Pemkab Bantul Prioritaskan Penataan Kawasan Pantai Depok - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Pemkab Bantul Prioritaskan Penataan Kawasan Pantai Depok – ANTARA News Yogyakarta

Bantul (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta memprioritaskan penataan kawasan Pantai Parangtritis Depok sebagai awal penataan kawasan pantai selatan kawasan ini secara menyeluruh.

“Ini berawal dari perintah Ngarso Dalem (Gubernur DIY) untuk meminta Bantul merencanakan tata letak pantai selatan yang akan diprioritaskan untuk wilayah Depok untuk pertama kalinya,” kata Bupati Bantul Abdul Halim Muslih usai rapat koordinasi. untuk presentasi draft masterplan Pantai Depok di Bantul, Jumat.

Menurutnya, kawasan pesisir Depok menjadi prioritas penataan karena terdapat empat kegiatan ekonomi masyarakat yaitu perikanan laut, perdagangan ikan karena terdapat tempat pelelangan ikan (TPI), pengolahan ikan dan kegiatan wisata kuliner.

“Empat kegiatan ini berpotensi mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah, sehingga masterplan (rencana induk) juga harus komprehensif, artinya masterplan harus memperhatikan keempat kegiatan tersebut,” ujarnya.

Ia mengatakan, salah satu fasilitas yang dibutuhkan adalah dermaga kapal dengan kapasitas hingga 20 groston, karena kapal di pantai selatan Bantul sejauh ini memiliki kapasitas rendah sekitar lima groston.

“Ngarso Dalem ingin nelayan kita melaut dengan perahu minimal 20 gross agar hasil tangkapan ikan lebih banyak karena perairan kita, laut kita adalah perikanan yang dicuri oleh nelayan dari luar kalau tidak kita manfaatkan dimanfaatkan orang lain. ,” “dia berkata.

Oleh karena itu, kata Bupati, Pemkab Bantul mengumpulkan pakar dari berbagai disiplin ilmu dalam rapat koordinasi untuk membahas rencana tata ruang Pantai Depok, termasuk menjawab pertanyaan apakah bisa dibangun dermaga nelayan di muara Sungai Opak.

“Para ahli berpendapat karena ada endapan di sana yang disebabkan oleh mekanisme alam. Oleh karena itu, menjadi tantangan bagi insinyur sipil untuk tidak mengatasi deposit sebagai pintu masuk kapal sekitar 20 groston tonase ke atas,” katanya.

Bupati juga mengatakan, penataan kawasan pesisir selatan Bantul harus dirancang secara komprehensif agar tidak gagal karena pengerjaannya melibatkan dana yang besar.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button