Liburan akhir tahun di Kawasan Pantai Gunungkidul, jalan searah bila terjadi kemacetan disisi semua - WisataHits
Yogyakarta

Liburan akhir tahun di Kawasan Pantai Gunungkidul, jalan searah bila terjadi kemacetan disisi semua

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Satuan Lalu Lintas Polres Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memetakan jalur rawan kecelakaan dan kemacetan saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Oleh karena itu, khususnya di wilayah pesisir, polisi akan melakukan rekayasa arus satu arah saat jalan mulai padat.

Kapolres Gunungkidul Kasatlanta AKP Antonius Purwanta mengatakan, pihaknya telah mengidentifikasi daerah mana saja yang rawan kecelakaan dan kemacetan.

Baca juga: Telaga Jonge Gunungkidul Buka Malam Tahun Baru, Bebas Masuk

“Jadi untuk daerah rawan kecelakaan hanya ada satu ruas jalan Wonosari-Yogyakarta tepatnya di Siyono, Logandeng, Playen,” kata Purwanta. Kompas.com melalui telepon, Jumat (23/12/2022).

Menurutnya, kondisi jalan lurus dan banyak kendaraan yang melaju cukup kencang. Ruas jalan tersebut sebelum memasuki kota Wonosari jika Anda datang dari Yogyakarta.

Upaya kepolisian menyambut libur akhir tahun ke Gunungkidul

Untuk mengantisipasi kecelakaan, lanjutnya, petugas dan patroli akan dikerahkan pada jam-jam sibuk seperti pagi dan sore hari. Mereka juga akan memasang peringatan kepada pengguna jalan untuk berhati-hati.

“Kami juga mengimbau kepada petugas parkir agar tidak memarkir kendaraannya di bahu jalan,” kata Purwanta.

Baca Juga : Wisatawan Akhir Tahun di Gunungkidul Diharapkan Tiba 20 Desember 2022

Purwanta mengatakan ada daerah rawan kemacetan di sepanjang jalur wisata pantai. Pihaknya juga akan melakukan patroli rutin dan menerjunkan personel ruas jalan.

“Nanti kalau ada kemacetan akan digiring satu arah ke pantai,” kata Purwanta.

Pantai Wediombo, Gunungkidul.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Pantai Wediombo, Gunungkidul.

Kapolres Gunungkidul AKBP Edy Bagus Sumantri mengatakan potensi kerawanan selama libur Nataru antara lain Covid-19, bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan angin kencang.

Ada juga kemungkinan perkelahian antara anak muda dan Asosiasi Sepeda motor dan kejahatan lain yang sangat memprihatinkan.

“Total ada 579 pegawai gabungan yang kami kerahkan. Prioritas keselamatan adalah 5 Gereja, 4 Pospam, 8 Pemandu Wisata dan 22 Jalur. Termasuk mempersiapkan teknologi arus lalu lintas,” ujar Edy.

Baca Juga: Gunungkidul Targetkan 148.000 Kunjungan Wisatawan Selama Libur Nataru

Sebelumnya, Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta, dikunjungi lebih dari 140.000 wisatawan selama liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) dari 24 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023.

“Target kami pada hari raya Natru adalah 148.305 wisatawan yang akan berkunjung ke kami,” kata Mohammad Arif Aldian, Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul. Kompas.com melalui telepon, Kamis (15/12/2022).

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button