Libur akhir tahun di pantai, ombak laut di Gunungkidul diperkirakan landai - WisataHits
Yogyakarta

Libur akhir tahun di pantai, ombak laut di Gunungkidul diperkirakan landai

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Ombak laut selama liburan akhir tahun diperkirakan akan tenang. Namun, wisatawan diminta tetap waspada untuk menghindari kecelakaan di laut.

Koordinator Unit SAR Khusus Kawasan 2 Pantai Baron Marjono mengatakan pihaknya sedang mempersiapkan personel untuk menyambut libur Natal dan Tahun Baru. Seluruh 64 anggota SAR akan bersiaga penuh mulai 23 Desember hingga 2 Januari 2023.

“jaga 24 jam. Nanti dibagi beberapa item,” kata Marjono, Rabu (21/12/2022).

Menurutnya, kondisi gelombang diperkirakan landai. Ketinggiannya masih di bawah 10 kaki, masih dalam batas aman.

“Nanti kami akan terus update perkembangannya dan dikomunikasikan kepada nelayan dan pemangku kepentingan pariwisata di kawasan pesisir,” ujarnya.

Namun, dia mengimbau pengunjung untuk berhati-hati terhadap potensi bencana. Selain itu, kondisi saat ini relatif lebih kuat dari biasanya.

“Jadi harus tetap waspada dan berhati-hati agar tidak menjadi korban korban laut,” ujarnya.

Menurut Marjono, untuk alasan keselamatan, armada operasional yang terdiri dari dua jet ski, tiga ambulans, dan tiga perahu jukung sudah diperiksa dan semuanya dapat berfungsi dengan baik.

“Kami juga memeriksa tangki oksigen yang kami miliki. Jika sewaktu-waktu dibutuhkan, bisa digunakan untuk memberikan bantuan,” kata Marjono.

BACA JUGA: Anak-anak di Sleman yang diduga korban peluru nyasar kini sudah lebih baik

Koordinator SAR Satlinmas Special Rescue Region 1 Sunu Handoko mengatakan tidak jauh berbeda. Menurut dia, seluruh karyawan yang berjumlah 35 orang itu akan bersiaga selama liburan akhir tahun.

Dia menambahkan, persiapan tidak hanya menyiagakan seluruh anggota SAR. Pasalnya, pemeriksaan juga dilakukan terhadap kendaraan milik perusahaan sebelum tindakan pengamanan dilakukan.

“Kami memiliki lima ambulans, jet ski, dan beberapa perahu. Sudah kami periksa dan kondisinya normal, sehingga bisa digunakan untuk operasi pengamanan selama liburan Natal dan Tahun Baru,” ujarnya.

DIDUKUNG:

Kisah dua brand kecantikan lokal yang diuntungkan Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button