Libur Tahun Baru 2023, 9 ruas tol di Jatim rawan macet - WisataHits
Jawa Timur

Libur Tahun Baru 2023, 9 ruas tol di Jatim rawan macet

Surabaya

Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim menyebut ada 9 ruas tol di Jatim yang berpotensi mengalami kemacetan saat liburan Tahun Baru 2023. Sejumlah langkah proaktif telah disiapkan oleh Dishub.

Kadishub Jatim Nyono mengatakan, salah satu titik rawan kemacetan adalah pintu keluar tol Singosari, Malang. Diperkirakan banyak wisatawan yang akan menghabiskan liburan akhir tahun di Kota Batu dan Malang melalui jalan tol. Dishub telah menyiapkan beberapa opsi untuk mengatasi kemacetan di pintu keluar tol.

“Penanganan kemacetan untuk gardu tol dioptimalkan dengan membukanya Sasaran Tol, sistem jemput bola, penambahan petugas di lapangan, optimalisasi GTO (penghalang tol otomatis),” jelas Nyono, Jumat (30/12/2022).

“Untuk kemacetan di persimpangan, penanganan kami adalah menerapkan MRLL di titik-titik persimpangan padat. Termasuk kemacetan di SPBU atau rest area di jalan tol, sistem buka tutup saat terjadi kemacetan,” lanjutnya.

Untuk mencegah kemacetan di kawasan wisata, Nyono mengatakan akan ditata tempat parkir dan rambu-rambu agar wisatawan tidak menumpuk untuk masuk ke kawasan wisata.

“Untuk mengatasi kemacetan di pasar tumpahan, kami berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk menerjunkan petugas di lokasi dan menyiapkan perlengkapan jalan portabel Mulailah kerucut lalu lintas sampai penghalang air,” dia menambahkan.

Inilah 9 ruas tol di Jawa Timur yang rawan macet saat libur tahun baru 2023:

1. Keluar tol kota

2. Gerbang Tol Pandaan

3. Pintu Tol Singosari

4. Tol Jembatan Gunungsari KM 12 Surabaya-Gempol

5. Gol Sidoarjo II

6. Gardu Tol Utama Jepang

7. Jalan Tol Porong-Sidoarjo KM 763

8. Pintu keluar tol Warugunung

9. Keluar dari pintu tol Manyar

Ikuti berita menarik lainnya di Google News.

Simak video “Daftar Jalan Tol yang Beroperasi Saat Mudik Beserta Tarifnya”.
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/dte)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button