Libur Nataru 2023, BPBD Jatim pantau 9 daerah rawan tsunami - WisataHits
Jawa Timur

Libur Nataru 2023, BPBD Jatim pantau 9 daerah rawan tsunami

Surabaya

BPBD Jatim akan terus memantau pantai selatan Jatim, khususnya pada saat Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru) karena pantai selatan Jatim telah ditetapkan oleh BMKG sebagai bencana rawan tsunami.

“Mereka bilang rentan, apapun yang ada di pantai selatan berpotensi bencana. Jatim memang jendela bencana, meski di selatan kami khusus siaga tsunami, seperti yang selalu disampaikan BMKG, kondisi itu berpotensi terjadi sewaktu-waktu,” kata Gatot Soebroto, Kepala BPBD Jatim, Sabtu. (17/12).2022).

Gatot mengungkapkan saat Nataru saat itu ada 8 wilayah pesisir selatan yang penting bagi BPBD Jatim. Delapan daerah tersebut adalah Banyuwangi, Jember, Lumajang, Kabupaten Malang, Kabupaten Blitar, Tulungagung, Trenggalek, dan Pacitan.

Di 8 daerah tersebut, lanjut Gatot, masing-masing memiliki tempat wisata, terutama pantai. Di sini BPBD Jatim akan berkoordinasi dengan Kabupaten/Kota terutama untuk melindungi kawasan wisata yang bisa dipadati warga saat momen Nataru.

“Yang paling penting adalah bagaimana kita bekerja sama dan berkoordinasi dengan lingkungan dan relawan. Kami juga terus meningkatkan keterampilan teman-teman dengan berpartisipasi Pelatihan. Kemampuan akan terus ditingkatkan sehingga siap saat dibutuhkan dan kami pantau di tempat-tempat yang rawan bencana,” jelasnya.

Selain wilayah selatan, ada juga wilayah yang berpotensi tsunami namun secara inheren sangat kecil, yaitu Situbondo. Situbondo sering dilanda gelombang pasang pantai.

Gatot juga mengimbau warga kali ini untuk selalu waspada pada hari raya Nataru karena Jawa Timur telah memasuki musim hujan. Dikhawatirkan ada potensi cuaca ekstrem dan dampak bencana hidrometeorologi.

“Kami meminta warga setempat untuk terus berjalanMemperbarui Kondisi cuaca melalui situs BMKG akan terus dilakukan pengecekan secara berkala. Dengan kewaspadaan, kita bisa meminimalisir dampak kondisi cuaca ekstrem,” kata Gatot.

Berikut 9 wilayah di Jawa Timur yang memiliki potensi kerawanan tsunami berdasarkan peta BPBD Jawa Timur:

1. Kabupaten Situbondo

2. Kabupaten Banyuwangi

3. Kabupaten Jember

4. Kabupaten Lumajang

5. Kabupaten Malang

Kabupaten Blitar ke-6

7. Kabupaten Tulungagung

8. Kabupaten Trenggalek

9. Kabupaten Pacitan

Simak video “Deteksi potensi tsunami 10 meter di Cilacap, BMKG menginformasikan kepada masyarakat”.
[Gambas:Video 20detik]
(abq/dte)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button