Libur akhir tahun di Bantul meleset dari target - WisataHits
Yogyakarta

Libur akhir tahun di Bantul meleset dari target

Libur akhir tahun di Bantul meleset dari target

tanpa judul

Krjogja.com – BANTUL – Tujuan kunjungan wisatawan saat liburan Natal dan Tahun Baru 2023 tidak sesuai harapan.

Sebab hingga 31 Desember 2022, menjelang malam pergantian tahun, wisatawan yang berkunjung ke Bumi Projotamansari hanya 102.000 orang. Targetnya ditetapkan 150.000 wisatawan.

Markus Purnomo Adi SE, Kepala Bidang Promosi dan Informasi Pariwisata, Dinas Pariwisata Bantul, Minggu (1/1/2022) mengatakan, target tersebut tidak tercapai, meski jumlah kunjungan wisatawan meningkat pada 1 Januari 2023.

Namun pihaknya meyakini dinamika libur Natal dan Tahun Baru kali ini akan menjadi tonggak kebangkitan sektor pariwisata di Kabupaten Bantul.

“Pada malam pergantian tahun, 18.096 wisatawan mengunjungi pantai Parangtritis. Kemudian pesisir barat Bantul dipadati 1.911 orang. Tapi dengan dicabutnya status PPKM, besar harapan di sektor pariwisata bisa lebih baik lagi ke depannya,” ujar Markus Purnomo.

Target tersebut sulit tercapai karena dipengaruhi beberapa faktor, antara lain cuaca ekstrem dan tidak adanya libur bersama Natal dan Tahun Baru 2023.

Bahkan jika dibandingkan dengan dinamika Natal dan Tahun Baru 2022. Jumlah pengunjung saat ini lebih banyak.

Ia menjelaskan, kunjungan wisatawan Nataru 2023 akan lebih dipusatkan di perkotaan, yakni Kilometer Nol dan Tugu Jogja. Sedangkan di Bantul, Alun-alun Bantul juga ramai dikunjungi orang.

Jika kunjungan wisatawan ke pantai Parangtritis setiap hari sekitar tiga ribu wisatawan, pada hari libur Nataru mencapai enam hingga sembilan ribu wisatawan.

Kondisi ini menjadi tonggak kebangkitan sektor pariwisata di Kabupaten Bantul. Apalagi, sektor ini selama ini menjadi tumpuan masyarakat untuk meningkatkan perekonomian mereka.

Pangdam SAR Arif Nugraha mengatakan seperti biasa mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan saat berkunjung ke Pantai Parangtritis dan sekitarnya. Yang terpenting adalah mematuhi peringatan SAR di lapangan. (Roi)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button