Kolam Tirta Indah, wisata air bernuansa alam di Majalengka - WisataHits
wisatahits

Kolam Tirta Indah, wisata air bernuansa alam di Majalengka

Kolam Tirta Indah, wisata air bernuansa alam di Majalengka
Harga tiket: Rp 20.000 Jam operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Jl.Blok Rajagaluh Keramat Lojiawi, Ujungberung, Kec. Sindangwangi, Kab. Majalengka, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Selain terkenal dengan destinasi wisata alamnya yang indah, Majalengka juga dikenal dengan wisata berupa wahana air yang mendebarkan. Kolam renang Tirta Indah adalah salah satu yang bisa Anda kunjungi untuk melengkapi keseruan liburan Anda. Tempat ini layak untuk dikunjungi karena tidak hanya menawarkan permainan air tetapi juga berbagai aktivitas lainnya.

Lokasinya berada di kaki pegunungan sehingga udaranya segar dan suasananya asri. Pepohonan hijau yang rindang menjadi pemandangan tersendiri selain birunya air kolam renang. Bukan pemerintah atau lembaga yang menjalankannya, melainkan milik pribadi. Tambak seluas 1,5 hektar ini dimiliki oleh Haji Ohim dan berencana untuk memperluasnya menjadi 3 hektar di masa mendatang.

Memang, bukit dan gunung banyak terdapat di wilayah Jawa Barat. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak yang menjadikannya sebagai tujuan wisata utama. Jika Anda ditawari liburan seru dengan banyak permainan dan pemandangan alam sekaligus, tentu Anda tidak akan menolaknya. Apalagi jika itu adalah kolam renang, umumnya disukai oleh anak-anak.

Objek wisata kolam Tirta Indah

Kolam renang yang indah di TirtaKredit gambar: Google Maps Iyad Abdurrokhman

Sayang sekali jika Anda datang sendiri saat berkunjung ke kolam Tirta Indah. Kebanyakan wisatawan datang bersama keluarga, teman atau rombongan. Setidaknya mereka berkumpul untuk menikmati suasana asri dan aktivitas seru di tempat wisata ini. Ada beberapa tempat wisata yang selalu bikin ramai, apalagi di hari libur.

1. Aneka Wahana Waterboom

Tidak hanya anak-anak, remaja atau dewasa, semua orang akan menyukai wahana yang disediakan di kolam renang. Apalagi kalau bukan hanya satu wahana yang bisa dinikmati, tapi ada beberapa yang dijamin seru semua. Dari semua wahana air tersebut, yang paling populer adalah toboggan atau kereta luncur dengan ketinggian 15 meter.

Ada dua slider yang dibangun berdampingan, keduanya memiliki tinggi dan bentuk yang sama. Bentuk spiral yang berkelok-kelok membuat aktivitas skating semakin seru. Kalaupun jaminan keamanan, lebih baik hati-hati dan utamakan keamanan.

2. Suasana Khas Pegunungan yang Asri dan Nyaman

Beberapa kolam renang dibangun di bawah kaki gunung, terutama di pusat kota. Ini juga salah satu daya tarik dan alasan mengapa kolam Tirta Indah selalu ramai pengunjung. Bahkan jika Anda beruntung, Anda dapat mendengar kicauan burung dengan suara merdu.

Getaran udara terbuka juga sangat terasa dengan angin sepoi-sepoi yang membuatnya semakin dingin. Belum lagi Anda bisa melihat bukit-bukit tinggi tidak jauh dari kolam sehingga sangat jelas. Agar lebih cantik, pengelola menambahkan beberapa pohon kelapa di pinggir kolam.

3. Kawasan wisata yang luas

Daya tarik selanjutnya adalah areanya yang sangat luas, namun tidak sebesar Ancol. Dengan luas 1,5 hektar sudah lebih dari cukup untuk mandi sesuka hati. Meski selalu ada pengunjung, Anda tetap punya tempat berenang di kolam Tirta Indah tanpa banyak gangguan.

