Tempat, rute, harga dan tips - WisataHits
Yogyakarta

Tempat, rute, harga dan tips

Pantai Porok adalah salah satu pantai terindah di kawasan Gunungkidul. Lokasinya berada di sebelah barat Pantai Sepanjang dan Lolang, sedangkan di sebelah timurnya adalah Pantai Kukup.

Pantai ini berada di balik perbukitan sehingga terkesan tersembunyi, sehingga sedikit orang yang mengetahui keberadaannya.

Pantai Porok tidak terlalu luas namun memiliki pasir putih bersih dan sisa-sisa pecahan kerang yang tersebar di seluruh pantai. Ada banyak keindahan tersembunyi dari pantai ini yang layak untuk dikunjungi peneliti Sebagai tambahan. Berikut informasi mengenai Pantai Porok dan keindahan yang ditawarkannya, yuk simak.

1. Lokasi, jam buka, dan harga tiket

Pantai Porok Gunungkidul: lokasi, rute, harga dan tips liburanPantai Porok Gunungkidul (Instagram.com/inigunungkidul_id)

Pantai Porok terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)

Waktu aktif: Pantai ini buka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 18.00 WIB

harga tiket: Rp 10.000

2. Rute menuju lokasi

Pantai Porok Gunungkidul: lokasi, rute, harga dan tips liburanPantai Porok Gunungkidul (Instagram.com/pantai_porok)

Ada beberapa jalur menuju Pantai Porok yang bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi. Rute berikut tersedia:

  • Rute pertama, dari Di Kota Yogyakarta dapat melewati Jalan Wonosari – Piyungan – Patuk – Sambipitu – Gading atau belok kanan di lapangan terbang – Playen – Paliyan – Trowono – Pantai Baron – Pantai Kukup – Pantai Porok.
  • rute keduadari Kota Yogyakarta ke Jalan Wonosari – Piyungan – Patuk – Gading atau ke Bandara – Kota Wonosari – Jalan Baron – Tepus – Indrayanti – Sundak – Pantai Sepanjang – Pantai Porok.
  • Cara ketigadari Yogyakarta melalui Piyungan – Patuk – Sambipitu – Gading atau Lapangan Terbang – Siono – Kota Wonosari – Jalan Baron – Pantai Baron – Pantai Kukup – Pantai Porok.

Menuju ke arah Pantai Porok, pengunjung tidak dapat memarkir kendaraan pribadi di dekat Pantai Porok karena akses jalan menuju pantai masih sulit dan hanya dapat dilalui dengan berjalan kaki. Biasanya pengunjung parkir di sekitar Pantai Sepanjang dan Pantai Kukup.

Baca Juga: 5 Objek Wisata Pantai Peyuyon, Permata Tersembunyi Eksotis di Gunungkidul

Baca Juga: 10 Wisata Gunungkidul menawarkan panorama yang indah selain pantai

3. Fasilitas yang Tersedia

Pantai Porok Gunungkidul: lokasi, rute, harga dan tips liburanPantai Porok, Gunungkidul (Instagram.com/marselina_lika)

Pantai Porok di Tanjungsari, Gunungkidul memiliki beberapa fasilitas pendukung yang dapat digunakan oleh pengunjung antara lain:

  • Parkir Kendaraan
  • warung makan
  • kamar mandi
  • tempat perkemahan
  • Pekerjaan foto
  • zona tenang

4. Pesona dan hal menarik di Pantai Porok

Pantai Porok Gunungkidul: lokasi, rute, harga dan tips liburanPantai Porok Gunungkidul (Instagram.com/gunungkidulbanget)

Pantai Porok di Gunungkidul merupakan salah satu tempat wisata baru yang masih perawan dan memiliki pesona alam yang memukau. Untuk menuju pantai Porok anda harus mendaki bukit yang cukup tinggi. Saat berjalan menuruni bukit Anda akan disuguhi keindahan pantai yang masih asri.

Pantai Porok memiliki keindahan yang menawarkan sensasi menakjubkan. Pantai ini dikelilingi tebing hijau yang dikelilingi banyak pepohonan membuat tempat piknik ini sejuk dan rindang. Keindahan alam yang masih hidup akan mudah Anda temukan di pantai ini.

Pantai Porok juga memiliki perairan yang tenang dan ombak yang tidak terlalu besar sehingga cocok untuk berbagai aktivitas air seperti berenang. Anda juga bisa melihat berbagai biota laut yang terperangkap di bebatuan yang berserakan. keren kan?

Selain itu, ada fakta menarik tentang Pantai Porok: menurut warga setempat, pantai ini dijadikan kawasan karst oleh sebuah universitas di Yogyakarta sebagai kawasan penanaman melon. Anda dapat menikmati pemandangan pantai plus kebun melon yang indah. Jika ingin berkemah terdapat area terbuka dengan pohon cemara yang biasa digunakan untuk berkemah.

5. Tips liburan seru dan lucu

Pantai Porok Gunungkidul: lokasi, rute, harga dan tips liburanPantai Porok Gunungkidul (Instagram.com/michimomo)

Sebelum anda berlibur ke Pantai Porok, berikut beberapa tips agar liburan anda semakin seru dan menyenangkan :

  • Pastikan tubuh dalam kondisi prima karena akses ke pantai Porok hanya bisa dilakukan dengan berjalan kaki menuruni bukit
  • meletakkannya di losion Perlindungan untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari
  • Jangan lupa membawa bahan makanan, P3K dan perlengkapan pribadi dari rumah
  • Bawalah baju ganti jika berencana bermain air atau berkemah di Pantai Porok
  • Kenakan pakaian yang nyaman karena medan di pantai ini cukup sulit
  • Jangan lupa membawa kamera agar bisa mengabadikan momen berharga di Pantai Porok

Letak Pantai Porok yang dekat dengan Pantai Sepanjang dan Pantai Kukup masih membuat tempat ini sepi pengunjung. Ini memang kesempatan bagi Anda untuk menemukan keindahan tersembunyi yang tidak banyak diketahui orang. Cobalah mampir ke Pantai Porok untuk suasana yang tenang dan menyenangkan. Selamat berlibur!

Baca Juga: Heboh, Fenomena Air Semburan dari Tanah di Gunungkidul

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button