Pura Sari Boyolali, cara lain untuk menikmati Gunung Merapi dan Gunung Merbabu - WisataHits
Yogyakarta

Pura Sari Boyolali, cara lain untuk menikmati Gunung Merapi dan Gunung Merbabu

Candi Sari yang juga dikenal dengan Candi Sari Cepogo merupakan salah satu situs cagar budaya di Boyolali yang dapat dijadikan sebagai tujuan wisata sejarah.

Di kecamatan Cepogo tidak hanya terdapat Candi Sari, tetapi juga candi lain dari Kerajaan Mataram Hindu yang jaraknya cukup dekat satu sama lain.

Sehingga wisata sejarah Anda di Cepogo tidak akan lengkap jika tidak mengunjungi dua situs peninggalan sejarah tersebut.

Kompleks Candi SariSitus Candi Sari. Google Maps. Sumber: windu dolandolan

lihat juga: Waduk di Taman Cengklik

Biasanya orang tidak begitu tertarik saat diajak, atau bahkan menyempatkan diri untuk berlibur mengunjungi suatu situs atau pura, namun letak kedua pura ini bisa menjadi daya tarik tersendiri.

Penasaran? Inilah Review Lengkap Candi Sari Cepogo, Boyolali!

Situs Pura Boyolali Sari

Lokasi dan Alamat Candi Sari terletak di Dusun Candisari, Desa Gedangan, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Rute Menuju Pura Sari Boyolali

Rute menuju Candi Sari jika dari pusat kota Boyolali menuju Jl. Senopati, belok kiri di Jl. jambu biji. Di bundaran, arahkan ke Jl. kantil.

Kemudian belok kiri ke Jl. Cipego, jalan terus sampai tiba di Jl. Tegalrejo lalu Jl. Kerajaan Gedangan. Lokasi Pura Sari Boyolali berada di sisi kiri jalan.

Akses jalan bisa dilalui dengan kendaraan roda 2 atau 4, namun jalurnya cukup menanjak dan berkelok-kelok. Jadi pastikan kondisi kendaraan dalam kondisi prima.

Lokasi Pura SariLokasi Pura Sari. Google Maps. Sumber: tri jacko

lihat juga: Air Terjun Semuncar

Harga tiket masuk Candi Sari Boyolali

Tiket masuk Candi Sari Boyolali gratis.

Jam buka Pura Sari Boyolali

  • Jam buka Candi Sari Boyolali mulai pukul 07.00 hingga 17.00
  • Buka setiap hari Senin sampai Minggu

Fasilitas Pura Sari Boyolali

Fasilitas yang ada di sekitar kawasan wisata Candi Sari Boyolali belum terlalu memadai. Hanya sisa-sisa candi, pos jaga dan taman yang indah yang terlihat.

Candi SariCandi Sari. Google Maps. Sumber: Chang Chandra

lihat juga: masjid cipto mulyo

Daya Tarik Pura Boyolali Sari

1. Sejarah Candi Sari

Nama Candi Sari tidak hanya ditemukan di Boyolali tetapi juga di Kalasan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Candi Sari di Sleman atau dikenal juga dengan nama Candi Bendah merupakan situs sejarah milik candi Budha yang diperkirakan dibangun pada abad ke-8 dan ke-9.

Sedangkan Candi Sari di Cepogo, Boyolali merupakan candi Hindu karena ditemukannya Lingga Yoni dan arca Nandi tanpa kepala yang dipercaya sebagai kendaraan Dewa Siwa.

Pura Sari Boyolali sering dijadikan tujuan kunjungan anak sekolah untuk belajar tentang peninggalan atau sejarah di Boyolali.

2. Menikmati Gunung Merapi dan Gunung Merbabu

Cara lain menikmati Gunung Merbabu dan Merapicara lain untuk menikmati Gunung Merbabu dan Merapi. Google Maps. Sumber: B. Agus Harsono

lihat juga: museum rhamong wardoyo

Pura Sari Boyolali berada di ketinggian sekitar 991 meter di atas permukaan laut, sehingga keluasan keindahan alamnya bisa dirasakan. Meski berada dipinggir jalan, akses menuju Candi Sari hanya bisa dilalui dengan sepeda motor, namun hanya bisa ditempuh dengan sepeda motor.

Jadi jika Anda bepergian dengan mobil, Anda dapat memarkir kendaraan di pinggir jalan dan kemudian melanjutkan dengan berjalan kaki.

Jika cuaca bagus atau cerah, Anda bisa melihat Gunung Merapi dan Gunung Merbabu secara bersamaan. Hingga tempat wisata bersejarah ini juga bisa dijadikan cara lain untuk menikmati dua gunung paling fenomenal tersebut.

3. Candi Lawang

Lokasi Candi Sari sangat dekat dengan Candi Lawang yaitu sekitar 1,4 km dan dapat ditempuh dengan waktu tempuh sekitar 4 sampai 5 menit. Yaitu dengan menuju Balai Desa Gedangan, lalu belok kanan lalu belok kiri setelah melewati masjid.

Peninggalan kerajaan Mataram Hindu ini konon bentuknya mirip dengan candi Prambanan di Jogja. Dinamakan Candi Lawang karena di candi terbesar terdapat sebuah tempat yang menyerupai pintu.

Candi LawangCandi Lawang. Google Maps. Sumber: windu dolandolan

baca juga: pengging pengging

Ada 5 lokasi pembangunan candi di sekitar Candi Lawang, yaitu:

  • candi utama,
  • Candi Prawira 1,
  • Candi Prawira 2,
  • Candi Prawira 3 dan
  • Candi Prawira4.

Candi Lawang memiliki lebih banyak tempat bersejarah dibandingkan Candi Sari, namun perbedaannya adalah Candi Sari dihiasi dengan taman dan pemandangan yang indah.

Menyimpulkan

Mengunjungi tempat-tempat bersejarah seperti Candi Sari dan Candi Lawang dapat menambah khazanah pengetahuan kita tentang sejarah dan peninggalan masa lampau.

Begitulah orang-orang hebat di masa lalu, yang bisa membangun bangunan seperti candi tanpa menggunakan peralatan canggih.

Jadi mari kita bersama-sama menjaga situs bersejarah ini. Jangan corat-coret apalagi merusaknya, oke!

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button