Kisah Desa Wisata Karawang yang berawal dari penantian sederhana - WisataHits
Jawa Barat

Kisah Desa Wisata Karawang yang berawal dari penantian sederhana

Karawang

Desa wisata di Karawang memiliki sejarah yang panjang. Ternyata wisata ikonik itu berawal dari Warteg sederhana.

Desa wisata ini sendiri terletak di Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Destinasi wisata ini merupakan destinasi wisata utama dengan berbagai wahana atau fasilitas yang menarik.

Pengelola desa wisata tersebut, Cucup Saeroji, mengatakan desa wisata tersebut awalnya bernama Desa Wisata Curug Cigeuntis karena dulunya merupakan destinasi wisata alam di Karawang selatan yang berdasarkan nama Curug Cigeuntis.

“Kami rintis tahun 2011, masih menggunakan nama Curug Cigeuntis karena orang tahu di Karawang selatan itu Curug Cigeuntis,” kata Cucup saat ditemui di Desa Wisata Karawang, Minggu (9/4/2022).

Dikatakannya, dulu kawasan wisata itu hanya berupa tempat kering dengan kontur tebing yang menerjang Sungai Cigeuntis. Keluarganya memiliki Warteg sederhana di sana.

“Ibu kami, Mak Haji Suhaya, dulu punya warteg sederhana di sini, menu yang paling terkenal adalah sop buntut. Karena Wartegnya kecil, banyak pelanggan yang makan di belakang karena dingin, meskipun dulu hanya tebing kering yang penuh dengan rumput liar di sini, “katanya

Berdasarkan hal tersebut, pemilik toko kemudian memperluas tempatnya dengan mengangkat lahan dari warga sekitar. Pada tahun 2011, pembangunan tempat wisata dimulai.

“Tahun 2011 baru mulai dibangun waterpark dan baru resto, dua tahun kemudian kita bangun destinasi lain,” tambahnya.

Sejak saat itu banyak warga yang menawarkan tanahnya yang terletak di sekitar desa wisata Kampung Turis, dari semula hanya sepuluh meter, kini luas tanah Kampung Turis mencapai 4 hektar dengan daya tampung maksimal 5.000 orang untuk berkunjung.

“Sekarang total luas lahan Kampung Turis mencapai 4 hektar dengan area water park, resto, villa, danau, cafe, outbond area dan sport area,” ujarnya.

Tonton video Jalan Tol Cikampek Ramai di Akhir Pekan
[Gambas:Video 20detik]

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button