Selain itu, di samping kolam terdapat tempat duduk dan gazebo yang bisa digunakan untuk istirahat sejenak. Anda bisa melihat anak-anak dari kejauhan sambil bersantai sambil menikmati makanan dan minuman yang disediakan. Dalam hal ini tentunya ada biaya lain yang harus dikeluarkan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Petunjuk arah ke Kolam Tirta IndahKredit gambar: Google Maps S. Ferdiansyah Syaiful Hijrah

Lokasi Kolam Tirta Indah bisa dibilang strategis karena merupakan titik pertemuan antara empat kabupaten yaitu Majalengka, Kuningan, Indramayu dan Cirebon. Alamat lengkapnya Jalan Rajagaluh Keramat Blok Lojiawi, RT.19/RW.08, Ujungberung, Sindangwangi, Majalengka, Jawa Barat.

Dari pusat kota Majalengka, jaraknya sekitar 15 kilometer dengan waktu tempuh minimal 45 menit dengan kendaraan bermotor. Rute yang bisa ditempuh adalah menuju ke arah Jalan Cileunyi-Palimanan setelah keluar dari pintu tol Sumberjaya. Silakan belok kanan menuju desa Garawangi dan lanjutkan ke Jalan Ciburuy, tujuan akhir adalah Jalan Rajagaluh.

Untuk memudahkan Anda, gunakan layanan Google Map yang tersedia di smartphone masing-masing. Di dalam aplikasi yang dimaksud, sudah ada titik atau pin yang bisa kamu tuju dari awal start. Sedikit tips agar anda tidak tersesat, harap perhatikan baik-baik tanda jika anda mendekati tempat wisata.

Harga tiket masuk kolam renang

Fasilitas water ride yang disediakan oleh kolam renang Tirta Indah tidak serta merta membuatnya mahal. Tempat wisata ini relatif murah dibandingkan dengan kolam lain di perkotaan. Pada hari biasa atau hari aktif pengunjung hanya membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000 untuk dewasa dan Rp 15.000 untuk anak-anak.

Lain lagi hanya saat akhir pekan atau hari libur ada kenaikan harga walaupun sedikit. Anak-anak dikenakan biaya 20.000 rupee, sedangkan orang dewasa dikenakan biaya 25.000 rupee. Harga tersebut sudah termasuk berbagai rute yang tersedia, namun belum termasuk sewa ban pelampung.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Kegiatan Menarik Pemandian Tirta IndahKredit gambar: PRODUKSI DENDY OCHES Google Maps

Berbagai aktivitas seru bisa dilakukan saat Anda mengunjungi Kolam Tirta Indah. Menariknya, aktivitas yang dimaksud tidak harus terkait dengan kumpulan. Agar tidak penasaran, kami telah memberikan informasi aktivitas menarik untuk dilakukan yang pastinya akan membuat Anda tidak akan pernah melupakannya.

1. Berenang bersenang-senang sambil bermain

Berenang merupakan kegiatan wajib yang harus dilakukan saat mengunjungi objek wisata berupa kolam renang. Terdapat 3 kolam dengan kedalaman masing-masing, anda dapat mengaturnya sesuai dengan kemampuan renang anda. Selain itu, terdapat kolam khusus anak dengan kedalaman tidak melebihi lutut orang dewasa.

Setiap kolam memiliki desain, beberapa memiliki bangunan berbentuk buah di tengahnya. Tidak hanya sebagai hiasan, tapi juga untuk menambah keseruan aktivitas berenang. Struktur buahnya terkadang menyemprotkan air, jadi berenang tidak membosankan. Tidak sedikit pengunjung yang mendekat hanya untuk merasakan disiram air.

2. Mencoba berbagai wahana Waterboom yang mendebarkan

Karena kolam Tirta Indah menawarkan berbagai wahana yang menegangkan, tidak ada salahnya untuk mencobanya. Bahkan bisa dikatakan kegiatan ini wajib bagi Anda yang menyukai tantangan. Contohnya adalah spiral slider dengan ketinggian 15 meter seperti yang telah disebutkan di atas.

