Lembah Jawa Tengah Sukses Wisata Alam dengan Replika Kapal Nabi Nuh di Semarang - WisataHits
wisatahits

Lembah Jawa Tengah Sukses Wisata Alam dengan Replika Kapal Nabi Nuh di Semarang

Harga tiket: -, Jam operasional: 07.00–18.00 WIB, Alamat: Kaligawe, Susukan, Kec. Ungaran Timur, Kab. Semarang, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Lembah Jawa Tengah merupakan tempat wisata terbesar di Semarang Jawa Tengah dengan luas mencapai 371,88 hektar. Objek wisata ini diluncurkan pada tahun 2010, sayangnya pembangunannya terhambat pada tahun 2012. Hutan wisata yang terletak di Penggaron ini akhirnya dilanjutkan kembali pembangunannya hanya dalam rangka HUT ke-70 Provinsi Jawa Tengah sebagai bingkisan kepada masyarakat.

Rencananya, hutan wisata ini akan dibangun dengan 3 tema besar, yaitu ruang futuristik, cagar ekologi dan rekreasi berkelanjutan. Sementara itu, setiap tema akan berisi berbagai wahana menarik yang sesuai dengan tema dan selalu berbasis pendidikan alam. Sehingga destinasi wisata ini sangat cocok sebagai tempat liburan keluarga.

Peletakan batu pertama Kawasan Pengembangan Lembah Jawa Tengah sebanyak lima titik dilakukan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai penunjang objek wisata baru ini. Selain itu, ke depan juga diharapkan destinasi yang berkolaborasi dengan edukasi berbasis alam dapat meningkatkan potensi pariwisata Jawa Tengah.

Tempat Wisata Lembah Jawa Tengah

Objek Wisata Lembah Jawa TengahKredit gambar: Google Maps Masbin Indonesia

Destinasi wisata Lembah Jawa Tengah ini dibangun dengan merogoh kocek lebih dari Rp 2 triliun Berbagai atraksi direncanakan agar nantinya banyak menarik pengunjung untuk datang berwisata edukasi alam. Pengunjung tidak hanya bisa datang berlibur, tetapi juga harus memiliki pengalaman dan memahami pentingnya pendidikan alam.

1. Tur Terbesar di Asia Tenggara

Tidak hanya terbesar di Jawa Tengah, Lembah Jawa Tengah juga dianggap sebagai tujuan wisata terbesar di Asia Tenggara. Bahkan objek wisata ini juga akan masuk dalam lima besar dunia. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Prijo Handoko Rahardjo selaku Komisaris Utama PT Taman Wisata Jateng dalam wawancara di salah satu surat kabar.

Dengan luas 370 hektar, kawasan ini rencananya akan dibangun dengan 7 kawasan wisata. Apalagi juga akan banyak wahana baru yang tidak ada di tempat wisata lainnya.

Dengan luasnya lahan yang digunakan dan wahana-wahana menarik yang hanya ada di objek wisata baru ini, tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk datang dan mencoba keseruannya sendiri.

2. Replika Kapal Nuh

Replika kapal Nabi Nuh menjadi daya tarik tersendiri yang sangat menarik untuk dikunjungi di destinasi Lembah Jawa Tengah ini. tidak hanya replika, juga akan ada berbagai jenis permainan yang ditawarkan kepada pengunjung. Wahana ini menjadi pilar karena konsepnya tidak mengadopsi destinasi wisata lain sehingga hanya ada di tempat ini.

3. Tema dan wahana

Dengan area yang sangat luas, objek wisata ini setidaknya memiliki 3 tema yang berbeda. Setiap tema memiliki wahana yang sangat menarik dan mendidik. Banyaknya wahana dengan tema yang berbeda tentunya dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk menikmati liburan yang seru dan menyenangkan.

Rencananya terutama ditujukan untuk digunakan sebagai taman botani, seluas 80 hektar. Kemudian hadir Eco Theme Park dengan luas 52 hektar. Lalu ada Eco Safari dengan lahan bekas seluas 51,4 hektar dan juga Eco Housing seluas 52 hektar. Sedangkan wahana lainnya seperti Central Java Valley Walk, Eco Water Park, Eco Farm Park, Eco Lake dan lain-lain.

4. Pengembangan bangunan ikonik

Tempat Wisata Lembah Jawa TengahKredit gambar: Google Maps Masbin Indonesia

Bangunan ikonik tersebut menjadi harapan Gubernur Jawa Tengah untuk berada di destinasi wisata ini. Bangunan ikonik ini pasti membuat banyak pengunjung penasaran dan ingin datang langsung ke kawasan ini. Pengunjung juga akan puas berfoto di gedung-gedung yang tidak terdapat di tempat wisata lainnya.

5. Orientasi lingkungan

Meski banyak wahana baru yang seru, Jogja Valley akan selalu memiliki fokus lingkungan. Oleh karena itu, dipastikan pembangunannya hanya memakan waktu sedikit saja dengan menebang pohon-pohon yang ada. Dengan menjaga keindahan lingkungan, pengunjung dapat menikmati permainan sambil merasakan udara yang bersih dan segar.

Beberapa wahana juga merupakan edukasi di lingkungan alam. Dengan cara ini, pengunjung akan pulang dengan kesan dan ide baru tentang pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan. Tidak hanya itu, upayanya juga menggunakan kendaraan listrik dan sepeda sebagai akses mengelilingi destinasi wisata ini agar tetap bersih dari polusi.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Lembah Jawa TengahKredit Gambar: Instagram Veronika Joan

Lembah Jawa Tengah merupakan kawasan wisata yang sangat besar, terletak di Susukan, Kecamatan Ungaran Timur yang masih menjadi bagian dari pemerintahan Kota Semarang. Jika Anda datang dari pusat kota Semarang, jaraknya hanya sekitar 17 kilometer. Perjalanan yang akan dilakukan hanya sekitar 30 menit. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, roda dua atau roda empat.

