Pantai Pandansari Bantul, Menikmati Keindahan Pantai dari Mercusuar - WisataHits
wisatahits

Pantai Pandansari Bantul, Menikmati Keindahan Pantai dari Mercusuar

Harga tiket: Rp3.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Wonoroto, Gadingsari, Kec. Sanden, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Pantai Pandansari atau sering disebut Pantai Patehan merupakan salah satu destinasi favorit Yogyakarta. Ada mercusuar yang berdiri kokoh di pinggir pantai, wisatawan bisa menggunakan mercusuar sebagai tempat terbaik untuk menikmati sunset. Pantai ini selalu menarik banyak wisatawan setiap tahunnya, mulai dari wisatawan lokal hingga wisatawan mancanegara.

Pemandangan Samudera Hindia yang sangat luas dari tempat ini seolah memukau para wisatawan yang datang. Tidak hanya itu, Anda juga bisa merasakan suara deburan ombak dan suasana eksotis saat matahari terbenam. Hal inilah yang menarik banyak wisatawan untuk datang dan berkunjung. Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Pandansari juga dapat merasakan fasilitas yang tersedia.

Di tempat ini sudah terdapat fasilitas umum seperti toilet, mushola, area parkir, warung makan, gazebo dan fasilitas atas yang menarik pengunjung seperti mercusuar. Semua fasilitas disediakan oleh pengelola demi kepuasan pengunjung. Akses jalan yang tersedia juga mudah untuk dilalui dan sudah beraspal serta lebar.

Atraksi Pantai Pandansari

Aktivitas Pantai PandansariKredit gambar: Google Maps Yuliantina Widjaja

Pandansari adalah pantai eksotis yang terletak di bagian selatan Yogyakarta dengan banyak pengunjung setiap tahun. Pantai ini merupakan salah satu destinasi wajib palancong diantara sekian banyak pantai yang ada di Yogyakarta. Banyak wisatawan datang ke sini untuk menikmati pemandangan laut lepas yang indah.

1. Mercusuar putih yang ikonik

Yogyakarta terkenal sebagai kota wisata dengan sejuta destinasi wisata termasuk pantai yang indah ini. Menghadap langsung Samudera Hindia yang luas dan megah, menyuguhkan eksotisme sejati sebuah pantai dan indahnya matahari sore.

Perpaduan warna jingga matahari sore dipadu dengan luasnya Samudera Hindia yang terlihat dari mercusuar seakan menjadi hal yang ditunggu-tunggu wisatawan. Banyak fotografer yang memanfaatkan momen ini untuk berfoto sebagai bukti keindahan pantai.

2. Warna Cemara yang Menyegarkan

Biasanya sebuah pantai hanya memiliki segenggam pohon pinus, namun Pantai Pandansari tidak. Pantai ini menawarkan rimbunnya pohon pinus yang tertata rapi, banyak wisatawan yang memanfaatkannya dengan menggelar tikar untuk menikmati keindahan pantai bersama keluarga tercinta.

Semilir angin ekstra dari deburan ombak menambah suasana nyaman membuat Anda betah berlama-lama di sini. Pantai ini juga memiliki pantai yang cukup luas, sangat cocok bagi wisatawan yang ingin bermain bersama keluarga di atas pasir hitamnya. Bersantai sejenak sambil menikmati pemandangan luas Samudera Hindia bukanlah hal yang membosankan di sini.

Pengunjung yang datang dapat menikmati rindangnya pohon cemara dengan menggunakan warung makan dan kios yang disediakan oleh pengelola pantai. Keteduhan pohon cemara di sini juga banyak dilihat sebagai lokasi pemotretan prewedding dengan latar belakang biru laut dan pohon cemara hijau.

3. Agrowisata Buah Naga

Daya tarik lain dari Pantai Pandansari adalah karena adanya agrowisata buah naga. Sebenarnya kegiatan agrowisata ini tergolong baru, sehingga hanya sedikit wisatawan yang mengetahuinya. Namun, karena agrowisata buah naga, wisatawan tertarik ke pantai. Mereka mendapat manfaat tidak hanya dari liburan pantai, tetapi juga dari agrowisata yang bermanfaat.

Alamat, lokasi, rute dan harga tiket Pantai Pandansari

Alamat Pantai PandansariKredit gambar: Google Maps Tommy Suryaputra

Pantai indah ini terletak di Kabupaten Bantul yang selalu dikunjungi wisatawan setiap tahunnya. Lokasi pantai eksotis ini berada sekitar 15 km arah selatan Kabupaten Bantul atau 45 km dari pusat kota Yogyakarta. Jalan menuju lokasi pantai cukup mudah karena lokasinya tidak jauh dari pemukiman penduduk sehingga kondisi jalan dalam keadaan baik.

Waktu tempuh ke pantai dari Yogyakarta dapat ditempuh dalam waktu 1,5 jam. Pantai ini merupakan pantai landai yang mudah terhantam pantai karena jalan yang ditempuh sudah beraspal.

Pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Untuk sampai ke tempat tujuan, Anda bisa naik sepeda motor atau mobil atau bahkan bus, karena jalannya sudah beraspal dan lebar. Anda juga dapat memarkir kendaraan pribadi Anda di area pantai karena pengelola pantai telah memfasilitasi parkir.

Jika Anda datang dari pusat kota Yogyakarta, Anda bisa memulai perjalanan dengan menuju ke Jalan Bantul. Setelah sampai di kota Bantul, Anda bisa memilih Jalan Samas Bantul hingga tiba di area payout Pantai Samas. Pajak ini merupakan retribusi untuk semua pantai yang ada di kawasan Pantai Samas maupun Pantai Pandansari.

