Kota-kota di seluruh dunia hampir tenggelam termasuk Jakarta! - WisataHits
Jawa Tengah

Kota-kota di seluruh dunia hampir tenggelam termasuk Jakarta!

jakarta

Ada cukup banyak berita tentang itu Jakarta tenggelam pada tahun 2050. Ancaman ini juga disorot oleh Siswanto M.Sc, peneliti cuaca dan iklim ekstrim Badan Meteorologi dan Klimatologi (BMKG), pada acara “Eureka! Edisi 7: Bumi Akhir Zaman”.

Siswanto menjelaskan, ada sejumlah persoalan yang menyebabkan Jakarta menghadapi malapetaka. Salah satunya adalah pengambilan air tanah yang berlebihan.

“Secara mekanis kami memiliki masalah dan itu karena dua hal, pertama pengangkatan atau abstraksi air tanah yang berlebihan, kedua tekanan permukaan dari gedung-gedung tinggi di dekat pantai. Ini membuat tanah lebih mudah tenggelam,” kata Siswanto.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Menurut Siswanto, Jakarta bukan satu-satunya sebuah kota dalam bahaya tenggelam. Disebutkannya, Semarang dan Surabaya juga merupakan kota yang berada di ambang kehancuran. Bahkan, banjir rob sering terjadi di kawasan tersebut.

Dia juga menyebutkan bahwa negara lain memiliki masalah yang sama. Di Belanda, menurut Siswanto, 40% kota berada di bawah permukaan laut, sehingga diperlukan tanggul dan kincir angin untuk mengalihkan air yang masuk ke negara tersebut.

“Nah, beberapa kota di dunia juga menghadapi masalah tenggelam, misalnya kota-kota di India, China, lalu Jepang yang biasanya diasosiasikan dengan kota-kota besar,” jelasnya.

Ia juga mengakui bahwa tempat wisata terkenal Maldives atau Maladewa juga terancam punah jika permukaan air laut semakin naik. Jika permukaan air laut terus naik, negara-negara pulau kecil seperti Maladewa atau negara-negara Samudra Pasifik lainnya bisa terendam bahkan tenggelam.

wow wow Ancaman sudah di depan mata, ayolah detik Bersama kita jaga bumi!

Tonton video ‘Nelayan di Jepang terkena perubahan iklim, kejar-kejaran’
[Gambas:Video 20detik]

(tanya / fay)

Source: inet.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button