Selain itu, terdapat kereta luncur biasa yang tidak terlalu tinggi, yang biasanya digunakan untuk anak kecil. Di tengah kolam anak-anak, terdapat sebuah ember raksasa yang dibangun sangat tinggi. Bukan sebagai hiasan, tapi ember akan menumpahkan banyak air saat penuh. Anak-anak pasti akan senang dengan kegiatan ini karena sambil menunggu kenyang, mereka bisa bermain air terlebih dahulu.

3. Keluar di Tirta Indah

Seperti yang dikatakan sebelumnya, tidak hanya kegiatan yang berhubungan dengan kolam renang, tetapi juga di darat. Anda bisa mencoba keseruan bermain di lapangan bersama band. Tidak hanya sekedar bermain tentunya, namun ada wahana lain yang bisa Anda coba. Sejauh ini kolam Tirta Indah menyediakan wahana tamasya jenis flying fox dan ATV.

Ada kemungkinan bahwa suatu hari perjalanan satu arah akan ditambahkan. Mengingat lokasi wisata ini akan diperluas hingga mencapai 3 hektar. Tentunya bukan hanya menambah jumlah kolam, tapi juga menambah berbagai wahana agar bisa menarik lebih banyak pengunjung.

Aktivitas Menarik di Pemandian Tirta IndahKredit Gambar: Google Maps Traveler Kids

4. Santai selama terapi ikan

Apakah Anda ingin kesehatan Anda terjaga? Anda dapat menikmati fasilitas yang juga dapat digunakan sebagai kegiatan yang sehat. Ada kolam ikan yang digunakan untuk terapi, di mana Anda duduk santai sambil mencelupkan kaki ke dalam kolam. Ikan kecil yang sengaja dipelihara di kolam akan menggigit kaki Anda untuk memakan sel kulit mati.

5. Melihat koleksi hewan di kebun binatang mini

Selain kegiatan di atas, kolam renang Tirta Indah juga memiliki kebun binatang mini dengan koleksi hewan air dan darat. Sebagian besar hewan adalah burung dan monyet yang berperilaku lucu. Meski tidak terlalu besar, aktivitas ini bisa Anda lakukan sebagai selingan agar tidak bosan berendam di air.

6. Bepergian dengan perahu dayung

Di samping objek wisata yang diselenggarakan atas nama pribadi ini, terdapat kolam renang yang diperlengkapi khusus untuk kegiatan olahraga dayung. Anda bisa mencoba serunya mendayung perahu karet untuk melihat pemandangan sekitar. Kolam itu hampir tidak memiliki arus, jadi butuh sedikit usaha untuk mengayuhnya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Kolam Tirta IndahKredit gambar: Google Maps

Sebagai objek wisata yang selalu ramai pengunjung, kolam renang Tirta Indah sudah selayaknya melengkapi fasilitas yang disediakan. Ada toilet, ruang pembilasan, dan ruang ganti yang bisa Anda gunakan sebelum dan sesudah berenang. Di sudut kolam renang terdapat mushola yang siap digunakan sewaktu-waktu sebagai tempat ibadah.

Apalagi ada juga gazebo di pinggir kolam sebagai tempat bersantai sambil menikmati keceriaan pengunjung. Fasilitas lain yang pasti akan Anda temukan di lokasi adalah warung atau kantin yang menawarkan berbagai makanan dan minuman modern dan tradisional. Jangan khawatir dengan kendaraan, karena terdapat tempat parkir yang cukup luas yang menjamin keamanan.

Dari semua penjelasan di atas, mulai dari daya tarik, harga, aktivitas seru dan fasilitasnya, tidak ada alasan untuk mengabaikan keberadaan kolam Tirta Indah. Obyek wisata ini layak dikunjungi dengan berbagai asetnya. Apalagi harganya masih relatif murah, bahkan lebih rendah dari harga standar entry pada umumnya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button