebatuan yang tidak beraturan membuat air terjun indah berkelok-kelok.

Ada tiga air terjun di kawasan ini yang bisa Anda jelajahi sekaligus, yaitu Air Terjun Manikmoyo, Condromoyo dan Tejomoyo. Anda tidak hanya bisa menikmati indahnya pemandangan air terjun, tapi juga bermain air di sekitarnya. Jangan lupa untuk berfoto dengan latar belakang yang menarik saat berada di objek wisata ini.

Jika tertarik, Anda bisa mengunjungi tempat wisata di Desa Girimanik, Wonogiri. Cukup membayar tiket masuk sebesar 5.000 rupiah dan biaya parkir sebesar 2.000 rupiah, Anda sudah bisa menikmati pemandangan alam di tempat ini dengan puas.

(mdk/ayi)

TOPIK TERKAIT

lagi

Taboola di bawah Artikel

Source: m.merdeka.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button