Kepala negara dan pemerintahan G7 membahas serangan Rusia ke Ukraina, anggota NATO memperketat keamanan - WisataHits
Jawa Barat

Kepala negara dan pemerintahan G7 membahas serangan Rusia ke Ukraina, anggota NATO memperketat keamanan

PERTANYAAN BOGOR – NATO pimpinan AS mengatakan pada hari Selasa bahwa negara-negara anggotanya meningkatkan keamanan di sekitar fasilitas utama sementara Rusia meningkatkan serangannya terhadap Ukraina dan meningkatkan ancaman ke Barat.

Rudal Rusia menghantam Ukraina untuk hari kedua setelah puluhan serangan udara di seluruh negeri pada Senin menewaskan 19 orang, melukai lebih dari 100 dan melumpuhkan listrik.

Dalam beberapa pekan terakhir, Moskow telah mencaplok wilayah baru di Ukraina, memobilisasi ratusan ribu orang Rusia untuk berperang dan berulang kali mengancam akan menggunakan senjata nuklir, yang telah menimbulkan kekhawatiran di Barat. Seorang diplomat Eropa mengatakan NATO sedang mempertimbangkan untuk mengadakan pertemuan puncak Aliansi Pertahanan Barat virtual untuk mempertimbangkan tanggapannya.

Baca juga: Kapal Perang Turki Berlabuh di Israel, Manuver NATO di Mediterania

NATO memantau dengan cermat kemampuan nuklir Rusia tetapi tidak melihat perubahan dalam sikap nuklirnya, Sekretaris Jenderal Jens Stoltenberg mengatakan kepada wartawan di Brussels.

Sekutu meningkatkan keamanan di sekitar infrastruktur penting menyusul serangan terhadap jaringan pipa gas yang berjalan di bawah Laut Baltik, dan setiap serangan yang disengaja akan ditanggapi dengan “tanggapan yang bersatu dan teguh,” katanya. Masih belum jelas siapa yang berada di balik ledakan baru-baru ini.

Kyiv dan sekutunya mengutuk serangan itu, yang sebagian besar menghantam infrastruktur sipil seperti pembangkit listrik, tetapi juga mendarat di taman, tempat wisata dan jalan raya yang ramai.

Baca Juga: NATO Siap Lakukan Latihan Udara Massal, Tunjukkan Kekuatan Lawan Putin

Gedung Putih mengatakan Presiden AS Joe Biden dan para pemimpin G7 lainnya bertemu secara virtual pada hari Selasa untuk membahas apa lagi yang dapat mereka lakukan untuk membantu Ukraina dan mendengarkan Presiden Volodymyr Zelenskyy, yang mengatakan sistem pertahanan udara sebagai “Prioritas nomor 1”.

Biden telah menjanjikan lebih banyak pertahanan udara, sebuah janji yang menurut juru bicara Kremlin Dmitry Peskov akan memperpanjang konflik.

Jalan raya ibukota Kiev sebagian besar sepi pada hari Selasa setelah sirene serangan udara bergema pada awal jam sibuk pagi hari – pada saat yang sama ketika rudal Rusia menabrak mereka pada hari Senin. Penduduk melarikan diri jauh di bawah tanah ke metro, di mana kereta masih berjalan.

Source: isubogor.pikiran-rakyat.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button