Infrastruktur menentukan kemajuan pariwisata - Harianjogja.com - WisataHits
Yogyakarta

Infrastruktur menentukan kemajuan pariwisata – Harianjogja.com

BANTUL—Pembangunan infrastruktur sangat menentukan kemajuan pariwisata di suatu daerah. Hal itu disampaikan Anggota Komisi B DPRD DIY, Suwardi, usai menghadiri pagelaran objek wisata di Kawasan Wisata Bukit Sri Panjung Dodogan, Desa Jatimulyo, Kapanewon Dlingo, Senin (28/11/2022).

“Di Dlingo, infrastruktur sangat dibutuhkan. Karena luasnya, untuk menuju Bukit Sri Punjung perlu infrastruktur yang memadai,” kata Suwardi.

Menurutnya, membangun infrastruktur di Dlingo merupakan upaya kolaboratif. Selain itu, Dlingo merupakan kawasan strategis terkait visi dan misi Gubernur DIY, yaitu Menghormati Abad Samudera Hindia untuk Kemuliaan Martabat Manusia Jogja.

Dia menegaskan Dlingo, kawasan perbukitan yang rawan longsor, berpotensi merusak destinasi wisata. Oleh karena itu, tujuan pembangunan harus tepat dan berkeadilan. “Pemerataan pembangunan harus menjadi komitmen bersama bagi pemerintah untuk mewujudkan program-program yang baik. Selain itu, masalah kemiskinan di Dlingo juga harus diselesaikan. Oleh karena itu, dua masalah ini perlu ditangani secara komprehensif,” ujarnya.

Program pengembangan objek wisata dapat meningkatkan perekonomian di Dlingo, menurut Suwardi. “Agar pembangunan pariwisata berhasil, maka harus dimiliki oleh seluruh masyarakat. Karena wisatawan membutuhkan pelayanan yang baik selain objek wisata yang menarik,” ujarnya.

Mengembangkan potensi lokal seperti kesenian Jatilan dapat menarik wisatawan, sehingga banyak bermunculan usaha kecil. Pariwisata yang berkembang, kata Suwardi, juga berdampak pada para pengusaha di Dlingo, seperti tukang kayu atau perajin.

Suwardi mengatakan selain pariwisata, sektor pertanian juga bisa dikembangkan di kawasan Dodogan dan Dlingo pada umumnya. Dodogan yang berbatasan dengan Desa Temuwuh dapat mengembangkan Tanaman Tembakau seperti yang berkembang di Temuwuh.

Mengacu pada sifat kawasan yang didominasi perbukitan, hutan rakyat dapat dikembangkan di Dlingo untuk mitigasi potensi longsor. Selain itu, pengembangan agrowisata merupakan potensi pengembangan yang baik. Performa tempat wisata di Bukit Sri Punjung didukung oleh Dinas Pariwisata DIY. Secara umum, Disbud DIY mendukung pengembangan potensi wisata di Dlingo untuk meningkatkan perekonomian warga setempat. (***)

DIDUKUNG:

Kisah dua brand kecantikan lokal yang diuntungkan Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button