Menghadirkan Mangrove G20 untuk GWK | Berita Malang hari ini | Malang Posco Media - WisataHits
Jawa Timur

Menghadirkan Mangrove G20 untuk GWK | Berita Malang hari ini | Malang Posco Media

MALANG POSCO MEDIA – Suatu kehormatan dan kebanggaan bagi Malang Posco Media (MPM) menjadi salah satu media yang diundang khusus oleh Bank Indonesia untuk mensosialisasikan hasil KTT G20 di Bali pada 6-9 Desember 2022 mendatang. Koran dengan slogan asli Korane Arek Malang ini diundang langsung oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Malang.

Saya, Abdul Halim, Pemimpin Redaksi Malang Posco Media yang diutus direksi untuk hadir dalam acara tersebut, menyambut mereka dengan antusias. Karena undangan ini tantangan karena materi acaranya harus berat. Bayang-bayang kuliah di acara tersebut sudah pasti kelas dunia dan berbahasa Inggris. Sebab yang disosialisasikan adalah hasil KTT G20 yang berhasil diselenggarakan Presiden RI pada November 2022 lalu.

Benar! Pada sesi pertama dimana diskusi berlangsung, para pembicara memaparkan posisi dan manfaat KTT G20 bagi Indonesia. Setiap pernyataan dalam bahasa Inggris. Sebagai ilmuwan komunikasi dan sosial, saya kesulitan mengikuti topik terkait bisnis, kesehatan, energi terbarukan, dan transformasi digital. Tapi sebagai jurnalis, tidak ada yang mustahil. Jadi saya pun bersusah payah untuk mendengarkan dan memahami materi tentang PPT yang dibagikan di layar.

Alhamdulilah walaupun agak lama mencernanya, akhirnya saya bisa mengikuti dua sesi acara yang berlangsung pada hari Rabu tanggal 7 Desember 2022 di Intercontinental Resort Bali. Dan hasil dari diskusi ini setidaknya ada empat artikel yang dimuat di Koran Malang Posco Media dan versi online di malangposcomedia.id.

Secara khusus, salah satu narasumber yang tergabung dalam tim yang terlibat dalam penyusunan Deklarasi Bali ini juga mengatakan bahwa peserta yang mengikuti pembahasan hasil KTT G20 bisa menjadi orang yang bisa dibanggakan. Karena Anda adalah orang-orang terpilih yang diundang secara khusus oleh Bank Indonesia.

“Anda patut bangga ikut serta dalam pembahasan hasil KTT G20 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia. Ya, di ballroom Intercontinental Resort Bali, tempat kami menginap sekarang, pembicaraan sedang berlangsung di KTT G20. Ruangan ini terbagi menjadi dua. Di ruangan ini argumen dibuat untuk mengembangkan formula yang dapat diterima oleh semua negara. Di Ampurva Kempinski, pukul saja palunya. Semuanya dibahas serius di sini,” tegas Dr. Muhammad Hadianto, Sekretariat G20 Sherpa Indonesia yang langsung disambut tepuk tangan seluruh undangan dari seluruh Indonesia yang terdiri dari perwakilan BI, pejabat pemerintah, akademisi dan media.

Di hari kedua, seluruh peserta diajak untuk beristirahat sejenak dari KTT G-20. Intercontinental Resort Bali di kawasan Uluwatu mengundang tamu ke G20 Mangrove Showcase di Grand Forest Park (Tahura). Di sini para kepala negara dan pemerintahan KTT G20 menanam mangrove.

Di depan lokasi penanaman, peserta diajak berkumpul di paviliun kemudian mendapat penjelasan tentang pameran mangrove. Di sini pun para peserta merasa istimewa. “Kalian semua adalah tamu terhormat. Dapat kesempatan melihat langsung Mangrove G20 Showcase. Padahal, kawasan ini belum dibuka untuk umum,” ujar Ade Supriatna, pengelola Mangrove Showcase G20 dari Kementerian Lingkungan Hidup.

Usai memaparkan visi dan misi G20 Mangrove Showcase, Ade mengajak peserta untuk melakukan apa yang dilakukan kepala negara. Para peserta tampak seperti para kepala negara berjalan dari pendopo menuju penanaman mangrove. Setidaknya ada 27 rambu penanaman mangrove di kawasan tersebut. Dan semuanya masih rapi.

“Ayo semua berfoto di depan mangrove yang ditanam para kepala negara dan pemerintahan. Ini momen spesial. Ayo, jangan sia-siakan. Kapan lagi bisa memotret tempat kepala negara menanam mangrove. Ya, momennya adalah sekarang. Mereka juga foto-foto setelah tanam bakau,” jelas Ade dengan bangga.

Setelah itu, peserta diajak ke rumah kaca tempat pembibitan mangrove. Ada 6 juta bibit yang siap ditanam di kawasan unggulan mangrove G20. Showcase Mangrove G20 mengajak peserta untuk berpindah ke kawasan Bali Selatan yaitu kawasan wisata Garuda Wisnu Kencana (GWK).

Di lokasi ini, para hadirin diajak untuk melihat secara langsung venue tempat digelarnya makan malam dan hiburan yang memukau para peserta KTT G20. Makanan, hiburan, dan acara yang spektakuler menjadikan kepresidenan Indonesia di G20 sempurna. Para peserta puas dan takjub melihat bagaimana Indonesia melayani kepala negara dan menjamin keamanan mereka.

Keberhasilan pelaksanaan dan keberhasilan KTT G20 yang menghasilkan Deklarasi Bali mendorong Bank Indonesia untuk melakukan kegiatan lebih lanjut. Sosialisasi hasil KTT G20 di Bali, dengan tujuan menyebarluaskan informasi hasil KTT G20 dan disosialisasikan oleh masyarakat Indonesia, termasuk di Malang Raya.

Terima kasih Samsun Hadi, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Malang. Terima kasih telah memberikan kesempatan kepada Malang Posco Media untuk menjadi bagian penting dalam acara spesial ini. “Pak Samsun Hadi sangat mengapresiasi peliputan Malang Posco Media karena juga merupakan bagian dari sosialisasi G20 kepada masyarakat,” kata Elsa Maharani, Humas Bank Indonesia Malang. (Abdul Halim)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button