Perhatikan kembali, Daftar 18 Kawasan Ekonomi Khusus di Indonesia halaman all - WisataHits
Jawa Timur

Perhatikan kembali, Daftar 18 Kawasan Ekonomi Khusus di Indonesia halaman all

JAKARTA, KOMPAS.com – Berapa banyak Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang ada di Indonesia? Pertanyaan ini mungkin pernah terlintas di benak orang.

Mengingat pemerintah telah giat mengupayakan definisi dan pengembangan KEK di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Hingga akhir tahun 2021, jumlah KEK di Indonesia akan menjadi 19 wilayah. Namun, jumlahnya akan dikurangi menjadi 18 KEK pada 2022.

Seperti di berita Kompas.com Pada 22 Januari 2022, pemerintah secara resmi menghapus KEK Tanjung Api-Api di Sumatera Selatan pada 5 Januari 2022.

Ditandai dengan terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pencabutan PP Nomor 51 Tahun 2014 tentang Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Api-Api.

Baca Juga: Apa Itu Kawasan Ekonomi Khusus?

Alasan pemerintah mencabut Tanjung Api-Api sebagai KEK setidaknya tertuang dalam dokumen Dewan Nasional KEK Indonesia berjudul Laporan Pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus Tahun 2021.

Laporan tersebut menulis bahwa KEK Tanjung Api-Api tidak memenuhi kondisi kesiapan operasional dalam jangka waktu yang ditentukan.

Ketidakmampuan pengadaan tanah dan fasilitas penunjang bangunan di kawasan tersebut menghambat kesediaan TAA untuk mengoperasikan KEK.

Meski telah diberikan perpanjangan waktu pembangunan, namun proses pembangunan belum selesai dan belum ada investasi yang masuk ke KEK.

Dengan demikian, pencabutan status KEK Tanjung Api-Api menambah jumlah KEK di Indonesia menjadi 18 wilayah.

Lalu dimanakah 18 Kawasan Ekonomi Khusus di Indonesia? Berikut daftarnya:

1.KEK Arun Lhokseumawe

Kawasan Ekonomi Khusus ini terletak di Kabupaten Aceh Utara dan di kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh. Mulai beroperasi pada 14 Desember 2018. Luasnya sekitar 2.662 hektar.

Termasuk dalam KEK industri, kegiatan utamanya meliputi industri energi; industri petrokimia dan kimia lainnya; industri pengolahan minyak sawit; industri pengolahan kayu; dan logistik.

KEK Batam Aero TechnicDermaga. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian KEK Batam Aero Technic2. KEK Sei Mangkei

KEK Sei Mengkei terletak di Kabupaten Simalungun di provinsi Sumatera Utara. Kawasan dengan luas sekitar 2.002 hektar ini mulai beroperasi pada Januari 2015.

Diklasifikasikan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus Industri dan Pariwisata, kegiatan utamanya meliputi industri pengolahan kelapa sawit; industri pengolahan karet; Turis; dan logistik.

3. Teknik Aero KEK Batam

KEK yang terletak di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau itu baru diberikan statusnya pada Juni 2021. Luasnya 30 hektar.

Kawasan yang termasuk dalam kategori KEK industri ini dikhususkan untuk kegiatan utama yaitu industri perawatan, perbaikan dan overhaul pesawat (MRO).

Baca Juga: Simak Kabar Perkembangan Terbaru KEK Mandalika, Seperti Apa Tampilannya?

4. Kawasan Ekonomi Khusus Nongsa

Kawasan ekonomi khusus kedua yang juga terletak di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, baru mulai beroperasi pada Juni 2021. Berdiri di atas lahan seluas 166 hektar.

KEK yang juga termasuk dalam KEK industri pariwisata ini ditujukan untuk kegiatan utama yaitu taman digital dan pariwisata.

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Taman Digital Nongsa di BatamDewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Taman Digital Nongsa di Batam5. Kawasan Ekonomi Khusus Galang Batang

Kawasan Ekonomi Khusus Galang Batang terletak di Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Mulai beroperasi pada 8 Desember 2018 di atas lahan seluas sekitar 2.333 hektar.

Kawasan yang akan masuk dalam kategori KEK industri ini disiapkan untuk kegiatan utama yaitu industri pengolahan bauksit dan logistik.

6. Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Kelayang

KEK yang beroperasi sejak Maret 2019 ini terletak di Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung. Memiliki luas sekitar 324 hektar.

Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Kelayang termasuk dalam kategori kawasan ekonomi khusus untuk pariwisata. Tentu saja, kegiatan utamanya adalah menjelajahi tempat-tempat wisata dan akomodasi.

