Libur Akhir Pekan, Kunjungan Wisatawan ke Destinasi Bantul Naik 75 Persen - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Libur Akhir Pekan, Kunjungan Wisatawan ke Destinasi Bantul Naik 75 Persen – ANTARA News Yogyakarta

Bantul (ANTARA) – Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menemukan kunjungan wisatawan ke destinasi daerah ini meningkat 75 persen pada liburan akhir pekan lalu dibandingkan akhir pekan sebelumnya.

Kepala Dinas Promosi dan Penerangan Dinas Pariwisata Bantul Markus Purnomo Aji saat dikonfirmasi di Bantul, Senin, mengatakan data kunjungan wisatawan ke Bantul selama akhir pekan 29-31 Juli 2022 sebanyak 41.506 orang dengan pendapatan asli daerah. dari Rp 403 juta.

Sementara itu, data yang dikelola pemerintah daerah tentang kunjungan wisatawan ke destinasi Bantul sejak 22 Juli hingga 24 Juli 2022 tercatat sebanyak 23.658 orang dengan pendapatan retaliasi Rp 229,5 juta.

Baca Juga: Penataan Kembali Kawasan Wisata Pantai Depok Aman dari Ombak

“Akhir pekan ini naik 75 persen dibandingkan akhir pekan lalu. Peningkatan ini karena adanya hari raya 1 Muharram atau Suro (Tahun Baru Islam 1444 Hijriah) dan acara budaya di pantai Gua Cemara,” katanya.

Disebutkannya, kawasan di sekitar Pantai Parangtritis masih menjadi destinasi populer bagi wisatawan yang berkunjung ke Bantul, terutama pada malam tahun baru Islam.

“Khusus malam Suro 1 di kawasan Pantai Parangtritis, 6.908 wisatawan datang,” katanya.

Ia mengatakan, bagi wisatawan yang berkunjung ke kawasan Pantai Parangtritis dan melakukan reservasi melalui aplikasi Visitingjogja pada 29-31 Juli, 9.063 orang dari berbagai provinsi datang.

Provinsi asal wisatawan terbanyak adalah Jawa Tengah sebesar 51 persen, disusul Jawa Timur sebesar 25 persen, kemudian 10 persen dari DIY dan sekitarnya bahkan tujuh persen dari Jawa Barat.

“Selain itu DKI Jakarta 1,7 persen, Lampung 1,1 persen, Sumatera Barat 1,1 persen, Bali genap 0,9 persen dan Sumatera Utara 0,6 persen dan Banten 0,6 persen,” katanya.

Ia mengatakan, total data kunjungan wisatawan selama sepekan pada akhir Juli 25-31 Juli sebanyak 52.864 orang dengan pendapatan Rp 513,5 juta.

“Meningkat 52 persen dari kunjungan seminggu yang lalu, yang melihat 34.642 orang berpenghasilan Rp 336 juta,” katanya.

Baca Juga: Pulihkan Perekonomian, DPRD Minta Kulon Progo Siapkan Detil Rencana Infrastruktur Pariwisata

Source: jogja.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button