Untuk mengunjungi pantai ini, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Dengan harga yang murah, kamu sudah bisa menikmati keindahan panorama yang disuguhkan pantai eksotis ini. Fasilitas yang disediakan juga mumpuni disertai dengan kemudahan akses menuju lokasi.

Pantai ini mengenakan biaya parkir. Bagi anda yang membawa kendaraan pribadi bisa parkir disini dengan biaya Rp 2.000 untuk sepeda motor, sedangkan bagi anda yang membawa mobil pribadi dikenakan biaya Rp 5.000.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Pandansari

Aktivitas Seru di Pantai PandansariKredit Gambar: Google Maps siti mardiyah

1. Pasang lampu depan

Pantai Pandansari terkenal dengan mercusuar yang berdiri kokoh di antara rimbunnya cendana yang menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjunginya. Mercusuar di pantai ini dibangun pada tahun 1996 dan baru digunakan pada tahun 1997.

Nama mercusuar ini adalah Mercusuar Kalajivamasti yang berfungsi sebagai penerangan kapal-kapal yang berlayar di malam hari.

Mercusuar seolah menjadi ikon pantai eksotis ini. Putih menjulang tinggi di antara rumpun cendana, langit biru dan pasir hitam. Banyak juga wisatawan yang menggunakan mercusuar ini sebagai backdrop foto karena dianggap dapat menambah estetika sebuah foto.

Ketinggian mercusuar Kalajivamasti sekitar 40 meter dengan ratusan anak tangga. Wisatawan yang berkunjung ke sini bisa melihat pemandangan pantai dari ketinggian. Hamparan Samudera Hindia yang sangat luas menjadi fokus utama para wisatawan. Pada sore hari, pemandangan pantai akan semakin indah sambil menyaksikan matahari terbenam.

2. Piknik di bawah pohon yang lebat

Pada siang hari udara akan lebih hangat dan lebih hangat, terutama jika Anda harus berada di pantai. Namun pantai ini menyuguhkan sesuatu yang berbeda dari pantai biasanya.

Di sini banyak pohon pinus yang rimbun, sehingga rasa panas dan pengap akan hilang. Ditambah dengan hembusan angin yang lembut yang dihasilkan oleh ombak, suasana menjadi lebih sejuk. Sangat cocok bagi Anda yang ingin piknik keluarga.

Wisatawan bisa membawa peralatan piknik sendiri atau menikmati makanan dengan fasilitas yang disediakan pengelola pantai, seperti warung makan dan gazebo. Namun satu hal yang harus penting untuk diperhatikan adalah membuang sampah pada tempatnya agar pantai ini tetap bersih dalam waktu yang lama.

3. Nikmati buah-buahan alami dari Kebun Buah Naga

Ada destinasi wisata tambahan yang belum banyak diketahui wisatawan pantai, yaitu adanya agrowisata buah naga. Di sekitar pantai ternyata terdapat agrowisata buah naga, wisatawan bisa menikmati luasnya kebun buah naga dengan berfoto selfie di sekitar lokasi kebun sambil membeli buah naga untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Ada juga fasilitas umum yang lengkap seperti kursi untuk bersantai di bawah taman yang rindang sambil mencicipi buah naga yang masih segar.

Akomodasi murah di sekitar pantai Lokasi

Rumah Jawa UpalaKredit gambar: Twitter Waktu tinggal!

1. Resor & Galeri Puri Brata

Hostel ini mengusung tema minimalis yang dipadukan dengan karya seni tradisional Jawa, Madura dan Bali yang sangat khas. Apalagi suasana pedesaan yang segar sangat cocok untuk traveler yang ingin bermalam sambil berkunjung ke Pantai Pandansari.

2. Rumah Jawa Upala

Akomodasi bertema sangat kental dengan alam hijau bisa Anda rasakan di sini. Meski tidak jauh dari kota, hostel ini memberikan kita perasaan berada di hutan yang sejuk. Sangat cocok untuk anda yang ingin menginap setelah mengunjungi pantai.

3. Vila Matahari Terbenam

Hostel ini memiliki pemandangan yang sangat bagus dan sederhana. Dengan sentuhan tanaman hijau, suasana hostel ini menjadi asri. Interiornya juga bertema minimalis dengan tambahan bebatuan berwarna lembut. Sangat direkomendasikan untuk wisatawan yang pernah mengunjungi pantai.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Pandansari Bantul

Fasilitas Pantai Pandansari BantulKredit gambar: Google Maps Eka Purnamasari

Fasilitas yang disediakan pengelola pantai Pandansari cukup memadai. Belum lagi letak pantai ini yang berada di dekat pemukiman penduduk, sehingga tidak heran jika dari akses fasilitas yang ada sangat lengkap. Mulai dari akses menuju lokasi yang sudah beraspal dan lebar hingga fasilitas umum penunjang wisatawan yang datang.

Fasilitas umum seperti toilet, mushola, area parkir, warung makan, kios di fasilitas atas yang menjadi daya tarik pengunjung seperti mercusuar. Semua fasilitas disediakan oleh pengelola demi kepuasan pengunjung.

Itulah beberapa hal tentang pantai Pandansari mulai dari atraksi, rute, akomodasi dan fasilitas yang disediakan oleh pengelola pantai. Pantai ini selalu bersih dan lingkungannya selalu asri, maka sudah sepatutnya kita kaum milenial merawatnya sebagai bukti keindahan hasil karya Tuhan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button