Pantai Jayanti Cianjur - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Jayanti Cianjur – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi, dan Harga Tiket Pantai Jayanti di Cianjur adalah turis bahari yang memiliki pesona alam yang menakjubkan. Ombak besar dan pasir hitam kecoklatan membuat pantai ini terlihat eksotis. Apalagi jika ditambah dengan pemandangan sunset saat senja.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Pantai Jayanti, Cidamar, Kec. Cidaun, Kab. Cianjur, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Waktu liburan memang paling menyenangkan bila dihabiskan mengunjungi tempat-tempat wisata. Wisata pantai bisa menjadi pilihan untuk melepas penat. Salah satu pantai yang menawarkan pemandangan laut yang menakjubkan adalah Pantai Jayanti, Cianjur. Luangkan waktu untuk mengunjungi pantai ini, tentunya tidak akan mengecewakan Anda. Banyak keseruan yang bisa didapatkan saat berlibur di pantai yang indah ini. Berikut ulasannya.

Atraksi Pantai Jayanti

Atraksi Pantai JayantiKredit Gambar: Tur Facebook Pantai Jayanti Cidaun, Cianjur Selatan

Pesona pantai ini seolah tak ada habisnya. Bahkan Pantai Jayanti bisa dibilang pantai terindah di Cianjur. Seperti pantai lainnya, pantai yang satu ini juga memiliki kekhasan tersendiri. Berhenti di pantai ini, pengunjung akan melihat ombak besar, bebatuan baru yang lebar dan terjal, serta keindahan matahari terbenam saat senja. Pesona pantai di sini benar-benar memanjakan mata.

Hamparan pasir yang memanjang hingga bibir pantai juga menambah daya tarik rumah ini. Berbeda dengan pasir pantai yang biasanya berwarna putih, pasir di pantai ini berwarna hitam kecoklatan. Selain itu, pantai ini juga memiliki terumbu karang yang cukup besar. Di sekitar pantai, pengunjung akan menemukan bentuk bak minum di sekitar perahu yang berlabuh. Tempat minum ini sering disebut “lawang” yang artinya pintu.

Tak hanya keindahan alam yang luar biasa, deretan perahu yang berjejer di tepi pantai juga menjadi pemandangan unik yang bisa ditemui saat berkunjung ke pantai ini. Menariknya, perahu kayu di sini sudah diganti dengan perahu fiber. Pantai ini juga berfungsi sebagai pelabuhan tradisional. Namun, ini tidak mengurangi pesonanya. Justru dengan pelabuhan, suasana di pantai ini semakin berbeda.

Pantai ini membentang dari bagian barat Cipakis hingga bagian timur Cisela. Bagian barat tampak landai dan hanya ada beberapa daerah yang kemiringannya dalam. Namun, karena ombaknya cukup besar, pengunjung tidak boleh berenang sendirian di pantai ini. Selain besar, ombak di pantai ini juga cukup deras. Namun, menikmati alam di sini tentu sangat memuaskan. Apalagi jika liburan bersama keluarga atau teman.

Alamat dan Arah Lokasi Pantai Jayanti

Alamat Pantai Jayanti CianjurKredit Gambar: Google Maps AN Rantau

Pantai ini terletak di Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Jika Anda memulai dari Sukabumi atau Bogor, perjalanan ke pantai ini tidak memakan waktu lama, sekitar dua atau tiga jam. Mengunjungi pantai ini dapat dilakukan dengan mengendarai sepeda motor atau mobil pribadi melalui Ciwidey, ke Naringgul, dan kemudian ke Cidaun. Selain itu, sesampainya di pantai ini, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan bahari yang terlihat eksotis.

Jika berangkat dari Jakarta, rute dapat ditempuh dengan melewati perjalanan ke Cianjur, lalu ke Cibeber, Sukanagara, Tanggeung, Sindangbarang dan terakhir ke Cidaun. Namun jalur ini bisa ditempuh jika menggunakan kendaraan pribadi. Sedangkan jika menggunakan kendaraan umum, menuju Terminal Pasir Hayam, kemudian menuju Terminal Cidaun. Kemudian Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan berganti transportasi ke pantai.

Padahal, ada banyak rute yang bisa ditempuh untuk menuju pantai yang satu ini. Anda dapat memilih rute yang lebih sesuai dengan alamat tempat tinggal Anda untuk mendapatkan jarak terdekat. Selain itu, rute yang mudah juga menjadi salah satu kunci keamanan dan kenyamanan saat bepergian. Jika perjalanan cukup lama, maka perlu dipastikan kendaraan dalam kondisi baik, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan di tengah perjalanan.

Harga Tiket Masuk Pantai Jayanti, Cianjur

Tiket Pantai Jayanti CianjurKredit gambar: Google Maps Eca 150194

Mengunjungi pantai ini sendiri membutuhkan biaya yang berbeda untuk setiap pengunjung. Jika Anda pergi dari luar kota, Anda mungkin perlu menambah biaya perjalanan. Akan lebih murah lagi jika menggunakan kendaraan pribadi tentunya. Tiket masuknya sendiri ditawarkan dengan harga yang terjangkau. Cukup merogoh kocek Rp 5000, kamu sudah bisa menikmati pemandangan pantai terindah di Cianjur ini.

