Pulau Togean yang mempesona dengan 5 pulau wisata bahari - WisataHits
Jawa Timur

Pulau Togean yang mempesona dengan 5 pulau wisata bahari

Pulau Togean yang mempesona dengan 5 pulau wisata bahari

SurabayaNetwork.id– Provinsi Sulawesi Tengah memiliki berbagai destinasi bahari yang tak kalah menarik dengan daerah lainnya.

Salah satunya adalah destinasi laut Kepulauan Togean. Secara lebih spesifik, Kepulauan Togen terletak di salah satu kabupaten di Sulawesi Tengah, tepatnya Teluk Tomini, Kabupaten Tojo Una-Una, Provinsi Sulawesi Tengah.

Keindahan Pulau Togean sudah tidak diragukan lagi, keanekaragaman biota lautnya dihiasi pulau-pulau kecil, tebing karang, air jernih dan terumbu karang.

Tak heran jika kemudian wisatawan domestik maupun mancanegara menjadikan Pulau Togean sebagai destinasi wisatanya.

Baca Juga: Kisah Anak Berbakti Tiko, Kesuksesan Orangtua Membesarkan Anak di Masa Emas

Pulau Togean dikenal dengan terumbu karang yang kaya dan biota laut yang langka, sehingga Pulau Togen secara resmi ditetapkan sebagai Taman Nasional Kepulauan Togean sejak tahun 2004.

Nah, buat kamu yang ingin menikmati keindahan laut, jangan salah, Pulau Togean adalah pilihan yang tepat sambil menikmati wisata laut di 5 pulau berikut ini:

1. Pulau Kadidiri
Salah satu wisata laut yang ada di Pulau Togean adalah Pulau Kadidiri.
Bagi Anda yang puas dengan pemandangan laut dan pantai, khususnya pulau-pulau eksotis, Pulau Kadidiri adalah pilihan yang tepat.

Pulau Kadidiri merupakan spot snorkeling yang populer bagi para wisatawan, bahkan banyak yang menyebut Pulau Kadidiri sebagai surga terumbu karang Togean.

Anda bisa menginap di pulau ini karena terdapat tiga resort, salah satunya adalah Paradise Resort.

Nuansa sore hari sayang jika dilewatkan. Panorama sunset dengan warna-warna cerah yang memanjakan mata, ditambah dengan pantulan warna hijau toska yang dipadukan dengan senja jingga yang khas, menambah keindahan panorama Pulau Kadidiri, sayang sekali jika tidak diabadikan dalam foto anda. foto yang tak terlupakan.

2. Pulau Papan

Selain Pulau Kadidiri, ada Pulau Papan yang juga menampilkan keindahan tersendiri.

Pulau Papan dengan air yang sangat jernih, sehingga karang di sekitarnya masih bisa dilihat dengan mata telanjang.

Selain itu, yang paling menarik dari Pulau Papan adalah jembatan papan kayu sepanjang satu kilometer yang melengkung di atas permukaan laut.

Yang tak kalah menarik adalah rumah penduduk asli yang berdiri di atas permukaan laut.

Kegiatan yang paling populer di Pulau Papan adalah kegiatan snorkeling karena airnya jernih sehingga Anda bisa melihat terumbu karang yang menakjubkan sambil menikmati indahnya matahari terbenam dari Pulau Papan.

Konservasi biota laut dan terumbu karang di Pulau Melenge disebabkan oleh keberadaan suku Bajo yang dikenal sangat menghargai alam dengan menjaga tanah airnya.

Pulan Melenge juga jauh dari Pulau Togean yang terdiri dari dua bagian yaitu Pulau Papan dan Pulau Kadoda yang hanya dihubungkan dengan jembatan kayu panjang.

Di pulau ini kamu tidak hanya bisa menikmati keindahan alam bawah lautnya saja, tapi juga snorkeling dan diving, kamu juga bisa berjemur di pantai Kadoda, Bonavang, Poponoton dan Batuengkang, semua pulau ini terkenal dengan pasir putihnya.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan trekking menjelajahi hutan tropis yang dihuni berbagai flora dan fauna endemik Sulawesi. Kemudian aktivitas sehari-hari suku Bajo juga bisa menjadi objek yang menarik.

Karena di pulau ini terdapat gunung berapi aktif yaitu Gunung Colo yang pernah meletus beberapa tahun yang lalu.

Akibat letusan itu menyebabkan pasir vulkanik bercampur dengan pasir pantai.

Di Pulau Una-Una, Anda tidak hanya bisa menyaksikan sunset dari resort yang ada, tetapi juga mengunjungi kawah Gunung Colo.

Terletak di sebelah utara Pulau Togean, Pulau Una-Una terkenal tidak hanya dengan keindahan wisata baharinya. Kawah Gunung Colo juga menarik.

Baca Juga: 11 SD Islam Terbaik di Surabaya dengan Program Tahfidz hingga Bahasa Arab

5. Danau Mariona

Terakhir, Danau Mariona, di danau ini kamu bisa berenang dengan ubur-ubur yang jinak. Tak hanya itu, di sepanjang pantai ini Anda bisa menemukan berbagai ikan kecil.

Keunikan lain dari danau ini adalah meskipun berada di tengah lautan, air danau ini bersifat payau dan tidak asin.

Selain itu di danau ini Anda bisa beristirahat di paviliun yang telah disediakan dan menikmati sunset yang tak kalah menarik.

Inilah pesona Pulau Togean dengan 5 pulau wisata baharinya. Tak heran jika artis dan penyanyi Indonesia Gisella Anastasia berkunjung ke Kepulauan Togean hanya untuk melihat keindahan alam bawah lautnya. ***

Dapatkan update berita pilihan, berita terbaru dan artikel dari SurabayaNetwork.id setiap hari. Ayo gabung di channel Telegram Surabaya Network klik link https://t.me/surabayanetwork lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button