Peta BPBD 8 daerah rawan tsunami di Jawa Tenggara - WisataHits
Jawa Timur

Peta BPBD 8 daerah rawan tsunami di Jawa Tenggara

Surabaya, CNNIndonesia

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timurtelah memetakan delapan daerah rawan bencana di wilayahnya tsunami kategori tinggi.

Ketujuh daerah tersebut terletak di selatan Jawa Timur, antara lain Banyuwangi, Jember, Lumajang, Blitar, Tulungagung, Trenggalek, Malang, dan Pacitan.

BPBD juga fokus pada pengurangan risiko bencana di delapan wilayah tersebut. Apalagi saat ini menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2023.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

“Jadi wilayah di selatan Jawa Timur merupakan wilayah pesisir yang selalu dilaporkan BMKG rawan bencana seperti tsunami, banjir, dan tanah longsor,” kata Gatot Soebroto, Kepala Pelaksana BPBD (Kalaksa) Jatim, Kamis (15/12).

Gatot mengatakan, jika terjadi gempa dengan magnitudo lebih dari 6,5, tsunami bisa terjadi kapan saja di Jawa Timur. Hal ini berpotensi karena adanya megathrust di sisi selatan Jawa Timur. “Karena ada megathrust di Jawa Selatan,” katanya.

Setiap tahun, kata Gatot, laporan BMKG selalu mencatat pergerakan lempeng di zona tersebut. “Rapat lempeng bisa bergerak kapan saja, sekitar 7 milimeter setahun bergerak,” kata Gatot.

Ia pun meminta jajarannya yang berada di daerah yang menjadi tujuan wisata saat libur Natal dan Tahun Baru, yakni Malang, untuk waspada. Di kawasan ini, kata Gatot, banyak rawan bencana banjir dan tanah longsor.

“Daerah di Jawa Tenggara dengan potensi wisata yang banyak dikunjungi pengunjung, seperti daerah Malang,” ujarnya.

“Makanya kami minta kepada BPBD di daerah untuk selalu siaga dan menyiapkan personel untuk mengantisipasi bencana,” pungkas Gatot.

(frd/wiw)

[Gambas:Video CNN]

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button