Libur Imlek, Wisnus Tembus 101 Juta Kunjungan - WisataHits
Yogyakarta

Libur Imlek, Wisnus Tembus 101 Juta Kunjungan

Libur Imlek, Wisnus Tembus 101 Juta Kunjungan

JAKARTA, investor.id – Pemerintah menargetkan hingga 101 juta pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) pada Januari 2023, sejalan dengan libur Imlek pada 21-23 Januari 2023. Serangkaian program promosi dan atraksi telah disiapkan untuk lebih menarik wisatawan pada berlibur ke berbagai destinasi wisata di Indonesia. Pemerintah juga mempercepat perbaikan infrastruktur pariwisata untuk mengejar target 1,2-1,4 miliar pergerakan wisatawan domestik dan 3,5-7,4 juta kunjungan wisatawan mancanegara pada tahun 2023.

“Januari ini, strategi kami fokus pada kegiatan menarik seperti Lunar Festival, Chinese New Year Food Exhibition, Lion Dance Festival dan lain-lain. Puncaknya adalah perayaan Cap Go Meh di Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Nanti juga ada KEN (Kharisma Event Nusantara),” kata Wakil Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif (Kemenparekraf) Ni Made Ayu Marthini di Jakarta, Jumat (20/1/2023). .

Ia menambahkan, pihaknya menyiapkan sederet strategi berbeda setiap bulannya untuk mencapai tujuan menggerakkan wisatawan domestik hingga akhir tahun. Kesinambungan tema program dengan keragaman acara Hal ini diharapkan mampu mendongkrak pergerakan dan belanja pariwisata.

“Misalnya kita fokus pada Lion Dance Festival di bulan Januari, nanti di bulan Februari akan ada Mother Earth Month yang menampilkan wisata petualangan Geopark, camping dan lainnya. Kemudian pada bulan Maret tema yang diusung adalah Bulan Film dengan marathon film Indonesia dan tour lokasi, film,” ujarnya.

Baca juga: CMK memperkenalkan filter Instagram untuk merayakan Tahun Baru Imlek

menarik wisatawan

Selain menghadirkan rangkaian acara, pemerintah juga terus membenahi infrastruktur pariwisata untuk meningkatkan pelayanan dan mendorong kunjungan wisatawan. Hal itu ditegaskan Presiden Joko Widodo kemarin saat berkunjung ke kawasan wisata Bunaken di Sulawesi Utara.

Jokowi berharap turis asing kembali mengunjungi Pulau Bunaken di Sulawesi Utara setelah pemerintah memperbaiki dan memperluas fasilitas di pulau yang dikenal kaya akan keanekaragaman hayati laut itu.

“Kami berharap wisman kembali rajin dan khususnya di Bunaken masuk ke Manado, Sulut. Kami terbuka untuk turis dari semua negara, termasuk China,” kata Jokowi.

Selain di Bunaken, Presiden Jokowi juga meninjau perbaikan infrastruktur pariwisata di Likupang, Kabupaten Minahasa Utara, wilayah Sulawesi Utara (Sulut). “Ini (Likupang) kita tetapkan sebagai kawasan wisata prioritas bersama empat lainnya,” kata Jokowi.

Baca juga: Jumlah penumpang di Bandara Soekarno-Hatta meningkat jelang Imlek

Karena itu, infrastruktur bandara di Sulut diperbaiki dan terminal bisa menampung penumpang dalam jumlah besar. Dari Bandara Sam Ratulangi Manado menuju Likupang melalui jalur darat, sebagian jalan sudah diperbaiki.

“Saya kira kalau dibandingkan dulu jauh, sekarang lancar,” kata Presiden Jokowi, seperti dikutip Antara.

Presiden optimistis dengan suasana seperti itu, akan lebih banyak wisatawan dari Eropa, China, Jepang, dan Korea yang berkunjung ke Likupang. Ini daerah yang menarik selain Bali, Labuan Bajo dan lain-lain, kata Jokowi.

Pariwisata untuk pariwisata

Sementara itu, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo mengatakan dalam rapat kerja dengan Komite III DPD RI di Gedung B DPD RI pada Selasa (17/01/2023) pihaknya menerima 1,2-1,4 miliar pergerakan Wisnus dan 3,5-7,4 juta kunjungan wisman tahun ini. Sektor pariwisata dapat menghasilkan devisa US$2,07 miliar hingga US$5,95 miliar dan berkontribusi 4,1% terhadap PDB.

Baca juga: Libur Tahun Baru Imlek, lalu lintas kendaraan dan penumpang meningkat di Pelabuhan Bakauheni

Sedangkan ekspor produk industri kreatif diperkirakan mencapai US$26,46 miliar atau Rp397,98 triliun. Untuk nilai tambah industri kreatif akan tercapai Rp 1,297 triliun.

“Peringkat Indeks Perjalanan dan Pariwisata dikatakan antara 29 dan 34. Selain itu, target jumlah tenaga kerja pariwisata sebanyak 21,93 juta dan industri kreatif sebanyak 22,59 juta,” kata Wamenparekraf.

Angela juga mengungkapkan capaian pengembangan desa wisata di lima destinasi wisata prioritas pada 2022. Saat ini Kemenparekraf telah mendukung 3.620 desa wisata, baik SDM maupun pengusaha desa wisata. “Kami juga membeli desa wisata yang kreatif. Kami melakukan program orientasi untuk 100 desa liburan ke platform online serta pengembangannya Jejak Peradaban Borobudur, serta sertifikasi desa wisata berkelanjutan. Pada tahun 2022 juga akan dilakukan penguatan jaringan dan manajemen pariwisata dan industri kreatif dasbor investasi parekraf juga bertemu permainan UMKM”, kata Deputi Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif tersebut.

Wamenparekraf juga menyampaikan bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah Asean Tourism Forum 2023 (ATF) dengan tema Asean: A Journey to Wonderful Destinations. Acara ini akan berlangsung dari tanggal 2 hingga 5 Februari 2023 di Yogyakarta. “Akan ada dua acara di ATF. Termasuk pertemuan antara pejabat pemerintah dengan TRAVEX atau Travel Expo yang mempertemukan pemangku kepentingan industri pariwisata,” ujarnya.

Penerbit : Handayani cantik ([email protected])

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button