Pengunjung yang membawa mobil akan dikenakan tarif lebih tinggi yaitu Rp 15 ribu. Harga tiket masuk tetap dapat berubah sewaktu-waktu. Mungkin akan meningkat saat musim liburan atau liburan. Namun dibandingkan dengan berbagai keindahan yang ditawarkan oleh pantai tunggal ini, tentunya tarifnya cukup murah. Selain itu, panti asuhan ini masih terlihat asri, karena belum terjamah oleh industri pariwisata.

Aktivitas menarik yang dilakukan di Pantai Jayanti

Aktivitas di Pantai Jayanti CianjurKredit gambar: Google Maps One Can

Salah satu keuntungan mengunjungi wisata pantai adalah melakukan berbagai aktivitas menarik. Hal ini juga berlaku ketika mengunjungi pantai ini sendirian. Karena keindahan pantai yang menakjubkan, menikmati pemandangan dan suasana pantai ini menjadi salah satu kegiatan utama bagi pengunjung. Tidak hanya mengagumi pesonanya, pantai ini juga cocok untuk hunting foto bagi Anda yang suka berpose di depan kamera.

Ada banyak spot Instagramable yang bisa kamu jadikan sebagai background selfie kamu. Beberapa di antaranya adalah benteng beton di pantai yang terlihat unik. Deretan perahu nelayan juga bisa dijadikan spot yang tak kalah menarik. Jika ingin mendapatkan pemandangan yang lebih sempurna, Anda bisa menunggu hingga sore hari. Menghabiskan waktu senja menyaksikan matahari perlahan terbenam di pantai ini adalah momen yang tak terlupakan.

Meski tidak bisa berenang dan bercengkerama dengan air di pantai ini, Anda tetap bisa menghabiskan waktu dengan aktivitas lain seperti bermain di pantai sambil menunggu air laut terbawa ombak naik ke pantai. Menulis nama atau membuat bangunan pasir di pantai tak kalah asyiknya. Duduk santai di atas tikar sambil makan siang bersama keluarga juga bukan ide yang buruk.

Jika Anda ingin menjelajahi pantai ini lebih jauh, Anda bisa menyewa perahu dari nelayan setempat. Menikmati angin sepoi-sepoi sambil mengendarai perahu yang bergoyang di atas ombak pantai adalah aktivitas yang merangsang yang sangat cocok untuk para petualang. Apalagi jika ditemani dengan alat pancing untuk mencari ikan di tengah pantai. Ikan yang ada di pantai ini beragam, jadi sangat memungkinkan jika Anda pulang dengan membawa ikan besar.

Puas menikmati pesona pantai, Anda bisa berburu kuliner di sekitar pantai. Seafood merupakan hidangan favorit yang diburu wisatawan untuk menghilangkan rasa lapar. Selain itu, pantai ini juga berperan sebagai pelabuhan yang artinya potensi penangkapan ikannya juga cukup besar. Menikmati seafood tidak hanya memanjakan lidah, kandungan proteinnya yang tinggi menjadi amunisi untuk meningkatkan gizi selama liburan.

Akomodasi di dekat Pantai Jayanti

Akomodasi Pantai Jayanti di CianjurKredit gambar: Google Maps Achmad Baiquni

Memang hotel atau penginapan bintang lima dengan fasilitas mewah belum tersedia di pantai ini saja. Karena pantai ini belum terjamah oleh industri pariwisata. Namun, akomodasi yang ada sudah cukup memadai dan nyaman untuk ditinggali. Menariknya, harga akomodasi juga relatif murah. Sehingga Anda bisa lebih menghemat biaya liburan di pantai cantik ini.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Jayanti

Fasilitas Pantai Jayanti CianjurKredit gambar: Google Maps Irfan cidaun

Wisata ini masih dalam tahap pengembangan, sehingga fasilitas yang tersedia belum sepenuhnya lengkap. Namun beberapa fasilitas pendukung sepertinya akan ditambah untuk meningkatkan pelayanan dan kepuasan wisatawan yang berkunjung ke pantai ini. Tentunya hal ini dilatarbelakangi oleh keinginan untuk memajukan objek wisata ini. Fasilitas yang bisa ditemukan antara lain tempat parkir untuk kendaraan roda dua atau empat.

Ditambah lagi, pengunjung tidak akan kesulitan mencari tempat makan di sekitar pantai. Harga makanan di wisata ini juga cukup murah dengan menu yang lumayan. Penduduk setempat juga menyediakan perahu yang bisa disewa jika pengunjung ingin menjelajahi tengah laut, selain itu Anda juga bisa menyewa alat pancing dari nelayan untuk mencoba peruntungan menangkap ikan di pantai ini seorang diri.

Rekreasi bersama orang tersayang dengan mengunjungi pantai yang satu ini akan memberikan pengalaman liburan yang benar-benar berbeda. Selain itu, pantai ini memiliki karakter unik yang belum tentu dimiliki oleh pantai lainnya. Berbagai aktivitas menarik juga bisa Anda lakukan selama liburan di pantai ini. Namun ingat untuk selalu menjaga keamanan, karena ombak di pantai ini cukup besar.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button