Kementerian PUPR mengembangkan kawasan wisata religi Umbul Jumprit di Temanggung - WisataHits
Jawa Tengah

Kementerian PUPR mengembangkan kawasan wisata religi Umbul Jumprit di Temanggung

Kementerian PUPR mengembangkan kawasan wisata religi Umbul Jumprit di Temanggung

Temanggung, Jawa Tengah – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendukung pengembangan kawasan wisata Umbul Jumprit di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah melalui pembangunan beberapa fasilitas penunjang.

Wisata Religi Umbul Jumprit di Desa Tegalrejo, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah merupakan salah satu tempat yang dikembangkan menjadi wisata nasional oleh Kementerian PUPR.

Kawasan tersebut diharapkan dapat menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di Temanggung yang menjadi tempat wisata religi bagi umat Buddha khususnya berupa air suci Waisak.

Pengembangan kawasan ini dilakukan secara terpadu dengan infrastruktur terutama jalan sanitasi, penyediaan air baku dan bersih, pembuangan limbah dan perbaikan kondisi perumahan warga berdasarkan rencana induk pembangunan infrastruktur.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan infrastruktur yang telah dibangun di kawasan wisata Umbul Jumprit yaitu pembangunan jalan, penyediaan air baku dan air bersih untuk 6 desa, penataan tempat wisata dan pembangunan rest area, menghabiskan total anggaran sekitar 20 miliar. APBD tahun 2022.

Infrastruktur untuk mendukung rehabilitasi lingkungan juga akan dilengkapi dengan toilet wisata, fasilitas pembuangan limbah, dan sistem penyediaan air minum.

“Tidak hanya wisata unggulan seperti Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo yang diresmikan Presiden di Manado kemarin, tapi juga wisata desa. Desa wisata seperti ini cukup besar dan potensial,” kata Menteri Basuki Hadimuljono.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button