Manisnya Syah dibuat dari jambu biji dan belimbing demak - WisataHits
Jawa Tengah

Manisnya Syah dibuat dari jambu biji dan belimbing demak

Demak, Jawa Tengahnews.id – Saat berkunjung ke Kabupaten Demak, jangan lupa oleh-oleh syahwat, jambu dan manisan belimbing wuluh khas kota Wali.

Permen Shahah bisa menjadi oleh-oleh pilihan saat berkunjung ke Kabupaten Demak, selain rasanya yang manis juga diolah dari buah yang menjadi icon Demak.

Baca juga: Ini Wisata Kuliner Demak yang Wajib Dicoba Pemburu Makanan

“Kami memproduksi dengan bahan baku dari belimbing dan jambu biji, dua merek walikota Demak. Ikon Demak adalah belimbing dan jambu biji,” jelas Hartono, pembuat permen Shahah, baru-baru ini.

“Kami membuat permen, kami membuat minuman segar dengan gula murni asli, dan kami juga membuat jus belimbing dan jus jambu biji,” tambahnya.

Menurutnya, ide membuat permen dari jambu biji dan belimbing ini bermula dari keprihatinannya bahwa Demak tidak memiliki produk olahan yang ikonik seperti kota-kota lain.

“Selama ini Demak tidak memiliki simbol untuk produsen tertentu seperti Kudus, melainkan Jenang Kudus. Solo punya Intip, Wonosobo punya Carica. Ini menyimpang dari keprihatinan kami selama ini,” kata Hartono.

Manisan jambu dan belimbing bungkus khas Kabupaten Demak. (Foto: Adalah)

Mengingat Kabupaten Demak merupakan daerah tujuan wisata religi dan memiliki banyak pusat oleh-oleh, maka produk oleh-oleh dalam bentuk produk kemasan tidak banyak.

“Demak punya dua wisata religi, saya pernah melihat oleh-oleh khas Demak yang tidak ada brandnya, dimulai dari kita membuat manisan jambu biji dan belimbing wuluh yang keduanya brand kota Demak,” ujarnya.

Sedangkan harganya sendiri juga cukup terjangkau, mulai Rp 12.000 tergantung isi bungkus dan kemasannya.

Baca juga: Pecel Mbak Ratna Khas Jawa Timur, Rekomendasi Kuliner Demak

Penamaan syahwat sendiri memiliki arti yang menyehatkan yang berasal dari manfaat buah jambu dan belimbing.

“Sahah dari kata Sihah, artinya waras. Seperti namanya, belimbing wuluh tinggi vitamin C, jadi orang yang membutuhkan suplemen vitamin C misalnya cukup minum manisan belimbing wuluh saja,” kata Hartono.

Untuk mendapatkan Permen Belimbing dan Jambu Demak juga cukup mudah, kamu bisa menemukannya di pusat oleh-oleh di seluruh Kabupaten Demak. Diproduksi sejak tahun 2017, komersialisasinya kini merambah ke kota-kota lain seperti Kendal, Salatiga dan Semarang. (Adv/Zaidi-02)

Source: www.jatengnews.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button