Rute Anda sendiri dapat Anda gunakan melalui Jl.Semarang – Surakarta/Jl. Semarang-Yogyakarta. Anda bisa mendekati Jl. Dr. Wahidin langsung untuk menuju Jl. Semarang – Surakarta di Jatingaleh. Lanjutkan perjalanan sejauh 10 kilometer, lalu lanjutkan ke desa Susukan untuk sampai di sana. Anda dapat menggunakan GoogleMap untuk memudahkan perjalanan Anda.

Kawasan wisata ini masih dalam tahap pengembangan, diharapkan dapat menjadi tempat wisata yang dapat dinikmati oleh semua kalangan. Oleh karena itu walaupun harga tiket masuk objek wisata ini belum ditentukan, namun kemungkinan tiket masuk yang ditarik pengunjung masih terjangkau sehingga dapat menjadi alternatif nilai edukasi wisata keluarga.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Lembah Jawa Tengah

Hal yang Dapat Dilakukan di Lembah Jawa TengahKredit Gambar: Instagram Multi Yanti

Lembah Jawa Tengah telah direncanakan menjadi kawasan wisata yang sangat luas dengan berbagai atraksi menarik untuk menarik pengunjung. Jadi kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas yang pastinya tidak membosankan jika datang ke tempat wisata ini. Anda juga akan pergi dengan kesan yang tak terlupakan.

1. Nikmati berbagai wahana

Merencanakan berbagai wahana pasti sayang untuk dilewatkan begitu saja. Oleh karena itu, kegiatan ini menjadi suatu keharusan jika nantinya Anda berkunjung ke destinasi wisata alam baru ini. Selain itu, beberapa wahana tidak cocok untuk tujuan wisata mana pun, sehingga Anda hanya dapat menikmati beberapa wahana di area ini.

2. Liburan Keluarga

Destinasi ini memang didesain sebagai objek wisata yang sangat cocok untuk liburan keluarga. Dengan banyaknya wahana serta edukasi sehingga pengunjung khususnya anak-anak tidak hanya dapat berlibur dan bersenang-senang, tetapi juga mendapatkan pengetahuan dan pengetahuan baru tentang alam dan lingkungan. Dengan begitu, liburan keluarga juga akan lebih berkesan.

3. Mendidik

Aktivitas Menarik di Lembah Jawa TengahKredit gambar: Google Maps Jafar Aldebaran

Akan ada tempat budaya anak-anak yang bisa menjadi tempat pendidikan. Pendidikan ini tidak hanya tentang pertanian tetapi juga mencakup kerbau dan penggembalaan lainnya. Dengan pendidikan, anak-anak tidak hanya akan berlibur, tetapi juga dapat memperoleh pengetahuan baru, yang tentu saja tidak dapat diperoleh di kota.

4. Nikmati udara segar

Dengan beberapa pohon yang tumbang, kawasan Lembah Tengah Jawa akan menjadi tempat yang asri dan hijau. Oleh karena itu, pengunjung juga bisa leluasa menghirup udara segar di kawasan ini. Dengan menghirup udara segar, pengunjung dapat beristirahat sejenak dari aktivitas kota dengan menikmati kesejukan yang ada di kawasan ini.

Selain itu, kawasan ini telah dirancang sebagai kawasan yang ramah lingkungan. Jadi, meski banyak permainan modern, masih ada pohon yang bisa menciptakan lingkungan yang asri. Rencananya, pengunjung dapat menikmati udara segar sekaligus berlibur dengan wahana yang mendebarkan dan menyenangkan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Lembah Jawa TengahKredit Gambar: Instagram Rizal Matulatan

Fasilitas yang akan diberikan kepada pengunjung di Lembah Jawa Tengah akan sangat memadai. Fasilitas umum yang wajib ada di hampir semua destinasi wisata. Area parkir yang dapat digunakan untuk kendaraan roda dua atau empat, toilet dan tempat sampah untuk menjaga lingkungan yang ada. Juga fasilitas lainnya.

Wahana yang sedang dalam rencana pengembangan juga tersedia tidak hanya untuk menarik banyak pengunjung tetapi juga untuk memberikan kepuasan. Wahana ini juga unik dan tidak akan ditemukan di destinasi wisata lainnya. Selain itu, tersedia pula lahan untuk berbagai kegiatan seperti jalur sepeda atau lahan pendidikan untuk wisata alam bagi anak-anak.

Nantinya, akses menuju destinasi wisata ini juga akan dibuat ramah lingkungan dengan menggunakan kendaraan listrik seperti e-bikes, e-scooter, serta mobil buggy dan sepeda. Selain itu, pembangunan hotel dan resort juga direncanakan. Dengan adanya hotel dan resort tersebut akan sangat bermanfaat bagi pengunjung terutama bagi yang ingin bermalam.

Perkembangan destinasi wisata Lembah Jawa Tengah memang sempat terhenti beberapa tahun, namun kini kembali bergulir bertepatan dengan hari jadi Provinsi Jawa Tengah. Menawarkan wahana yang sangat menarik di lahan seluas 370 hektar, destinasi wisata terbesar di Asia Tenggara ini nantinya akan menjadi objek wisata yang wajib dikunjungi jika Anda berada di Jawa Tengah.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button