7. KEK lido

KEK Lido terletak di Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat. Pada tahun 2021 baru ditetapkan status sebagai KEK.

Kawasan yang tergolong KEK pariwisata seluas 1.040 hektar. Kegiatan utamanya adalah pariwisata dan industri kreatif.

Pintu masuk Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) di Kabupaten Gresik, Jawa Timur yang telah resmi ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dengan tema Teknologi dan Manufaktur.KOMPAS.COM/HAMZAH ARFAH Pintu masuk Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) di Kabupaten Gresik, Jawa Timur yang telah resmi ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) bertemakan teknologi dan manufaktur.Baca Juga: Kabar Terkini Pengembangan KEK Lido, Sejumlah Proyek Selesai Akhir 2022

8. Kawasan Ekonomi Khusus Kendal

Kawasan di Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah ini telah beroperasi sejak Mei 2021. Berdiri di atas lahan seluas 1.000 hektar.

Termasuk dalam KEK industri, kegiatan utamanya meliputi industri tekstil dan pakaian jadi; industri furnitur dan peralatan bermain; industri makanan dan minuman; Industri otomotif; industri elektronik; dan logistik.

9. KEK Gresik

KEK yang terletak di Kabupaten Gresik Provinsi Jawa Timur ini baru ditetapkan tahun 2021. Berdiri di atas lahan seluas 2.167 hektar.

Diklasifikasikan sebagai KEK industri yang dirancang untuk kegiatan utama seperti industri logam; industri elektronik; Industri kimia; industri energi; dan logistik.

10. Kawasan Ekonomi Khusus Singhasari

KEK Singhasari terletak di Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Areal seluas 120 hektar ini ditetapkan sebagai KEK pada tahun 2019.

Kawasan yang termasuk dalam KEK pariwisata ditujukan untuk kegiatan utama di bidang pariwisata dan pengembangan teknologi.

Taman Pantai Kuta di Kawasan Ekonomi Khusus MandalikaDermaga. ITDC Kuta Beach Park di KEK Mandalika11. KEK Mandalika

Kawasan yang terletak di Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi NTB ini telah beroperasi sejak Oktober 2017 lalu. Berdiri di atas lahan seluas 1.035 hektar.

Kawasan ini merupakan bagian dari Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata dan digunakan untuk melakukan kegiatan utama di bidang pariwisata.

12. KPK Maloy Batuta Trans Kalimantan (MBTK)

KEK MBTK terletak di atas lahan seluas 557 hektar di Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur.

Kawasan yang tergolong KEK industri itu sudah beroperasi sejak April 2019. Kegiatan utamanya meliputi industri pengolahan minyak sawit; industri energi; dan logistik.

Baca Juga: KEK Gresik Diharapkan Jadi Lokomotif Peningkatan Ekonomi Indonesia

13. KEK Palu

KEK yang terletak di Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah ini telah beroperasi sejak September 2017. Berdiri di atas lahan seluas 1.500 hektar.

Kawasan yang akan masuk dalam kategori KEK industri ini diperuntukkan bagi pelaksanaan kegiatan utama seperti industri logam dasar dan logistik.

KEK 14 Bacaan Tanjung

Kawasan yang termasuk dalam kategori KEK Pariwisata ini terletak di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

KEK Tanjung Reading meliputi area seluas 1.500 hektar dan telah beroperasi sejak Februari 2015.

sedikit SEZ.kek.go.id KEK Bitung.15. KEK Likupang

Kawasan yang dirancang sebagai kawasan wisata khusus ini terletak di Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara.

Didirikan pada Desember 2019, KEK berdiri di atas lahan seluas 197 hektar.

16. Sedikit SEZ

KEK Bitung terletak di kota Bitung di provinsi Sulawesi Utara. Berdiri di atas lahan seluas 534 hektar dan telah beroperasi sejak April 2019.

Kawasan yang termasuk dalam kawasan ekonomi khusus industri ini memiliki kegiatan utama seperti industri pengolahan kelapa; industri pengolahan perikanan; dan logistik.

17. Kawasan Ekonomi Khusus Morotai

Kawasan yang dirancang sebagai Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata ini terletak di Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara. Berada di atas lahan seluas 1.110 hektar.

KEK yang beroperasi sejak April 2019, memiliki kegiatan utama antara lain pariwisata; industri pengolahan perikanan; dan logistik.

18. KEK Sorong

KEK yang berdiri di atas lahan seluas 523 hektar ini terletak di Kabupaten Sorong, Papua Barat. Sudah beroperasi sejak Oktober 2019.

KEK Sorong memiliki beberapa kegiatan utama antara lain industri pengolahan nikel, industri pengolahan kelapa sawit, industri hasil hutan dan perkebunan sagu; dan logistik.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: www.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button