Kunjungan wisatawan meningkat, Yogyakarta mencatat Covid-19 lagi dengan hampir 100 kasus per hari - WisataHits
Yogyakarta

Kunjungan wisatawan meningkat, Yogyakarta mencatat Covid-19 lagi dengan hampir 100 kasus per hari

TEMPO.CO, Yogyakarta – Di tengah tingginya kunjungan wisatawan, kasus baru Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kembali melonjak hingga hampir 100 kasus per hari pada akhir Oktober. Padahal sejak Idul Fitri lalu atau pertengahan Mei 2022 penambahan kasus baru Covid-19 di sektor DIY terus meningkat dan hampir tidak pernah lebih dari 40 kasus per hari.

“Hari ini ada 97 kasus baru terkonfirmasi Covid-19 di DIY dan dua orang meninggal dunia,” kata Kepala Biro Umum, Humas dan Protokol Pemprov DIY Ditya Nanaryo Aji, Sabtu, 29 Oktober 2022.

Dengan penambahan kasus baru tersebut, kasus aktif Covid-19 di sektor perbaikan rumah juga bertambah menjadi 796 kasus aktif.

Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyaningasrutie mengatakan, pihaknya belum menemukan masuknya varian baru Covid-19, yakni Omicron XBB, hingga pekan ini. Varian ini disebut-sebut sebagai varian kuat yang belakangan ini menyebabkan lonjakan kasus yang sifatnya agak menular di Indonesia.

“Kami terus mengirimkan sampel kasus baru untuk keperluan penelitian baik ke RSUP Dr. RS Sardjito dan BBTKLPP (Balai Rekayasa Penyehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit), tapi tidak ada (diberikan kepada Omicron XBB),” kata Pembajun.

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Rahardjo, juga mengimbau wisatawan dan masyarakat di Yogyakarta untuk tidak lengah dan membiarkan kasus-kasus lain menyusul. Momentum peningkatan pergerakan wisatawan saat ini penting diikuti dengan penerapan protokol kesehatan,” ujarnya

Pasalnya, pergerakan pariwisata di Yogyakarta kini hampir 90 persen dibandingkan pergerakan pengunjung sebelum pandemi Covid-19. “Kami meminta pemangku kepentingan industri pariwisata di Yogya untuk terlibat memberikan edukasi di lapangan tentang bagaimana penerapan protokol kesehatan saat Covid-19 masih ada,” kata Singgih. “Peluang bagi pelaku industri pariwisata di ruang perbaikan rumah telah kembali normal, tetapi mereka tidak boleh mengabaikan pendidikan tentang gaya hidup sehat juga untuk membantu mengurangi kasus baru.”

Baca juga: Musim hujan, jumlah kunjungan wisatawan ke Yogyakarta terus meningkat

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita Tempo.co terbaru dan berita unggulan di saluran Tempo.co Update Telegram. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button