Libur Natal dan Tahun Baru, Pelni optimalkan peluang wisata dengan kapal darurat - WisataHits
Jawa Timur

Libur Natal dan Tahun Baru, Pelni optimalkan peluang wisata dengan kapal darurat

TEMPO.CO, jakarta – PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) memanfaatkan peluang bisnis pariwisata selama liburan Natal dan Tahun Baru 2023. Direktur Utama Pelni Tri Andayani mengatakan, pihaknya terus menggali potensi wisata dengan kapal-kapal yang ditugaskan.

“Caranya? Ada pemandangan menarik di setiap rute di tempat tujuan atau persinggahan, pasti akan kami sampaikan ke penumpang. Itu sudah kami mulai,” kata Andayani dalam acara BUMN Kopi di Kementerian BUMN, Senin, 12 April lalu. 2022.

Baca: Libur Natal dan Tahun Baru, Pendapatan Proyek Pelni Naik 99 Persen Jadi Rp 121 Miliar

Andayani mengatakan Pelni memiliki dua program wisata, yakni Pelni Lifestyle dan City Tour. Pelni Lifestyle merupakan program yang membagi kegiatan meeting, incentive, congress and exhibition (MICE) atau program yang umumnya dilakukan di gedung-gedung.

Sedangkan program City Tour merupakan program yang ditujukan untuk penumpang transit. Program ini bekerja sama dengan perusahaan yang menyelenggarakan perjalanan angkutan darat, baik Damri sebagai perusahaan negara, perusahaan wisata swasta maupun dinas pariwisata setempat.

“Program ini diawali dengan city tour Surabaya. Tapi selain di Surabaya juga dilakukan di beberapa kota di Indonesia bagian timur,” kata Andayani.

Selain itu, Andayani memproyeksikan pendapatan minimal Rp 121 miliar pada periode Nataru ini. Prakiraan ini dihitung berdasarkan ketersediaan kapal yang disiapkan Pelni untuk pelayaran selama periode tersebut musim ramai– yang ditetapkan Pelni pada 11 Desember 2022 sampai dengan 8 Januari 2023.

Pelni menyiapkan 26 kapal penumpang berkapasitas 32.447 kursi dan 43 kapal perintis berkapasitas 16.706 kursi. Jadi total ada 49.153 kursi yang disiapkan Pelni untuk perjalanan di periode Nataru.

“Tiket tanggal 11-31 Desember terjual 82.000 tempat duduk. Untuk pengembalian 1–1 Januari, 5.400 terjual tempat duduk” ucap Andayani.

Baca juga: Semester I 2022, penumpang kapal PT Peni naik 155 persen

Ikuti berita terbaru Tempo di Google News, klik di sini.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button