Kunjungi Kembang Soka, air terjun Perbukitan Menoreh yang sejuk dan Ngagenin - WisataHits
Yogyakarta

Kunjungi Kembang Soka, air terjun Perbukitan Menoreh yang sejuk dan Ngagenin

Kunjungi Kembang Soka, air terjun Perbukitan Menoreh yang sejuk dan Ngagenin

Harianjogja.com, JOGJA—Berwisata ke air terjun Kembang Soka bisa menjadi pilihan untuk mengisi akhir pekan Anda. Air terjun ini berada di perbukitan Menoreh, Kulonprogo, tepatnya di Jalan Gunung Kelir, Girimulyo, Jatimulyo.

Dari pusat Kota Jogjam, perjalanan memakan waktu sekitar satu jam. Anda tidak perlu membayar mahal untuk masuk ke tempat ini, yaitu sekitar Rp11.000 per orang. Mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB, pengunjung dapat memanjakan diri dengan fitur air di lokasi ini.

Air Terjun Kembang Soka mengalir deras. Warna airnya yang putih kebiruan menyejukkan mata. Air mengalir deras dan menghantam bebatuan putih di bawah.

Baca Juga: Bangkok Jadi Kota Terbaik untuk Liburan Mewah dengan Budget Ketat

Ada tiga area yang bisa dieksplorasi. Yang pertama adalah area Ciblon untuk anak-anak, yang kedua adalah area Miri dan yang ketiga adalah area Ciblon untuk dewasa.

Kembang Soka tidak hanya bisa refreshing untuk melepas penat, tapi juga bisa menjadi spot foto yang Instagramable. Ada banyak tempat untuk dikunjungi termasuk jembatan kayu di atas air yang mengalir.

Menurut situs Dinas Pariwisata Kulonprogo, nama Kembang Soka dipilih karena dulu banyak pohon Soka yang tumbuh di sana. Masyarakat setempat pun memberi nama air terjun ini Kembang Soka. Untuk menuju Air Terjun Kembang Soka, wisatawan harus berjalan kaki sekitar 200 meter dari tempat parkir.

Setelah sampai di air terjun, wisatawan melanjutkan pendakian menuju dasar lembah. Uniknya, jalan yang terpasang berupa jembatan kayu yang melintas tepat di depan air terjun. Setelah bertemu jembatan kayu, wisatawan menjumpai air terjun besar yang bermuara di kolam besar di bawahnya.

Di ujung jembatan kayu, wisatawan disuguhi kolam yang lumayan besar, yang berasal dari 2 air terjun. Kelebihan Air Terjun Kembang Soka adalah airnya tidak pernah surut saat musim kemarau tiba karena terdapat 3 mata air di sekitarnya.

Ada juga fasilitas pendukung seperti warung makan, mushola dan toilet. Jadi wisatawan tidak perlu khawatir menghabiskan hari di Kembang Soka.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button